Rekomendasi Universitas Terbaik di Malang Untuk Mahasiswa Kekinian

Siapa yang tidak tahu dengan keindahan kota Malang?. Pastinya semua orang sudah tahu dengan kota yang ada di Jawa Timur ini. Selain memberikan banyak destinasi wisata, Malang juga jadi pelabuhan calon Mahasiswa karena ada berbagai pilihan universitas terbaik di Malang yang cocok untuk mahasiswa kekinian.

Alasannya selain kualitas pendidikan yang bagus juga di Malang punya banyak tempat menarik yang cocok untuk anak muda. Pastinya, mahasiswa akan senang dengan lokasi pendidikan di kota yang indah seperti di Malang.

Nggak hanya mahasiswa, Kak Niken saja memilih Malang untuk sekolah anak-anak. Mulai dari mencari SD favorit di Malang, SMP terbaik di Malang hingga nantinya SMA swasta di Malang yang jado favorit.

6 Rekomendasi Universitas Terbaik di Malang

Siapa nih yang punya tujuan atau mimpi kuliah di Kota Malang?. Jika memang punya tujuan kuliah di kota tersebut, maka sederet universitas akan jadi pilihan. Tapi, alangkah lebih baik jika memilih 1 dari 5 rekomendasi Perguruan Tinggi terbaik di Malang yang ada di bawah ini :

  • Universitas Brawijaya

Salah satu universitas terbaik adalah Universitas Brawijaya. Tidak hanya di kota Malang saja namun kampus yang biasa disebut UniBraw atau UB ini kerap menduduki peringkat 10 besar universitas top di Indonesia.

Untuk masuk ke kampus ini tidak mudah. Seleksi ketat akan jadi syarat utama yang harus dilewati para calon mahasiswa baru UB. Jangan sampai hanya modal nyali tanpa persiapan daftar ke kampus ini karena dijamin gagal.

  • Universitas Bina Nusantara

Setelah anak-anak lulus dari SMA favorit di Malang nanti, Binus merupakan salah satu inceran untuk melanjutkan jenjang perkuliahan.

Universitas Bina Nusantara atau yang lebih dikenal dengan sebutan Binus, merupakan perguruan tinggi swasta yang memiliki banyak keunggulan. Binus Malang diresmikan pada bulan September 2019. Merupakan salah satu kampus dengan konsep Digital Technopreneur yang mampu menghasilkan lulusan yang dapat bersaing di tingkat global.

Ada 6 program studi, diantaranya : Business Creation, Ilmu Komputer, Desain Interior, Public Relation, Desain Komunikasi Visual, dan Komunikasi. Keilmuan dari keenam prodi ini diprediksi akan terus dibutuhkan di masa depan.

universitas binus Malang
Binus Malang. Pict by rencanamu id
  • Universitas Negeri Malang

UN Malang atau yang dikenal dengan Universitas Negeri Malang juga sering masuk setiap tahunnya dalam universitas terbaik di Indonesia. Meskipun pencapaiannya hanya kerap di 20 besar  tidak seperti UB tapi pilihan Fakultas yang disediakan sudah banyak.

Keunggulannya juga dalam bidang akreditasi, sudah ada lebih dari 9 Fakultas yang terakreditasi di kampus ini. Tentunya akreditasi yang diberikan resmi dari BAN-PT.

  • Universitas Muhammadiyah Malang

Bagi mahasiswa yang beragama Islam bisa memilih untuk kuliah di UM Malang atau yang dikenal luas dengan Universitas Muhammadiyah Malang. UM Malang kerap disebut juga dengan kampus putih dan sudah terakreditas A dari BAN-PT.

Meski berbasis Islam tapi kampus ini tidak kalah dengan kampus lainnya. Jurusan yang ditawarkan tak melulu yang ada kaitannya dengan keagamaan yaitu Islam aliran Muhammadiyah sesuai dengan nama kampusnya. Berlandaskan Teknologi, Ilmu Pengetahuan dan Takwa UM Malang mampu menciptakan banyak alumni hebat di Indonesia.

Perguruan Tinggi di Malang
Pict by ITN
  • Institut Teknologi Nasional Malang

Kampus yang biasa disebut ITN Malang ini menjadi salah satu perguruan tinggi yang hanya menawarkan dua jurusan yaitu Teknik Sipil dan Mesin pada awalnya. Seiring berjalan waktu jurusan yang ditawarkan semakin bertambah dan berkembang jadi salah satu kampus terbaik di Indonesia non-vokasi.

Baca juga : Bikin Bangga, Ini 5 Prestasi Mahasiswa Universitas Gunadarma di Bidang Catur

  • Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara

Asas yang dipakai di kampus ini adalah inovasi dan kualitas. Kampus yang berdiri sejak 1971, STIE Malangkucecwara konsisten untuk konsentrasi utama pada bidang Ekonomi.

Dengan konsistensi memberikan pendidikan kualitas terbaik STIE Malangkucecwara mendapat akreditasi A serta ISO 9001 di tahun 2015. Dengan pencapaian tersebut banyak mahasiswa dari seluruh Indonesia yang berminat di bidang ekonomi datang ke kampus ini.

Baca juga : 7 Prestasi Gunadarma yang Membanggakan

Itulah daftar 5 universitas terbaik di Malang yang bisa dijadikan pilihan. Semua kampus pada dasarnya memiliki kelebihan serta kekurangan tersendiri. Jangan asal ikut tren dan gengsi tapi pilihlah kampus sesuai kebutuhan, minat dan kemampuan.

Jika Anda mencari SMP terbaik di Malang atau SMA favorit di Malang cek saja tulisan yang ada di artikel Kak Niken ya.

Kerjasama lebih lanjut silahkan hubungi email: nickn30@gmail.com. See you!

20 thoughts on “Rekomendasi Universitas Terbaik di Malang Untuk Mahasiswa Kekinian”

  1. Dulu orangtuaku juga berencana mengkuliahkan aku ke Malang. Namun, hampir mayoritas teman SMA, yang kebetulan dari Kediri, mendaftarkan diri kuliah di sana.

    Aku juga sempat cari kos2an dan cari tempat kuliah yang setara Diploma, dgn harapan cepet kerja. Sempat juga masuk2 ke Unbraw hingga Unmuh. Duh keren banget kampusnya.

    Eh akhirnya aku malah kuliah di Bali. Itulah rezeki dan harus disyukuri.

    Reply
  2. Wah universitasnya oke-oke! Anak saya udah mau tamat SMA tahun ini, bingung juga mau nyari tempat kuliah yang bagus. Thanks reviewnya!

    Reply
  3. 6 rekomendasi kampus ini bisa jadi pilihan dan diandalkan oleh para calon mahasiswa. Tinggal disesuaikan ingin jurusan dan lokasi jangkauan ya

    Reply
  4. Iya sih ya terlebih jurusan yang diinginkannya itu emang sesuai dengan passion atau enggak. Jangan sampai karena suka sama kampusnya gak apa ambil jurusan yang tidak disukai juga. Lah lah lah … Emang mau hidup sama lingkungan kampus selamanya? Hehehe…
    Meski kampus bisa dibilang tidak favorit tapi kalau di sana ada jurusan yang bisa menopang kehidupan kita selanjutnya, kenapa tidak, ya …

    Reply
  5. Malang pernah menjadi tempat kuliah impianku. Tapi sayangnya, aku nggak boleh sama orang tuaku kuliah di tempat jauh. Padahal masih sama-sama Jawa Timur. Dan aku suka iri melihat temanku yang kuliah di Malang.

    Reply
  6. Malang banyak banget univ yang rekomen yaa ternyata, dari 6 univ tersebut aku baru tau loh Institut Teknologi Nasional Malang sama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara, makin banyak nih preferensi perguruan tinggi buat lanjut studi

    Reply
  7. Universitas di Malang keren-keren ya, masuk dalam deretan terbaik Nasional pula.
    kebetulan ada Adik yang sekarang duduk di kelas XII, mau tak rekomendasikan masuk di salah satu PTN ini ah, makasih ya Kak 🙂

    Reply
  8. Ah… jadi kangen malang deh.. dulu aku 2 tahun tinggal di sana. Pernah main ke kampus Muhammadiyah dan baguuus banget! Luas dan asri gitu, betah buat nongkrong berlama-lama di sana!

    Reply
  9. wah buat yang lagi persiapan mau kuliah, bisa jadi rekomendasi pilihan kampus nih yaa karena kampus-kampus di Malang ini bagus2 dan terakreditasi, tinggal pilih yang sesuai sama jurusan yang diinginkan

    Reply
  10. alumni UB mau isi presensi dulu.. hehehe sebetulnya kampus yang bagus itu bisa kita lihat dari akreditasi dan kompetensi pendidik. kadang bisa kita liat juga dari prestasi mahasiswanya.. tapi yang penting, kampus itu bisa jadi wadah pengembangan minat bakat kita ya kak

    Reply
  11. 6 rekomendasi kampus terbaik di Malang! Saya tahu reputasi kampus-kampus ini dan lulusan yang dihasilkan. sebenarnya saya juga ada keinginan agar anak kuliah ke timur. di salah satu kampus ini, karena ada adik yang menetap di sana serta nawarin. Tinggal anaknya bilang yes, saja.
    Sebagai peneliti amatir, saya juga sering dolan ke perpustakaan digital mereka. Terutama UMM.

    Reply
  12. wah ada kampus saya di Malang. Binus itu salah satu univ swasta terbaik di Jakarta. Sebagai alumnus di sana learning management system mereka bagus banget.

    Reply
  13. Malang memang nyaman banget untuk dunia perkualiahan.
    Dengan adanya 6 rekomendasi kampus terbaik di Malang, semoga bisa menjadi refrensi anak SMA dari seluruh Indonesia untuk bisa berkuliah di Kota Apel, Malang.

    Reply
  14. Wah banyak kampus-kampus bagus di Malang ya. Senangnya banyak pilihan kampus yang bisa mengembangkan bakat, minat dan kemampuan kita. Semoga gak salah pilih biar passionnya tergali dan terbantu juga.

    Reply
  15. Banyak pilihan kampusnya ya kak. Dan semua kampusnya keren-keren. Tinggal kita lagi maunya ke kampus yang mana. Oya, aku dulu kuliah di UMB. Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jadi sejak kuliah dulu, udah akrab banget dengar kampus UM Malang. Hehe

    Reply
  16. Ahh berbicara kampus di malang jadi ingin kuliah di sana, selalu suka sama suasana malang. Memang cari kampus iti harus teliti dan utamanya jangan sampai salah milih program studi

    Reply

Leave a Comment