Resep Nasi Biryani Timur Tengah, Aromanya Bikin Lapar!

Sebentar lagi Idul Adha, kalian suka dengan makanan Timur Tengah? Jika kalian salah satu penyuka masakan Timur Tengah pasti kenal dengan Nasi Biryani. Kali ini Kak Niken ingin membagikan resep nasi biryani Timur Tengah dari olahan kambing yang spesial.

Oiya, kak Niken itu kan punya darah rendah, nah kalau kata beberapa orang harus sering makan-makanan yang enak. Salah satunya olahan daging kambing. Pilihan tepat nih kalau makan nasi biryani ala Timur Tengah. 

Hmm.. Apakah mudah membuat masakan yang nge-hits itu? Kira-kira bagaimana cara membuatnya? Yuk, kita sama-sama mencoba cara membuat nasi biryani kambing yang enak. 

Udah tahu pastinya kan kalau nasi biryani kambing dibuat dengan perpaduan bumbu rempah-rempah khas yang memberikan aroma kuat dan menggiurkan.

Nasi Biryani, Makanan Khas Timur Tengah

Menurut wikipedia, makanan ini berasal dari asia selatan tepatnya daerah Pakistan dan India. Di Malaysia dan Indonesia, menu hidangan ini ditambah dengan penyebutan nasi. Sehingga menjadi nasi biryani, nasi briyani, nasi briani atau nasi beriani. Biryani sendiri berasal dari bahasa persia yang memiliki makna goreng atau panggang.

Pelancong dan pedagang dari Bangsa Persia memperkenalkan cara memasak biryani kepada orang India dan Pakistan. Hidangan ini tidak hanya populer di India dan Pakistan, melainkan juga di Irak, Iran, Afganistan, Bangladesh, dan kalangan penduduk muslim Sri Lanka.

Kamu bisa menyajikan menu ini saat Idul Adha atau saat acara kumpul keluarga. Scroll terus untuk lihat resep nasi biryani timur tengah selengkapnya.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 200 gr daging kambing (dipotong dadu)
  • 30 gr kenari
  • 65 gr kurma (dipotong-potong)
  • 3 buah cabe hijau besar (iris)
  • 400 ml yoghurt 
  • 450 ml susu segar 
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • Sedikit minyak untuk menumis
  • 500 gr beras (cuci bersih)

Bumbu yang dihaluskan:

  • 1/2 sdt Jinten 
  • 6 buah bawang merah 
  • 1 sdt Jahe bubuk
  • 1/2 sdt cengkeh
  • 3 siung bawang putih
  • Garam sesuai selera

Hey…sebelum kita membuat nasi biryani, aq pengen kenalin kalian ke Bumbu Biryani Cairo Food. Ini adalah bumbu instan yang bisa membuat proses membuat nasi biryani kamu jadi lebih mudah.

Cara membuat nasi biryani kambing:

  • Sedikit minyak dipanaskan dalam wajan lalu 1 sdm bumbu biryani cairo food dimasukkan kedalamnya
  • Tunggu sampai tercium aroma harum sambil diaduk-aduk
  • Masukkan beras yang sudah direndam kedalam bumbu tumis
  • Masukkan juga daging kambing yang sudah dipotong-potong
  • Aduk-aduk sampai merata lalu tuang susu dan tambahkan potongan kurma,serta kenari
  • Aduk terus bahan tersebut seperti nasi liwet sampai benar-benar matang
  • Masukkan cabe hijau iris dan air jeruk nipis sambil sedikit diaduk dan tutup bagian atasnya sebentar saja
  • Angkat nasi biryani yang sudah matang lalu sajikan

Baca juga: Resep kue rambutan cokelat

For Your Info

Bumbu Nasi Biryani Timur Tengah
Bumbu Nasi Biryani Timur Tengah (cairofood.id)

 

Disini saya menggunakan bumbu nasi biryani dari Cairo Food, tentu dengan bumbu instan ini kita bisa dengan mudah membuat resep nasi biryani Timur Tengah enak. Bumbu ini terbuat dari 100% rempah alami, bukan kimia atau perisa, juga bebas msg, tanpa pewarna, pengawet, serta anti kempal alami.

Baca juga: Bubur ayam ABM

Bumbu Biryani dari Cairo Food dipakai dan dipercaya sebagai standar oleh para restoran, hotel dan catering. Bumbu Biryani ini bisa dibeli secara langsung di Lulu Hypermart atau marketplace seperti Tokopedia & Shopee atau di website resmi (https://cairofood.id) atau juga bisa via whatsapp ke 081218222610.

Silahkan dicoba!

1 thought on “Resep Nasi Biryani Timur Tengah, Aromanya Bikin Lapar!”

  1. Ya ampuuuun ini makanan timur tengah yg paliiiing aku suka :D. Nasi briyani, nasi mandi, ntah kenapa yaa semua menu timur tengah enak semua sih kalo kubilang. Mungkin Krn rempah2nya, dan Krn aku org Sumatra, masakan berempah itu udah biasa.

    Enak juga yaa mba, kalo udah ada bumbu jadinya. Aku pengen cari online deh, lumayan kalo kangen nasi briyani, ga usah pesen mahal dari restoran Arab 😀

    Reply

Leave a Comment