Review Buku Resep Sehat JSR: 200 Resep Menyehatkan dr. Zaidul Akbar

“Menjaga tubuh tetap sehat untuk taat merupakan tanda syukur kita kepada-Nya” dr. Zaidul Akbar.

Kesehatan adalah satu diantara nikmat terbesar yang sering terlupakan untuk disyukuri. Namun keinginan untuk tetap sehat nyatanya tidak sejalan dengan gaya hidup kita yang justru lebih banyak membahayakan kesehatan.

Pada dasarnya setiap manusia tidak menginginkan sakit. Tetapi apa yang kita konsumsi dan pakai dalam keseharian justru yang membuat kita sakit. 

Disatu sisi adanya masalah kesehatan bisa jadi bentuk kegagalan kita dalam mensyukuri dan menjaga nikmat sehat dari Allah swt. Hmm… jadi semacam ‘hukuman’ atas perbuatan kita karena kurang bersyukur atas nikmat sehat.

Namun ada hadist yang mengatakan, “Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia juga yang menurunkan penawarnya.” HR Al Bukhari No. 5246.

Sehat ala Rasulullah
Diskusi cara sehat ala Rasulullah

Launching Buku Resep Sehat JSR

Bicara soal nikmat sehat dan penyakit, ada salah satu buku terbitan Syaamil Quran yang baru saja diluncurkan pada Sabtu, 6 Maret 2021, buku Resep Sehat JSR, 200 Resep Menyehatkan dr. Zaidul Akbar. 

Acara grand launching buku Resep Sehat JSR dilakukan secara virtual melalui media zoom meeting dan disiarkan langsung melalui youtube Syaamil Quran dan MQTV 60 UHF. Sehingga masyarakat bisa ikut menyaksikan. 

Menurut dr. Zaidul Akbar, tujuan diterbitkannya buku resep dr. Zaidul Akbar ini untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya pada masyarakat. Untuk kembali pada panduan kesehatan yang sejalan dengan Al Quran dan sunnah Rasulullah. 

Launching buku resep sehat JSR
Launching buku resep sehat JSR

Sehat Ala Rasulullah

Berbeda dari buku pertamanya, Buku Jurus Sehat Rasulullah, di buku kedua ini dr. Zaidul Akbar lebih banyak memberikan resep menyehatkan dan bagaimana cara meraciknya. 

Masih ingat tentang resep sehat ala Rasulullah yang selalu diungkapkan oleh dr. Zaidul Akbar? Ada tiga sehat, yang bikin penyakit tidak mendekat, yaitu: 

Ketiga aspek diatas tentu saling mempengaruhi dalam melahirkan kondisi kesehatan tubuh kita. Dengan berpikir positif maka dapat memunculkan perasaan senang, bahagia, dan tenang. Jika terjadi ketidakseimbangan dari ketiga aspek diatas maka tubuh akan menjadi sakit. 

Spesifikasi Buku Resep Sehat JSR  

Judul buku : Resep Sehat JSR
Penerbit : PT Sygma Media Inovasi
Judul : Resep Sehat JSR, 200 Resep Menyehatkan dr. Zaidul Akbar
Penulis : dr. Zaidul Akbar
Jenis cover : Hardcover
Ukuran isi : 13,5 x 20,5 cm
Jumlah halaman : xii + 524
Bahan isi : Art paper 70 gram
ISBN : 978-623-95687-1-9
Cetakan pertama : Januari 2021

Buku dr. Zaidul Akbar
Buku resep sehat jsr dr. Zaidul Akbar

Isi Buku 

Kita tahu bahwa dalam setiap ciptaan Allah swt terkandung keberkahan, keseimbangan, dan manfaat yang ada dalam produk ciptaan-Nya. Dalam buku resep sehat JSR ini kita diajak untuk memahami tentang:

  • Kita dan Penyakit

Tahukah Anda bahwa ternyata sakit dan penyakit itu berbeda! Dalam buku ini dijelaskan perbedaannya, penyakit merupakan kondisi abnormal tertentu yang secara negatif memengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh tubuh makhluk hidup (halaman 4). Biasanya berkaitan dengan kondisi medis tertentu. 

Sedangkan Sakit lebih kepada istilah untuk keadaan buruk pada pikiran, tubuh dan hal lain terkait kejiwaan. Maka dr. Zaidul Akbar seperti mengingatkan kita untuk memahami bahwa obat dari semua itu adalah kembali pada petunjuk Al Qur’an dan sunnah Rasullullah. 

  • Penyakit Dari Allah swt, Obatnya pun dari Allah swt

Satu diantara wujud dari sempurnanya rahmat Allah swt kepada hamba-hamba-Nya yaitu dengan menurunkan obat bagi setiap penyakit yang ada. Obat dapat digunakan untuk mencegah, menyembuhkan, atau meringankan penyakit. 

Nah di dalam Al Qur’an dan hadist, sudah banyak disebutkan bahan-bahan alami yang direkomendasikan untuk kita konsumsi sebagai obat alami. Diantaranya: madu, kurma, jahe, buah delima, jintan dan minyak zaitun.  

Ada yang menarik di halaman 27, tentang bumbu dapur, obat hebat penuh khasiat. Bumbu dapur yang setiap hari ada di dapur kita ternyata selain untuk menyedapkan rasa juga bisa menjadi obat yang menyembuhkan. Misalnya: asam jawa, bawang merah, bawang putih, garam, jahe, kayu manis, kunyit dan lain sebagainya. 

Tak sekadar bumbu dapur, ada juga buah-buahan, nikmat kaya manfaat, sayuran segar bikin bugar, umbi yang tersembunyi tapi memiliki khasiat yang teruji. Suka mengkonsumsi daun-daunan segar, bunga-bungaan, kacang-kacangan? Bagus untuk kesehatan.

Terkadang kita juga tak menyadari jika ada tumbuhan biasa yang luar biasa di lingkungan sekitar, seperti: akar alang-alang, ciplukan dan lidah buaya. Di halaman 106 juga disebutkan air yang memiliki keutamaan dan keistimewaan sebagai pengganti nutrisi sekaligus menjaga vitalitas tubuh, air zamzam. 

  • 200 Resep JSR dan Cara Meraciknya

Ada 200 resep sehat yang disajikan dalam buku ini. “Tak ada jaminan kesembuhan apapun dari resep ini kecuali atas izin Allah swt.” tulis dr. Zaidul Akbar pada kata pengantarnya.  

Disusun berdasarkan sistem pada organ tubuh manusia, diantaranya: infeksi dan alergi, sistem pencernaan, sistem reproduksi, sistem endokrin, sistem saraf, sistem pernafasan, sistem rangka otot, sistem jantung dan pembuluh darah, sistem kekebalan tubuh, sistem ekskresi dan urinaria, darah dan gangguan darah serta lain sebagainya. 

Contoh Resep Jurus Sehat Rasulullah dan Cara Meraciknya

Tak jarang kita mendengar cerita para suami atau istri yang saling mengeluhkan hubungan mereka. Tingkat hubungan kerumahtanggaan yang rendah karena faktor kecemasan, stres, kelelahan, gaya hidup, kesehatan tentu akan menimbulkan persoalan bagi pasangan. 

Resep vitalitas jurus sehat rasulullah
Resep vitalitas laki-laki dan perempuan

Resep untuk vitalitas laki-laki dan perempuan

(Diambil dari buku resep sehat JSR halaman 292) 

Bahan :

  • 200 ml susu kambing
  • 10 butir kurma
  • 5 buah cengkeh
  • 3 buah kapulaga
  • 150 ml air panas

Cara membuat : 

Campurkan kurma dengan susu kambing lalu di blender. Setelah itu masukkan air panas, cengkeh dan kapulaga. Pastikan semua bahan tercampur rata. Ramuan ini dapat diminum 1 – 2 kali dalam sehari. 

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan tingkat kejiwaan seseorang meningkat sehingga beberapa diantaranya mengalami depresi. Depresi merupakan gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan suasana hati yang terus-menerus merasa tertekan atau kehilangan minat dalam beraktivitas. 

Yang akhirnya mengakibatkan penurunan kualitas hidup kita sehari-hari. Buku resep jurus sehat Rasulullah memberikan ramuan untuk mengatasi depresi.

Resep mengobati depresi
Resep mengobati depresi

Resep untuk Mengobati Depresi

(diambil dari halaman 454)

Bahan : 

  • 1 ruas jahe ukuran sedang
  • 3 helai potongan kecil daun pandan
  • Air panas secukupnya
  • Madu secukupnya

Cara Membuat : 

Geprek jahe lalu seduh dengan air panas. Setelah itu tambahkan daun pandan. Diamkan hingga agak hangat lalu tambahkan madu. Minumlah selagi hangat sebelum tidur. 

Ramuan ini bisa dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Selain itu, ramuan ini juga dapat membantu masalah mag, GERD, mual, sulit tidur (insomnia), jantung dan kesehatan sistem reproduksi. 

Tips ; Konsumsilah kacang pistachio karena mampu membantu mengurangi depresi. Hindari pula berbagai makanan yang berpotensi mengakibatkan masalah pada pencernaan. 

Masih banyak resep lainnya, tapi Kak Niken nggak akan tulis semua dunk. Wkwkwk. Baca aja bukunya biar afdol.

Buku JSR
Quote dr. Zaidul Akbar

Review Buku Resep Sehat JSR 

Jurus Sehat Rasulullah SAW yang digunakan dalam buku ini mengarahkan kita untuk kembali pada segala pengobatan yang halal dan yang diajarkan Rasulullah. Sebagai pengingat bagi kita untuk memperbaiki pola dan cara hidup agar lebih baik. 

Jika kalian mencari resep dari berbagai penyakit yang sedang dihadapi, maka buku ini solusinya. Apa saja masalah kesehatan kita pada saat ini? Kenapa harus menggunakan obat alami? Apa saja bahan yang diperlukan dan cara meraciknya? Ada di dalam buku ini. 

Review buku resep sehat JSR ini memang secara ringkas, padat, dan tepat sasaran mampu memberikan ilmu yang luar biasa. Terutama dalam sisi foto produk yang ditampilkan oleh Ismailia Shara pada buku ini, mampu memanjakan mata para pembaca. 

Walau saat ini kami sekeluarga belum sepenuhnya menerapkan beberapa resep yang ada dibuku, tapi dengan adanya buku ini di rumah bikin mood kami bahagia. Tentunya bisa selalu jadi reminder dan pengingat untuk semakin semangat menerapkan gaya hidup sehat dalam mengkonsumsi makanan dan minuman. Juga meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara alami.

Perlu kita ingat bahwa Allah SWT sudah menganugerahkan bumi beserta isinya untuk kebaikan makhluknya. Di bumi, Allah SWT menyertakan ‘perangkat’ yang bisa menunjang manusia sebagai khalifah, termasuk obat yang menyembuhkan segala macam penyakit. 

Kalau mau tahu lebih lengkap mengenai buku dari Syaamil Quran ini, bisa menghubungi JSR Store atauF Mitra Syaamil terdekat yang ada di kota anda atau hubungi Syaamil Store di nomor +62 812-2448-2002.

Dengan harga buku resep sehat JSR yang terjangkau, Rp 249.000 kita bisa mendapatkan segudang manfaat dan 200 resep menyehatkan dr. Zaidul Akbar. Selamat membaca dan mempraktekannya. 

 

12 thoughts on “Review Buku Resep Sehat JSR: 200 Resep Menyehatkan dr. Zaidul Akbar”

  1. Kak. aku mau coba resepnya yang pake jahe yaaa. Aku suka banget jahe anget & ternyata bermanfaat untuk ketenangan mental juga ya. Pengen cobaa, karena pas pandemi ini, pikiran yang udah sering gaduh, jadi makin makin gaduh. Ada aja yang dipikirin, heraan xD

    Reply
  2. Saya pernah membaca postingan di media sosial terkait jurus sehat Rasul. Alangkah lebih baik jika menikmati itu dalam sebuah buku yang full color dan penuh foto yang memanjakan mata begini.

    Selain itu, Jurus Sehat Rasul juga menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Membuatnya juga nggak rumit. Jadi bisa banget buat gaya hidup kita sehari-hari.

    Reply
  3. Buku keren sekali dan pas diterapkan saat masa pandemi ini juga ya, Mbak. Apalagi semua resepnya berbahan herbal semua yang aman, sehat dan pas untuk tubuh. Menambah imun tubuh untuk mencegah penyebaran virus.

    Reply
  4. Resep sehat Zaidul Akbar udah banyak diikuti orang ya sebelum ada bukunya, Asyik banget sekarang ada bukunya, namanya juga ikhtiar ikutin ramuan sehatnya Insya Allah baik

    Reply
  5. Udah hampir 2 tahun suka bikin racikan kunyit jahe, lihat resepnya di IG dr. Zaidul. Sekarang karena udah punya bukunya jadi bisa nyoba racikan yang lain. Seneeeeng. Masya Allah. Luar biasa Allah yang menciptakan semua itu ya.

    Reply
  6. 200 resep dalam satu buku untuk menjaga kesehatan, bisa untuk banyak manfaat banget sih ini. Apalagi semuanya dari bahan asli Indonesia dan bisa didapat dengan mudah. Jadi pengen cobain juga euy

    Reply
  7. Obat yang paling mudah sebenernya ada di sekitar kita dan sangat dekat ya. Maka buku JSR ini memang layak untuk dimiliki sekaligus reminder untuk kita jaga kesehatan

    Reply
  8. Asyik banget nih kalau punya buku ini. Gak perlu repot-repot googling aneka resep JSR, atau kayak saya nih..ngecek resepnya di postingan-postingan instagram.. satu buku berjuta manfaat

    Reply
  9. Istimewa banget nih buku. Dan wajib ada di rak buku, terutama buat orang-orang yang belajar hidup sehat sepertiku.

    Reply

Leave a Comment