Ruangbelajar by Ruangguru solusi untuk membantu anak belajar online

Ruangbelajar by ruangguru katanya bisa jadi solusi belajar online terlengkap untuk siswa. Apakah benar demikian? Hmm.. bagi para orangtua, khususnya moms yang memiliki anak usia sekolah, masa pandemi seperti saat ini merupakan hal yang nggak disangka-sangka. 

Sekolah Daring Kembali Diberlakukan

Akhirnya sekolah daring bagi seluruh siswa kembali diberlakukan. Alhasil sebagai orangtua yang berharap anaknya bisa masuk sekolah offline pada semester ganjil ini harus memupus harapannya. Karena hal itu artinya moms harus kembali menjadi “guru”. 

Sebenarnya tak ada yang salah dengan peran orangtua yang menjadi guru bagi anak-anak di rumah. Namun kerap kali kejadian, karena kebutuhan akan nilai di sekolah, maka orangtua ikut mendampingi dan menjadi bersikap “kompetitor”. 

Permasalahan lain bukan pada peran orangtua, tapi biasanya ada rasa bosan dari anak-anak ketika mengikuti kelas daring. Contoh paling dekat di anaknya Kak Niken yang sekarang menginjak kelas 3 Sekolah Dasar. Selama kelas 2, Ia merasakan kebosanan dan kebutuhan akan dirinya sebagai anak-anak banyak yang tidak terpenuhi. 

Alhasil nilai rapornya memang mengalami penurunan. Ah ini rasanya hampir bikin mamak jadi singa! Eh tapi, nggak boleh dong kita sebagai orangtua bersikap seperti itu karena akan membuat motivasi anak menurun.  

Maka, sejak menerima rapor kami saling membuat ikrar bahwa mulai kelas 3 Sekolah Dasar harus ada perubahan. Walaupun sekolah secara daring tapi harus bisa dilakukan dengan cara yang lebih fun. 

Untuk itu kami coba mencari cara dan akhirnya ketemulah dengan cara dibawah ini. Melakukan beberapa tips untuk belajar online selama pandemi yang kami sepakati. 

ruangbelajar by ruangguru
ruangbelajar by ruangguru

Tips Belajar Online Selama Pandemi

Area khusus untuk belajar

Siapkan area khusus untuk anak belajar daring dengan nyaman dan cahaya yang cukup. Sediakan meja atau kurasi belajar yang nyaman untuk anak. 

Olahraga sebelum waktu belajar online

Berhubung anak Kak Niken itu tipe kinestetik visual, maka seluruh sendi dalam tubuhnya harus diajak bergerak terlebih dahulu sebelum Ia akan duduk di depan layar gadget untuk mendengarkan gurunya. Misalnya dengan olahraga ringan. 

Susun jadwal

Wajib untuk menyusun jadwal secara rinci dan ditempel di dekat area belajar anak. KIta bisa cek juga seberapa efektif kegiatan belajar yang dilakukan. 

Sarapan sebelum belajar

Wajib sudah sarapan sebelum anak mulai belajar online. Lebih banyak serat dan vitamin akan lebih baik dibandingkan karbohidrat. 

Dengarkan musik

Untuk anak audio visual biasanya mereka membutuhkan rangsangan pendengaran. Maka perlu sekali kita memfasilitasi aktivitas paginya dengan mendengarkan musik atau lagu. 

Dengan menerapkan 5 tips belajar online diatas maka diharapkan ada perubahan pada sikap anak selama melakukan belajar online. Namun jika dirasa masih butuh solusi lainnya, maka ada nih salah satu platform belajar online terlengkap untuk siswa, Ruangbelajar by Ruangguru

ruangguru
Pict by ruangguru

Solusi Persiapan Sekolah Online

Sebagai orangtua tentu kita akan mencari solusi agar anak kita bahagia dalam belajar. Karena bahagia jadi kunci yang sangat penting untuk meningkatkan motivasi belajar anak dan prestasinya

Sebagian besar orangtua dari teman anak Kak Niken mencari alternatif belajar online. Salah satunya dengan aplikasi belajar online, ruangbelajar yang ada di Ruang Guru. Ternyata Ruangguru merupakan salah satu solusi belajar online terlengkap untuk tingkat Sekolah Dasar hingga Menengah Atas. 

Ruangguru bisa menjadi solusi bagi para orangtua yang sedang kesulitan dalam membantu anak saat PJJ. Dengan begitu, nggak ada lagi tuh yang namanya, orangtua tantrum karena anaknya nggak suka belajar online. So, hubungan antar anak dan orangtua yang sempat renggang bisa jadi harmonis kembali ^.^

Anak-anak bisa belajar mandiri dengan puluhan ribu video belajar animasi dan latihan soal. Paling penting nih, bisa di download, jadi hemat kuota pastinya. Ini dia yang dicari-cari oleh para orangtua!

Ruangbelajar By Ruangguru

Hemat kuota! Wow ini yang dicari oleh Kak Niken dan para moms diluar sana tentunya ya. Sejujurnya, Kak Niken cukup amazing dengan perkembangan Ruangguru dari waktu ke waktu. 

Salah satunya ruangbelajar ini. Banyak sekali upgrade fitur yang tentunya jadi semakin canggih dan personalized. Menurut info, akan di launching pada bulan Juli ini lho. 

Fitur di ruangbelajar

Ruangguru PET. Ruangguru Adventure. Jadwal Belajar. Asah otak. Bank soal. Laporan belajar. Dan beberapa fitur baru yang akan dirilis pada Juli ini, yaitu: adapto, playlist belajar, subtitle video, fitur pencarian, pet mission, dan tes minat bakat. 

Keuntungan langganan ruangbelajar

Diantaranya: puluhan ribu video belajar animasi, latihan soal, rangkuman infografis, bisa di download dan diakses offline, dan juga ada fitur premium lainnya yang menarik.   

Alasan memilih ruangbelajar by ruangguru

  1. Tingkat kepuasan pengguna bimbel online ruangbelajar memiliki skala nilai 9,3 dari 10. 
  2. Sebagian besar siswa dan orangtua menilai ruangbelajar lebih menarik dibandingkan pengajaran disekolah.
  3. Menilai ruangbelajar sangat membantu dalam pemahaman konsep. 
  4. Setelah 3 bulan berlangganan, ternyata para pengguna ruangbelajar ini mengalami peningkatan nilai. 
  5. Tentunya dengan adanya bimbel online ini, sangat membantu dalam persiapan ujian. 
keuntungan ruangbelajar
pict by ruangguru

Ruangbelajar by ruangguru ini sangat mudah diakses. Cek aja di https://www.ruangguru.com bisa menggunakan laptop juga lho moms. Tinggal kita download aja aplikasi ruangguru for desktop. Tersedia untuk Windows dan Mac. Maupakai aplikasi ruang guru juga bisa kok. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan. 

Ruangguru bisa menjadikan siswa menjadi lebih baik dari segi nilai dan karakter. Sebagai orangtua tentu nggak perlu kebingungan lagi mencari bimbinganbelajar terbaik di Indonesia. 

Karena ruangbelajar kini menjadi terobosan yang solutif dalam bidang pendidikan dan perkembangan teknologi belajar. Inilah solusi saat anak-anak sekolah online untuk keluarga jempolan!

Leave a Comment