Self-Love, Self Care Tanpa Harus Boros

Tadi pagi baca berita online dengan judul “Jangan Sampai Self-Love Kamu Malah Berubah Menjadi Toxic Positivity!” Lalu bagaimana caranya agar kita bisa self care tanpa harus boros?

Seperti yang dilansir dari laman Very Well Mind, toxic positivity memiliki arti bahwa tidak peduli seberapa parah atau sulitnya suatu situasi, kita harus mempertahankan pola pikir positif.

Self-love bisa mendorong seseorang untuk menerima kondisi dirinya dan lebih mencintai diri sendiri. Namun, jika berlebihan justru Anda akan merasa menjadi orang yang merasa lebih baik dari siapapun. Paling pintar, paling bisa menerima diri sendiri, paling cerdas, bahkan bisa jadi merasa paling cantik.

Sebenarnya Apa Itu Self-Love, Self Care Tanpa Harus Boros?

Self-love sebenarnya lebih kepada ketika kita mampu mengetahui bagaimana cara mencintai diri sendiri. Namun bukan berarti kita sebagai perempuan mandiri harus selalu memenuhi diri dengan segala keinginan. Self-love mengharuskan kita untuk bisa menerima apa yang menjadi kelemahan kita serta menghargai kekurangan. Inilah yang dapat membuat kita menjadi diri sendiri.

Pada dasarnya self-love memiliki arti yang lebih luas, diantaranya:

  • Berbicara dengan diri sendiri menggunakan cinta dan kasih sayang
  • Percaya diri
  • Menetapkan batasan yang sehat terhadap orang lain
  • Memprioritaskan diri sendiri
  • Jujur pada diri sendiri
  • Bersikap baik pada diri sendiri.
  • Memaafkan diri sendiri atas kesalahan yang pernah diperbuat

Mengapa kita butuh self love?

Self-love dapat membantu kita menghargai diri sendiri dan menghindari perasaan atau emosi secara berlebihan. Dengan adanya self-love maka dapat membuat kita untuk tumbuh baik secara fisik, psikologis, maupun spiritual.

Menerapkan self love dapat membuat beberapa perubahan dalam hidup. Perubahan tersebut bisa berdampak dari sudut pandang terhadap diri sendiri yang makin positif, memiliki pikiran yang lebih positif, tidak mudah terpancing emosi, dan banyak manfaat lainnya.

Seperti yang dikatakan oleh Muara Makarim, Self-love & Purpose Life Coach pada event FWD Women Community bahwa, “Self-love artinya kita tahu kebahagiaan kita itu nggak bergantung dari orang lain, tapi dari diri sendiri.”

“Self love datang dari hal kecil.” – Muara Makarim.

Unshakable Self Confidence

Apakah kita termasuk salah satu yang seringkali merasa nggak percaya diri? Kalau ada orang merasa nggak confidence, itu tanda nggak sayang sama diri sendiri. Self-love merupakan sesuatu hal yang bisa berbeda pada setiap orang. Karena masing-masing orang memiliki banyak cara berbeda untuk menunjukkan bahwa kita mencintai diri sendiri.

“Self love butuh disiplin dan komitmen.” – Muara Makarim

What core confidence really means? Confidence artinya kita memiliki kotak-kotak (seperti pada gambar dibawah ini) ada yang kecil dan besar di dalam hidup kita. Jika salah satunya ada yg failed tentu self-love kita akan kena.

Self-care FWD Woman Talk
Self-care FWD Woman Talk

Apa saja sih faktor yang biasanya mampu membuat kita lebih bahagia? Biasanya dari segi keuangan, karir, penampilan/kesehatan, emotions, dan relationship.

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri ala Muara Makarim

  1. Gratitude list about yourself : contoh saya bersyukur krn saya orang baik, open minded, awareness pada orang lain (cari yang belajar memuji diri sendiri – tulis 3 hal)
  2. Set small bite size goal daily. Get things done = Lakukan setiap hari dan konsisten hal-hal kecil. Bikin goal kecil lakukan satu hari satu.
  3. Choose 1 thing daily that makes you feel uncomfortableresults is your feedback = pilih satu hal setiap hari yang kita nggak suka, tapi harus kita lakukan setiap hari. Contoh nggak PD bicara depan umum, maka lakukan bicara depan umum setiap hari. Pikirkan yg bikin kita nggak PD itu apa? Bikin goalnya.
  4. Set intention (daily visualization) = tulis niat kita hari itu apa? Misal : niat hari ini mau bicara depan umum.

Lalu bagaimana cara memulai self-love, save care tanpa harus boros? Dengan bergabung pada program HERoic saling dukung antar sesama perempuan, serta :

Optimize your day

  1. Morning : 1 hour (journaling, meditate, grounding, sun, book, rebounder)
  2. Morning nutrition : big breakfast (protein – fiber), keto coffee/lainnya.

Selain itu juga bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Plan your day right
  2. Gunakan google calendar
  3. Banyak orang yang kerja…kerja… kerja tapi lupa sama self-care dan take a breath

“Smile, be kind, contribute to people’s live, be the warmest person in the room.” – Muara Makarim.

Self-care FWD bebas berbagi
Self-care FWD bebas berbagi

Ada hal yang juga sangat penting dikatakan oleh Mada Aryanugraha, seorang Financial Consultant @sipundi.id, bahwa kita harus memahami pondasi keuangan dan mengapa setiap orang perlu menemukan cara untuk mengatur keuangan.

Salah satunya dengan memiliki asuransi dari FWD Insurance. Karena memiliki asuransi merupakan salah satu pondasi yang penting untuk keuangan pribadi. FWD merupakan perusahaan asuransi jiwa digital terkemuka di Indonesia.

FWD menyediakan beberapa layanan sebagai bentuk solusi antara lain asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan diri, dan investasi (unit link). Informasi selengkapnya bisa klik melalui website FWD Insurance. Lets love our body, mind, and soul. Self care tanpa harus boros, bisa!

23 thoughts on “Self-Love, Self Care Tanpa Harus Boros”

  1. sebelum pandemi aku selalu merasa self love itu harus melakukan kegiatan atau membeli sesuatu yang mungkin terkesan boros, sejak pandemi pun memutar otak apa ya jenis self care dan self love yang tetap bisa dilakukan tapi gak bikin boncos

    Reply
  2. Sekarang makin banyak mengatasnamakan self love yang kadang disalahartikan oleh penggunanya.
    Semoga penjelasan diatas membantu kita semua para wanita mandiri tetep self love menyisihkan uangnya untuk proteksi diri yaa.

    Reply
  3. Nah iya, alhamdulillah sudah diingatkan, self love itu gak boleh berlebihan yah. karena saat love each other pun bisa bikin kita happy deh, hehehe. Tapi kalo kasih diri asuransi, nah baru mantul

    Reply
  4. Ah iya, aku senang banget bisa ikutan acara dari FWD Woman Community ini mbak
    Jadi tahu bagaimana caranya bisa self love tanpa harus boros

    Reply
  5. Sepakat banget ternyata self love bisa dilakukan tanpa harus mahal ya. Aku udah pakai tuh google calender. Soal makanan ya msh kadang sehat kadang kacau. Wkka. Bersyukur nih belum ditulis2

    Reply
  6. Sesuatu yang berlebihan memang gak bagus. Saya pun sependapat kalau self-love gak harus selalu membeli barang. Apalagi sampai boros. Seringkali bisa menikmati waktu sejenak dengan santai, buat saya juga bentuk self-love

    Reply
  7. Ilmu banget sih ini emang self love itu penting banget ya karna bisa membantu kita untuk menghargai diri sendiri, lebih mencintai diri sendiri dan menghindari perasaan atau emosi secara berlebihan. Thanks for sharing

    Reply
  8. Self-love beda banget dengan egois ya Mbak. Sl ini lebih kepada memberi makna dalam terhadap cinta kepada diri sendiri, membangun dari dalam agar kita tumbuh jadi manusia lebih bahagia. Orang yang mencintai dirinya sendiri biasanya juga berkelimpahan cinta untuk orang lain. Makanya kita perlu banget merawat dan mencintai diri sendiri agar bisa diandalkan keluarga dan masyarakat

    Reply
  9. Mencintai diri sendiri bisa jadi tolak ukur bagaimana kita memperlakukan diri dan orang lain.
    Dan saya setuju karena sebelum memberikan perhatian kepada yang lain, seharusnya diri sendiri dulu diperhatikan

    Reply
  10. Kadang self care ini dilarikan ke belanja ya makanya jadi boros deh. Padahal untuk memprotek diri kira dan menyanyanginya bisa dengabn cara lain ya yang positif pastinya. Eh bener banget ini mbak kl mau bahagia jangan mengandalkan orang lain tapi bisa dari diri sendiri

    Reply
  11. Kedua narasumber beneran insightful nih materinya…Benar banget ya self love bisa kok tanpa harus boros. Untuk bantu kita menghargai diri sendiri dan menghindari perasaan atau emosi secara berlebihan self love memnag penting nih.

    Reply
  12. Aku juga awalnya apa-apa self-love, self-care, tapi jadi paham maknanya bahwa self-love tidak harus berupa penghargaan berupa barang. Tapi bisa juga dengan memeluk diri sendiri dan menyampaikan rasa terimakasih atas apa yang sudah dilakukan hari ini.

    Reply
  13. Ahaha belakangan emang suka muncul self love2 trus beli ini itu, ujung2nya nangis duit abis 😀
    Emang kudu mendefinisikan self love dengan bener ya, supaya ujung2nya bikin happy 😀
    Emang yang pertama kali kudu mencintai diri ini ya kita sendiri ya, soalnya yg mencintai diri dgn tulus ya diri sendiri ini, gak bisa mengandalkan org lain.

    Reply
  14. Membekali diri dengan proteksi gini merupakan salah satu bentuk self love yang punya visi jauh ke depan. Nah kalau bukan kita yang mencintai diri sendiri dengan menyediakan perlindungan maksimal gini, siapa lagi kan yaaa yang akan melakukannya.

    Reply
  15. Nah ini nih yang sering salah kaprah ya. Self care, self love, sering diartikan sebagai kita beli apa pun yang kita mau. Sampai akhirnya bikin kita boros. Pdhl ada cara yg malah sebaliknya. Yaitu investasi utk mendapatkan manfaat yang produktif. Kudu belajar nih aku tentang ini.

    Reply
  16. Noted. Take a breath ya. Jangan melulu kerja keras bagaikan kuda. Aih makjleb sih ini, saya nih sering kelupaan untuk take a breath. Giliran ngedrop sakit, baru deh keingat untuk istirahat sejenak.

    Reply
  17. Bagus banget acaranya saya jadi bintangi nih artikelnya biar bisa dibaca ulang dan praktekkan berbagai tips self lovenya aku kadang merasa kurang percaya diri dan baru sadar itu berarti kurang menyayangi diri sendiri harus diubah nih…

    Reply
  18. jadi inget lagunya BTS yang Self-Love hehehe. Sekarang saking beratnya persaingan dalam kehidupan orang dewasa kita sampai sering lupa mencintai diri sendiri ya.

    Reply
  19. Self Love adalah kunci… Meskipun tampaknya simpel ternyata ada bahkan banyak yang kesulitan untuk mencintai diri sendiri ya., Trims sudah berbagi tentang Self love ini dan meningkatkan percaya diri…

    Reply
  20. Sudah kucatat cara meningkatkan rasa percaya diriya. Masya Allah ternyata sederhana, ya. Tapi kalau nggak tahu ilmunya tetap saja nggak ketemu caranya self-care yang nggak boros-boros. Terima kasih sudah sharing, Mbak.

    Reply
  21. Self love memang penting ya mbak. Sebelum mencintai orang lain, cintai dulu diri sendiri karena pengaruhnya ke psikis kita. Kita bisa bahagiain orang lain kalau kita juga bahagia. Bahagia itu menular.

    Reply
  22. Kita yang lebih paham apa yang diri kita butuhkan, untuk bahagia abaikan omongan negatif orang lain, apalagi sampai mental down

    Reply

Leave a Comment