SILATURAHMI SETIAP HARI DENGAN INTERNET NYAMAN

Silaturahmi setiap hari walau ramai sepi ini milik bersama. Salah satu makna lirik lagu “Ramai Sepi Bersama” dari IM3 Ooredoo yang membuat pikiranku berkelana jauh mengingat orangtua kemudian menangis. Ingat sosok ibu yang kini tinggal nun jauh di Gunung Kidul sana. Rindu teramat sangat.

Lagu Ramai Sepi Bersama berseliweran di televisi maupun sosial media. Di inisiasi oleh IM3 Ooredoo berkolaborasi dengan 4 musisi yakni Hindia, Kunto Aji, Yura Yunita dan Sal Priadi. Menjadi penyemangat agar tak larut dalam kesedihan selama masa pandemi Covid-19 ini berlangsung.   

“Ramai Sepi Bersama”

 Seberapa jauh dari sini

Tembok-tembok ini tak berarti

Asal kulihat senyummu hari ini

Mendengar keluhmu malam nanti

 

Saat semua tak jelas arahnya

Kita hanya punya bersama

Lewati curam terjalnya dunia

Ramai sepi ini milik bersama

 

Saat terasa berat-beratnya

Ku tahu kau pun berjuang juga

Hadapi semuanya langsung di muka

Apapun yang terjadi tidak apa

….….

 Link youtube “Ramai Sepi Bersama” :

Ramadhan saat Pandemi Covid-19

Terenyuh, mengingat kondisi pandemi Covid-19 ini. Tak hanya diharuskan menerapkan sosial distancing atau jaga jarak ternyata pandemi ini juga membuat hubungan manusia pun berjarak. Silaturahmi setiap hari dengan cara berkunjung dan saling bertemu secara fisik tidak bisa dilakukan. Ramadhan tahun ini terasa sepi.

Tak ada jadwal buka puasa bersama keluarga besar. Tak ada hiruk pikuk penjual takjil di sore hari, solat tarawih berjamaah bahkan tak ada keramaian pusat perbelanjaan. Semua kena imbas dari pandemi Covid-19 ini.  

Satu hal yang membuatku menangis saat tadi mendengar lagu “Ramai Sepi Bersama”,  teringat sosok Ibu yang sudah menemaniku selama 30 tahun ketika aku masih tinggal di Jakarta. Sebenarnya sejak dua tahun lalu beliau memutuskan pindah domisili ke daerah Yogyakarta dan kami sekeluarga ke kota Malang. 

Sejak tahun kemarin beliau punya keinginan agar anak cucunya bisa berkumpul di kampung saat Idul Fitri nanti. Makan opor ayam, sayur labu dan ketupat bersama keluarga besar. Sepertinya dalam waktu dekat ini belum bisa direalisasikan. Padahal sejak tiga bulan lalu kami sudah mengantongi tiket untuk perjalanan mudik.  Terpaksa batal.  

Baca juga : Tips Puasa Untuk Anak

Silaturahmi Setiap Hari

Untuk pertama kalinya dalam sejarah hampir setiap orang merasakan keadaan yang sama dalam menjalani kesehariannya. Terpisah dari rutinitasnya, pekerjaannya, temannya, bahkan keluarganya. Dalam sepinya Ramadhan kali ini justru kami mencoba mengambil hikmahnya. Menjadi lebih bersyukur dalam setiap hal yang sudah diberikan oleh Allah swt.

Berpikir lebih kreatif walau tidak bisa bertemu secara fisik. Dengan cara tetap terhubung melalui video call atau telpon seluler sehingga bisa silaturahmi setiap hari. Saling memberikan support pada setiap anggota keluarga besar.

Ngobrol santai dan bertukar ide kegiatan main untuk anak antar sesama saudara yang sedang kerja dirumah. Bahkan bisa menularkan ide kreatif main bareng anak di media sosial untuk aktivitas puasa Ramadhan selama masa pandemi Covid-19 ini. 

Inilah yang membedakan Ramadhan tahun ini dengan sebelumnya. Menyadarkanku bahwa kita semua mengalami sepi yang sama. Meski jaga jarak diantara kita, silaturahmi harus tetap dijaga. Jangan lupa untuk saling panjatkan doa.

Namun meski terhalang jarak kita tetap bisa silaturahmi dengan memanfaatkan teknologi. Menjadi lebih intense untuk saling memberi kabar dan silaturahmi. Melalui whatsapp chat, video call dan sejenisnya.

Work From Home
Work From Home

Virtual Silaturahmi

Apapun yang terjadi saat ini tak ada yang lebih penting dari silaturahmi. Bersilaturahmi saat keadaan pandemi Covid-19 seperti ini mampu membawa dampak positif bagi diri sendiri. Secara psikologis, akan meningkatkan kapasitas untuk berpikir, meningkatkan ketahanan mental, membantu lebih kreatif dan memotivasi hubungan sosial lebih baik. Bahkan dalam hubungannya dengan organisasi juga mampu mendukung perilaku belajar serta meningkatkan efisiensi dan kinerja.

Berkaitan dengan Ramadhan, saat sosial distancing bukan berarti tidak bisa melakukan kegiatan ngabuburit. Kita bisa memanfaatkan kegiatan seru saat ngabuburit dengan lebih kreatif.

Beberapa contoh kegiatan yang dapat dilakukan sambil ngabuburit yaitu :
  1. Video call sambil cerita bersama keluarga besar
  2. Bermain game daring edukatif bersama anak
  3. Buka puasa bersama secara virtual dengan keluarga
  4. Nonton film keluarga
  5. Karaoke bersama dengan menggunakan aplikasi
  6. Berbagi pesan positif dengan desain kartu Ramadhan unik

Cara tersebut dapat kita gunakan untuk bersilaturahmi secara virtual. Lakukan selang-seling sesuai kebutuhan. Melalui jaringan kita bisa terkoneksi. Silaturahmi akan mempererat hati. Sungkem virtual bukan hal yang tak mungkin dilakukan.

Freedom Kuota Harian
Freedom Kuota Harian

 

Bagaimana Caranya?

Memahami hal itu, untuk menjaga silaturahmi dengan orang yang kita sayangi atau mendukung aktivitas internet harian yang dijalani, IM3 Ooredoo menghadirkan FREEDOM KUOTA HARIAN.

Freedom Kuota Harian

Manfaatkan paket terbaru, kuota 28GB dengan masa aktif 28 hari yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Cuma Rp 74.900 bisa digunakan untuk internetan 24 jam (disemua jaringan). Dengan benefit kuota utama 1GB per hari.

Kuota ini bisa kita gunakan untuk video call, chatting, email atau berselancar di sosial media. Tenang aja, paket ini sudah dilengkapi dengan fitur pulsa safe. Internetan nyaman dan pulsa tetap aman meski kuota utama telah habis digunakan.

Paket IM3 Ooredoo
Paket IM3 Ooredoo

 

Paket dari IM3 Ooredoo ini bisa diaktifkan melalui *123# atau melalui aplikasi myIM3. Perpanjangan paket otomatis berlaku selama pulsa mencukupi. Segera cek aja langsung websitenya di IM3 Ooredoo. Nggak hanya itu saja, dengan membeli paket freedom kuota harian kamu sudah ikut mendonasikan Rp 2.000 untuk membantu menanggulangi pandemi Covid-19. 

Kalau tahun sebelumnya bisa sungkem langsung dihadapan orangtua saat Idul Fitri, tahun ini masih bisa dilakukan walau sebatas sungkem virtual. Tetap silaturahmi setiap hari walau ramai sepi bersama.

 

50 thoughts on “SILATURAHMI SETIAP HARI DENGAN INTERNET NYAMAN”

  1. Beruntungnya kita ada di jaman teknologi sudah maju ya kak. Jadi meskipun di rumah aja tetep bisa berkomunikasi dengan keluarga yang jauh.

    Reply
    • Masyaallah ya kak. Apalagi kalau aku ingat ibu di kampung. Alhmdulillah ada IM3 OOredoo jadi bisa silaturahmi setiap hari

      Reply
  2. Mantab bunda Niken atau ka Niken, iya ya ga pernah terbayang kita akan lebaran seperti ini, utk bbrp kegiatan silaturahminya belum dicoba tuh yg karokean..hahaha..

    Reply
    • Iya mba Via. Tapi insyaallah tetap bisa silaturahmi ya. Btw, salam buat mama nya mba via yaa semoga sehat selalu.

      Reply
  3. Aku jadi ikut nyanyi, kak. Soalnya ini lagu sering banget didenger. Pas baca liriknya, seketika bersenandung.

    Saat pandemi ini, emang kita tuh harus bertahan menahan rindu ya, kak. Apalagi menjelang lebaran. Kerinduan pengen kumpul, nyatanya harus ditahan dan diredam dulu. Huhu.. Semoga pandemi segera berlalu

    Reply
    • Awalnya aku juga nggak terlalu memperhatikan liriknya kak, pas benar-benar memperhatikan lirik plus musiknya, auto nangissss

      Reply
  4. Owh asal Mba Niken tuh Gunkid yaaa…Waaw klu aku ke Jogja mesti suka ke wisata sekitar Gunkid. Banyak pilihan dan keren2 sih…

    Btw iya yaa sedih rasanya tahun ini lebaran gak bisa bertamu langsung karena covid 19. Beruntung masih bisa silaturahim meski by online. Smg pandemi segera berlalu. Aamiin…

    Reply
    • Xixixiix iya bu, asline wong gunung kidul, di pegunungan tandus. wkwkkw. 2 tahun lalu ibuku balik menetap di sana setelah puluhan tahun merantau di jakarta. Makanya kangen beratttttt sama ortu satu-satunya.

      Reply
  5. Aku juga merasakan ramadan yang sangat berbeda di tahun ini, tapi ga sedih juga karena ditemani dengan video dari kolaborasi 4 musisi tersebut. Dan sangat negbantu juga dengan paket freedom kuota hariannya, aku bisa bebas silaturahmi virtual dengan siapa saja.

    Reply
  6. Video klipnya bagus banget mba! IM3 Ooredoo memang terjangkau sekali ya harganya, sebagai pelanggan setianya (sudah hampir 11 tahun) Im3 ini selalu bisa ngasih harga yang ramah di kantong kepada pelanggannya 🙂

    Reply
  7. Betul mba, koneksi internet memang menentukan kelancaran komunikasi kita saat ini, karena hanya dengan cara silaturrahmi virtual covid 19 tidak dapat menyebar.

    Reply
  8. Di momen pandemi gini emang penting bgt punya kuota cukup yah Mbak. Aku pengguna setia Im3 nih hege. Btw aku udah nonton videonya suka banget. Keren.

    Reply
  9. Pandemi ini entah berakhir kapan. Jadinya kita harus tetap jaga jarak dan di rumah terus. tapi ini bukan berarti kita putus silaturahmi dengan siapa pun ya. Secara online saja silaturahminya. Ya dengan internet. Semua bisa terealisasi jika kita memilih internet cepat dengan kuota yang banyak. IM3 ini bisa jadi jawabannya

    Reply
  10. Sejak tahu lagu ramai sepi bersama ini, saya sudah suka sama lirik-liriknya. Terasa emosionalnya banget, apalagi pas sampai di lirik ini:
    Saat terasa berat-beratnya, Ku tahu kau pun berjuang juga, Hadapi semuanya langsung di muka, Apapun yang terjadi tidak apa…..rasanya pengen nangiis.

    Tapi memang apaun yang terjadi, kita harus menjalaninya dan tetap bersyukur, berusaha mengambil hal baiknya dan bisa lebih menghargai nikmatnya silaturahmi. Semoga pandemi ini segera berlalu da kita diberikan kesehatan iman dan jasmani.

    Reply
  11. Wah aku baru kepikiran untuk main game bareng, bukan penggemar games sih yaa.. Tapi bener sih, lagi musim kaya gini internet emang harus kencang supaya bisa menunjang segala kebutuhan. Untung kuota harian dari im3 ooredoo besar ya mba.. hehe

    Reply
  12. Stay at home harus ditemani koneksi internet yang lancar jaya ya mbak supaya gak makin bosan hihihi. Kadang suka sebel kalo susah jaringan, mau ngapa-ngapain gabisa huhuhu.

    Reply

Leave a Comment