Simak Kelebihan dan kekurangan Buzz Marketing Berikut Ini!

Media sosial menjadi lahan promosi dan pengenalan produk yang baik. Salah satu strategi penjualan yang diminati saat ini adalah buzz marketing. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan buzz marketing itu? Apakah pemasaran dengan metode buzz marketing memiliki sisi baik dan buruk bagi penjualan? Simak kelebihan dan kekurangan buzz marketing berikut ini.

Apa Yang Dimaksud Dengan Buzz Marketing?

Pemilihan strategi pemasaran merupakan faktor penting dalam menentukan kesuksesan penjualan suatu produk atau merk dagang. Dengan pemilihan strategi pemasaran yang tepat maka promosi dapat berjalan dengan lancar. Salah satu strategi pemasaran yang banyak dilirik oleh pebisnis untuk menarik minat konsumen terhadap produk mereka adalah buzz marketing.

Buzz marketing adalah suatu strategi pemasaran dengan mendengungkan atau menggaungkan suatu isu atau mengangkat produk tersebut agar menjadi viral di media sosial. Metode pemberitahuan informasi dari mulut ke mulut adalah ciri dari buzz marketing.

Tentu saja yang dimaksud dengan memviralkan produk dari mulut ke mulut tidak diartikan secara langsung, namun melalui halaman media sosial. Dimana peran anda sebagai seorang buzzer diperlukan sebagai strategi dagang yang tepat untuk memperkenalkan produk kepada orang lain dengan memposting, memberikan komentar pada akun jejaring sosial anda.

Seorang buzzer memiliki akun pribadi dan beberapa akun palsu sebagai alat dalam menyampaikan kampanye atau mempromosikan produk klien kepada konsumennya.

sebelum melakukan promosi dengan buzzer baca dulu, Buzz Marketing Sebagai Kunci Sukses Mendongkrak Penjualan

Lewat akun inilah anda akan bekerja secara profesional dalam menyebarluaskan manfaat serta kelebihan produk sehingga orang lain akan tertarik untuk membeli produk tersebut. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan buzz marketing tersebut?

Jasa Buzzer Twitter, Trending Topic, Instagram, Facebook, Youtube, Tiktok. (casakreatif.com)
Jasa Buzzer Twitter, Trending Topic, Instagram, Facebook, Youtube, Tiktok. (casakreatif.com)

Apa Saja Kelebihan Buzz Marketing?

 Tentu saja buzz marketing memiliki berbagai kelebihan hingga banyak dipilih oleh marketer dan pebisnis untuk menaikkan penjualan produk mereka. Apa saja kelebihan dari buzz marketing?

  1. Efektif dan Efisien

Kelebihan buzz marketing yang pertama adalah efektif dan efisien dalam menggaet konsumen dan meningkatkan penjualan produk kepada konsumen. Di era digital ini, hampir semua lapisan masyarakat memiliki akun media sosial pada gadget mereka. Hal ini disebabkan era komunikasi secara online dirasa lebih mudah dan cepat.

Berbagai informasi bisa didapatkan dengan mudah dan cepat melalui media sosial. Biaya yang dikeluarkan oleh untuk mendapatkan jasa buzzer juga tergolong terjangkau di Indonesia. Nilai tersebut juga sebanding dengan hasil yang akan didapatkan nantinya.

  1. Menaikkan Nilai Produk

 Penting bagi suatu brand baru untuk mendapatkan perhatian dari calon konsumen mereka. Salah satu cara untuk bersaing secara di dunia bisnis adalah penerapan marketing yang tepat, buzz marketing ini bisa menjadi strategi yang tepat untuk mendapatkan perhatian secara cepat di media sosial.

Ketimbang memasang iklan di radio maupun televisi, sekarang ini lebih mudah dan murah untuk melakukan promosi di media sosial. Jasa buzzer dalam mempromosikan produk melalui postingan ataupun komentar bernada positif di kolom media sosial akan menjadikan produk dikenal secara luas.

Seorang buzzer akan secara cepat dan luas menyebarkan value produk melalui komentar atau video review lewat kanal youtube, Instagram atau twitter mereka. Tentu saja berbagai review, unggahan dan video tersebut akan dapat menaikkan value produk sehingga nilai penjualan produk akan meningkat.

  1. Jangkauan Konsumen Lebih Luas

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh buzz marketing adalah jangkauannya dalam merangkul konsumen secara lebih luas. Penggunaan media sosial yang tanpa batas dapat menjangkau orang dari berbagai belahan dunia untuk melihat produk yang sedang dipasarkan, sehingga bukan tidak mungkin produk akan dikenal hingga ke luar negeri.

Apa Kekurangan Buzz Marketing?

Sama halnya seperti dua sisi mata uang, buzz marketing juga memiliki kekurangan. Pemasaran dengan menggunakan sistem buzzing atau mendengung memerlukan proses di dalamnya. Proses tersebut dapat berlangsung secara cepat atau lama, sehingga tidak dapat diprediksi waktunya.

Selain itu buzz marketing juga memerlukan trik kampanye dan pengiklanan yang tepat sehingga pesan yang ingin disampaikan akan sampai ke target pemasaran.

Suatu kampanye atau iklan dapat menjadi viral dengan adanya berbagai faktor pendukung yang berkesinambungan satu sama lain, seperti waktu kampanye yang tepat, konsep iklan yang jelas dan kualitas produk yang baik. Namun sulit untuk mengendalikan iklan tersebut dapat menjadi trending di media sosial dalam waktu yang cepat.

Buzz marketing adalah salah satu strategi pemasaran online yang baik dalam menaikkan nilai penjualan produk kepada calon konsumen. Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan buzz marketing yang harus anda pahami. Sistem marketing ini dapat memberikan hasil yang efektif bagi penjualan produk anda namun di sisi lain diperlukan berbagai faktor pendukung yang tepat untuk mewujudkannya.

Jika anda membutuhkan buzzer mungkin jasa buzzer bisa menjadi salah satu solusi yang tepat!

Leave a Comment