Lifestyle Parenting and Traveling

Cara Mengetahui Jumlah Cicilan Mobil Dengan Simulasi Cicilan Mobil

simulasi cicilan mobil
Simulasi cicilan mobil

Sekarang ini mobil menjadi salah satu kendaraan yang cukup banyak digunakan dan juga diminati oleh orang-orang di Indonesia.

Hal ini karena mobil mempunyai fasilitas yang jauh lebih lengkap jika dibandingkan dengan kendaraan lainnya seperti sepeda motor. Jika kita berbicara tentang mobil, apakah anda sudah tahu kalkulator bagus buat kredit mobil?

Kredit mobil menjadi salah satu cara yang paling populer untuk bisa memperoleh mobil dengan biaya yang jauh lebih ringan dibandingkan harus membelinya secara cash.

Sudah ada banyak juga bank atau pihak leasing yang memberikan penawaran kredit mobil sehingga proses kredit dan simulasi cicilan mobil sekarang ini menjadi jauh lebih mudah untuk dilakukan.

Konsep perhitungan kredit mobil tentu saja menjadi informasi yang sangat penting untuk anda ketahui.

Pastikan anda sudah mengetahui terlebih dahulu dan paham tentang konsep dari simulasi kredit mobil sebelum memutuskan membayar uang muka atau DP dan mempunyai cicilan kredit mobil per bulan.

Simulasi Untuk Perhitungan Kredit Mobil Yang Harus Anda Ketahui

Sekarang ini sudah ada banyak sekali pihak bank maupun leasing yang memberi informasi dan juga fitur tentang simulasi perhitungan dari kredit mobil.

Namun sayangnya sampai sekarang ini masih ada beberapa orang yang belum juga paham tentang skema finansial dari perhitungan kredit mobil menggunakan kalkulator simulasi kredit mobil.

Tidak tahu tentang cara menghitung cicilan kredit mobil emmang wajar. Hal ini karena perhitungan dari kredit mobil ini cukup rumit, harus melewati beberapa proses yang cukup panjang.

Sebelum anda memutuskan untuk memilih tenor cicilan kredit dan juga membayarkan uang muka. Berikut dibawah ini adalah bagaimana simulasi untuk perhitungan kredit mobil yang harus anda ketahui.

Tentukan DP Terlebih Dahulu

Langkah pertama tentu saja anda harus mengelola keuangan untuk menentukan DP terlebih dahulu. Dimana jika total harga mobil yang akan anda beli dengan metode kredit adalah 150 jutaan, dan terdapat ketentuan biaya DP yang harus dibayarkan adalah sebesar 20%. Maka anda harus mengeluarkan uang sebesar 30 juta.

Itu baru biaya DP terendah ya, karena biasanya jumlah minimal uang muka yang ditetapkan dari pihak leasing atau dealer adalah 20% dari total harga mobil. Walaupun anda juga bisa membayarkan biaya DP sebesar 30% dan diatasnya.

Nah rumus dari menentukan uang 30 juta ini didapatkan dari perhitungan :

  • Uang Muka = 20% x harga mobil cash.
  • Uang Muka = 20% x 150.000.000 = Rp30.000.000.

Menentukan Pokok Kredit

Berikutnya setelah anda selesai menentukan besaran DP yang harus dibayarkan, tentu saja anda juga harus menghitung nilai sisa kredit atau dikenal dengan nama pokok kredit yang harus anda bayarkan.

Nah untuk dapat menghitung jumlah pokok kredit sendiri bisa dilakukan dengan mudah.

  • Pokok Kredit = Harga Cash Mobil – Uang Muka
  • Pokok Kredit = 150.000.000 – 30.000.000 = Rp120.000.000.
kalkulator kredit mobil
kalkulator kredit mobil

Menentukan Tarif Bunga

Selanjutnya setelah anda selesai menentukan pokok kredit, anda juga harus dapat menghitung tarif bunga yang harus anda bayarkan. Karena ini akan berkaitan dengan keuangan jangka panjang.

Dimana proses untuk menghitung jumlah tarif bunga bisa anda dilakukan dengan mudah, mengingat rumusnya juga sangat simple.

Cara menentukannya adalah dengan mengalikan pokok kredit dan juga persentase tarif bunga yang sudah ditentukan dan juga ditentukan dengan jangka waktu atau tenor yang sebelumnya sudah disepakati. Pastikan jika anda juga harus memahami rumusnya terlebih dahulu dengan benar.

Menentukan Simulasi Cicilan Mobil

Terakhir, anda juga harus merencanakan keuangan dan menentukan jumlah total cicilan yang harus anda bayarkan. Nah untuk mengetahui perhitungan cicilan kredit mobil sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah.

Saat anda sudah mengetahui besaran kredit bunga yang harus dibayar selama kurun waktu tenor tertentu, nah anda hanya tinggal memasukkannya pada perhitungan besaran dari biaya kredit yang harus anda bayarkan.

Rumusnya adalah dengan cara menambahkan Pokok kredit, tarif bunga, dan dibagi tenor atau jangka waktu. Nantinya akan didapatkan hasil akhir berupa jumlah cicilan yang harus dibayarkan.

Itulah bagaimana cara mengetahui jumlah cicilan mobil dengan rumus-rumus manual. Nah anda juga bisa menggunakan aplikasi kalkulasi simulasi cicilan mobil untuk kredit dari Suzuki agar mengetahui jumlah cicilan mobil dengan cepat dan mudah.

 

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *