Sukses Berbisnis dengan Sistem Cloud ERP Systemever

Siapa yang tidak menginginkan kesuksesan dalam berbisnis. Semua orang menginginkan kesuksesan. Rahasia sukses dalam berbisnis telah di tulis dalam ribuan buku yang sudah dicetak selama kisah hidup manusia di muka bumi ini. 

Mulai dari buku yang membahas bisnis dari sisi motivasi, atau buku yang membahas teknik-teknik berbisnis, membahas tentang keuangan, bahkan tentang kesuksesan dalam penjualan.

Rahasia Sukses Berbisnis

Sejatinya apa sih yang yang dikatakan sebuah bisnis itu bisa sukses? Banyak yang bilang bahwa bisnis yang sukses itu bisnis yang menghasilkan banyak uang. 

Namun ada juga beberapa yang mengatakan sebuah bisnis yang sukses itu adalah bisnis yang bisa memperluas ekspansinya ke skala global. Dan tentunya pasti ada yang bilang bisnis yang sukses itu adalah bisnis yang bisa bermanfaat untuk banyak orang.

Tidak ada yang salah tentang semua pendapat di atas. Karena kesuksesan itu penilaian yang relatif. Tiap orang memiliki penilaiannya sendiri akan makna kesuksesan. Namun sepanjang pemahaman Kak Niken ada 3 ilmu dasar dalam berbisnis.

ERP untuk jasa
3 Kunci sukses berbisnis

3 Ilmu Dasar Berbisnis

Pertama adalah Finansial. 

Kenapa seorang bisnis owner wajib mengetahui dan memiliki pemahaman tentang keuangan? Tentunya karena sebuah bisnis di bangun dengan modal “uang”. 

Pemahaman tentang uang ini memberi pengetahuan tentang bagaimana sebuah bisnis mendapatkan uang dan berapa modal yang diperlukan untuk memastikan bisnis tetap berjalan. 

Kedua adalah Operation.

Jika modal adalah darah dari sebuah bisnis, maka operation adalah ototnya. Memahami tentang bagaimana bisnis kita beroperasi, melakukan service ke customer, memilih vendor atau supplier yang terpercaya hingga merekrut karyawan yang kompeten. 

Ketiga Sales dan Marketing

Ini adalah Oksigen bagi sebuah bisnis, untuk memastikan darah tetap mengalir dan bisnis tetap bergerak. Pembahasan tentang Sales dan Marketing ini sudah menjadi kisah yang diceritakan dari sejak jaman awal mula konsep ekonomi diperkenalkan.

Memahami masing-masing fungsi dan value dari ketiga variabel diatas adalah modal dasar rahasia sukses berbisnis. Dengan kata lain, perlu sistem penjualan dan distribusi serta keuangan yang baik . 

Kegagalan dalam memahami salah satunya ataupun tidak memahami sama sekali tentunya sangat beresiko besar dalam memulai sebuah bisnis. Karena jika diibaratkan dengan tubuh, untuk memastikan bisnis ini berjalan dibutuhkan ketiga variabel tersebut bekerja seirama.

Sistem ERP Indonesia

Sebagai bisnis owner, jika masih bisnis dalam skala yang kecil tentunya tidak akan terlalu disibukkan dengan pembahasan tentang bisnis automation. Tidak lain karena semua fungsi finance, operation, sales dan marketing kita kerjakan sendiri.

CEO (Chief Of Everything Officer) hehehe….semua kita kerjakan.

Namun saat bisnis kita mulai berkembang tidak lagi memungkinkan untuk semua kita kerjakan sendiri. Tentu sebagai bisnis owner akan merekrut karyawan yang kompeten dibidangnya untuk mempermudah pekerjaan kita sebagai pembuat keputusan dan lebih berfokus ke strategi bisnis.

Peran kita sebagai bisnis owner saat sudah memiliki proses bisnis otomatisasi tidak lagi melakukan pekerjaan operasional. Pekerjaan level operasional ini sudah didelegasikan ke ke karyawan. Jika bisnis operation masih menggunakan sistem manual akan ada resiko human error ataupun fraud.

Disinilah kita membutuhkan software Sistem ERP untuk merubah sistem manual menjadi sistem digital. Dengan kata lain membutuhkan Sistem Cloud ERP Manajemen Inventory.

Apa itu sistem ERP, merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning,. Sistem ini biasa digunakan untuk membuat perencanaan mengenai berbagai dalam perusahaan seperti keuangan, logistik, sumber daya manusia, perencanaan waktu, penggajian dan yang lainya.

Di sini Kak Niken coba memberi gambaran pengaplikasian software ERP untuk perusahaan distribusi. Sebut saja nama perusahaannya PT Dualever. 

PT Dualever ini adalah perusahaan distribusi yang membawahi banyak sekali brand dari bermacam-macam kategori produk. Perusahaan ini berskala internasional yang memiliki cabang di beberapa negara dan memiliki pabrik yang tersebar di ratusan kota.

Tentunya untuk mengambil sebuah keputusan strategis sebagai bisnis owner harus memiliki data valid tentang kondisi perusahaan. Yang mana data tersebut bisa diakses kapanpun di manapun dan terupdate real time.

Data ini bisa memberi informasi omset terupdate. Dimana sistem penjualan yang sudah terintegrasi dalam sistem ERP memberikan informasi dari cabang yang tersebar se-Indonesia.

Data tersebut bisa diolah sedemikian rupa dalam lingkup wilayah provinsi atau kepulauan. Dimana hasil akhir dari data ini kita bisa mengetahui apakah target penjualan pada bulan tersebut bisa tercapai.

Data dari sistem ERP ini juga bisa memberi informasi tentang ketersediaan supply bahan mentah. Yang terhubung dalam sistem pembelian dari vendor atau supplier yang tersebar diberbagai kota. 

Sehingga kita bisa mengetahui bahwa stok bahan mentah tidak berlebih atau kekurangan. Hasil akhirnya bagian keuangan bisa lebih efektif mengalokasikan budget operasional.

Tentunya dengan sistem ERP ini kita bisa mengetahui distribusi produk di customer. Dengan membuat sistem penjualan konsinyasi yang mengolah data stok produk yang terjual ke customer. Sehingga kita bisa memberikan peringkat customer kita sesuai dengan target omset yang telah dicapai.

Sistem cloud erp
Sistem Cloud ERP

Sistem Manajemen Inventory

Pengelolaan Sistem Manajemen Inventory dari hulu ke hilir untuk perusahaan adalah salah satu rahasia sukses bisnis ERP untuk jasa. 

Dengan manajemen inventory yang baik kita bisa mengalokasikan budget dengan efektif untuk memastikan stok bahan mentah tercukupi. Stok produk jadi yang berada di gudang secara efektif cukup untuk memenuhi kebutuhan pasar. 

Sehingga tidak ada stok menumpuk, atau bahan mentah kurang dan tidak terserapnya produk oleh pasar. Semua resiko yang bisa terjadi dari awal mula produk dibuat hingga sampai ke tangan customer telah di minimalisir secara efektif dengan pengaplikasian Sistem Manajemen Inventory yang baik.

Solusi Sistem Cloud ERP

Kasus diatas bisa teratasi dengan Sistem Manajemen Inventory yang dijawab dengan baik oleh solusi cloud ERP. Di mana semua proses manual bisa dilakukan otomatis dan bisa diakses oleh semua pihak yang berwenang mulai dari level Operator, Supervisor, Manager, Direktur hingga Bisnis Owner

Tentunya jika perusahaan menggunakan Cloud ERP Indonesia tidak akan ada di drama antar divisi karena tidak ada komunikasi yang baik.

Sistem manajemen inventory yang baik menandakan bahwa komunikasi antar divisi. Baik untuk meraih sebuah tujuan pertumbuhan perusahaan dan Ini dibutuhkan solusi Software. Mudahnya disebut, Sistem Cloud ERP Manajemen Inventory SystemEver.

 

Sistem ERP SystemEver

Pada masa digitalisasi kenormalan baru ini, software manajemen terpadu ERP akan menjadi solusi bagi pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya. Salah satu perusahaan penyedia layanan software ERP berbasis Cloud, SystemEver telah melakukan ekspansi ke Indonesia. 

Sistem manajemen inventory
SystemEver for Indonesia

 

Perusahaan penyedia layanan software ERP berbasis Cloud, SystemEver yang sejak tahun lalu ekspansi di Indonesia, telah melakukan IPO (Initial Public Offering) di bursa saham Korea Selatan pada bulan Agustus kemarin. Langkah tersebut dilakukan untuk memperkuat amunisi sistem dan teknologi adaptis yang sesuai dengan kebutuhan. 

Termasuk salah satunya menjadikan Indonesia sebagai pusat perkembangan ERP di Asia Tenggara. Karena Indonesia dinilai memiliki segudang potensi dengan iklim bisnis yang bergairah dan unik. 

Sistem Cloud ERP SystemEver merupakan produk perusahaan teknologi asal Korea Selatan yang berdiri sejak 1993 dan telah terdaftar di KOSDAQ (Korean Securities Dealers Automated Quotations). 

Oleh karena itu, software ERP SystemEver bisa di custom menyesesuaikan dengan budaya Indonesia dalam grand design SystemEver i-series. Sistem Cloud ERP Manajemen Inventory SystemEver di Indonesia meliputi bidang manajemen akutansi, distribusi dan perdagangan serta industri manufaktur. 

SystemEver Indonesia menyasar segmen pelaku usaha di kelas bisnis menengah (enterprise) dan SME (Small Medium Enterprise). Tentunya mereka optimis ini bisa menjadi solusi ERP yang diperhitungkan di dunia usaha. 

SystemEver merupakan satu-satunya software ERP yang memiliki keunggulan berupa fitur tampilan layar kerja Visual-K. Sehingga menurut Kak Niken ini mudah digunakan, simple, menarik serta jadi best operating system ever

Sistem Cloud ERP Manajemen Inventory SystemEver

Sistem ERP berbasis cloud mampu mengintegrasikan aliran data atau informasi dari beberapa departemen terkait. Sehingga memiliki implikasi pada transaksi bisnis dengan sistem keuangan real time. Pada akhirnya bisa lebih strategis dalam membuat keputusan di jajaran top level manajemen.  

Work Flow SystemEver 

Sistem Manajemen Inventory Cloud ERP Indonesia
Peta Integrasi SystemEver

Singkat cerita pembahasan bagan workflow :

Integrasi sistem dari SystemEver berbentuk sebuah portal online dengan kemudahan multi language yang bisa diakses user untuk saling berkomunikasi. User disini adalah karyawan kantor pusat, karyawan cabang atau karyawan cabang yang berlokasi di luar negeri. 

Tentunya ada admin ERP yang melakukan maintenance rutin agar portal online ini bisa berfungsi dengan maksimal. Sistem Cloud ERP ini memiliki  tampilan Visual K, dengan dashboard yang bisa diakses secara mobile

Dimana integrasi sistem cloud ERP memberikan kemudahan integrasi dan akses data ke divisi yang terdapat dalam sebuah perusahaan. Baik itu divisi HR, Sales, Akunting, Purchasing, Inventory dan Export Import. Integrasi ini bisa memberikan kemudahaan bagi masing-masing divisi untuk koordinasi secara efektif.

Contohnya saat divisi purchasing melakukan pembelian bahan mentah, maka divisi inventory akan mendapatkan notifikasi di dashboard SystemEver. Tentunya divisi sales juga mendapatkan notifikasi saat divisi inventory melakukan update produk. 

Kenapa Harus Sistem Cloud ERP SystemEver

Why Software Sistem ERP SystemEver
Why Software Sistem ERP SystemEver

Kita sebagai bisnis owner juga mendapatkan eagle view akan keadaan bisnis secara real time. Sehingga keputusan strategis lebih mudah dibuat berdasarkan data valid. Tidak lagi kerepotan akan menumpuknya berkas-berkas manual. 

Sistem Cloud ERP SystemEver ini juga bisa di integrasikan dengan sistem eksternal, seperti sistem perbankan, sistem perpajakan dan sistem barcode. 

Memudahkan sekali jika bisnis kita memang siap untuk menjadi perusahaan berskala dunia. Jadi berbisnis itu mudah kan? 

Tentunya dengan sistem support yang tepat untuk 3 Rahasia Sukses Berbisnis akan jadi lebih mudah untuk sukses. Percayakan bisnis automation process perusahaan anda kepada Sistem Cloud ERP Manajemen Inventory Systemever.

 

 

 

33 thoughts on “Sukses Berbisnis dengan Sistem Cloud ERP Systemever”

  1. Kalau bisa disimpulkan memang kudu kolaborasi cantik ya antara stakeholder, pebisnisnya dan software sistem yang dimilikinya agar makin lancar bisnis yang dijalankan

    Reply
  2. Sekarang banyak teknologi yang bisa bantu kita dalam berbisnis kaya Software Sistem ERP SystemEver. Jadi gak semua hal manual ya apalagi kalau kita gak pintar-pintar amat. Mari percayakan pada yang mampu, jangan kerjain sendiri

    Reply
    • Menjadi pebisnis itu kudu banyak ilmunya ya. Dari manajemennya sendiri, inventory, dan lainnya. Untung aja sekarang ada Sistem ERP SystemEver, bisa banget membantu kita untuk menjalankan roda bisnis. Karena kalau dicakup sendiri, ampuun deh, rempoongnyaaa.

      Reply
  3. Sekarang sudah banyak perusahaan yang menerapkan sistem ERP ini. Beberapa waktu yang lalu saya cari software akuntansi, eh yang ditawarkan malah software ERP. Saya pelajari dalamnya, memang bagus koq sistem ini. Berharap suatu hari nanti kami juga pake sistem ERP.

    Reply
  4. Masing-masing orang saat usaha punya target sendiri ya dalam kata sukses. Tapi supaya bisa sesuai tearget suskes harus menerapkan ilmu dasar berbisnis dulu seperti yang ditulis di postingan ini ya. Pakai sistem ERP membantu pebisnis dalam menjalankan usahanya, jadi bisa terkontrol ya

    Reply
  5. Bermacam-macam perspektif tentang bisnis ini ya mba. Memang semakin go internasional pasti dibilang sudah sukses tapi benar juga ada pebisnis yang sekedar sudah bisa bermanfaat orang lain pun dikatakan sukses. Dengan adanya sistem begini pastinya lebih terkontrol dan mudah diurus ya bisnisnya tapi memakai sistem begini pun saya belum paham.

    Reply
  6. Bermacam-macam perspektif tentang bisnis ini ya mba. Memang semakin go internasional pasti dibilang sudah sukses tapi benar juga ada pebisnis yang sekedar sudah bisa bermanfaat orang lain pun dikatakan sukses. Dengan adanya sistem begini pastinya lebih terkontrol dan mudah diurus ya bisnisnya tapi memakai sistem begini pun saya belum paham. Tapi bisa dipelajari tentunya nanti nih agar lebih memahami.

    Reply
  7. Jadi intinya, kalo pake sistem cloud ERP ini, bisnis owner gak perlu repot² bikin planning bisnisnya ya kak. Integrasi struktur perusahaan juga jelas dan tinggal atur di sistem aja ya

    Reply
  8. wah sister ERP ini ngebuat perusahaan lebih mudah ngecek stock secara real time yaaa.. Memudahkan sekali berarti utnuk sebuah perusahaan ya

    Reply
  9. Aku baca artikel ini pelan-pelan, karena belum pernah denger tentang ERP sebelumnya. Trus jadi dapet pengetahuan deh dari sini. Pake ERP SystemEver pasti akan memudahkan para pelaku bisnis yang bisnis nya sudah besar ya

    Reply
  10. sejujurnya ya kak aku baru tau ini tentang ERP ini
    ternyata bisa sangat memudahkan para pelaku usaha ya kak. memang sih di industri 4.0 ini kita dituntut untuk upgrade ilmu dan selalu mengikuti perkembangan teknologi. karena pada dasarnya setiap teknologi diciptakan untuk memudahkan pekerjaan

    Reply
  11. Bisnis makin mudah aja di jaman now ini. Jadi udah gak ada alesan takut berbisnis lagi, nih. Semua bisa dipelajari, semua bisa pakek sistem.

    Reply
  12. Aku abis nonton drakor start-up jadi lumayan terbuka sih wawasan soal memulai sebuah bisnis, gak seindah yang kita bayangkan, karena memulai bisnis itu banyak bgt yang harus dilakukan, bener banget tuh chief of everything officer… buat yg mau bisnis boleh nih pelajarin sistem cloud erp ini nih

    Reply

Leave a Comment