Seperti Apa Standar Baru Sistem Keamanan Gedung di Era New Normal?

Sistem keamanan gedung adalah hal yang harus Anda jaga sebagai pemilik bangunan dan sangat penting untuk diterapkan. Kondisi sekarang ini hendak mengajak masyarakat untuk memasuki era normal, sehingga ada beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan. 

Istilah ini memang sering dianggap sepele oleh masyarakat, bahkan tidak dianggap penting dan diperhatikan. Padahal, sistem keamanan gedung yang akan melindungi gedung dari segala bahaya seharusnya patut untuk diprioritaskan. 

Kini, setiap orang dituntut untuk beradaptasi dengan cara kerja yang baru dengan tata cara, sampai sistem proteksi baru. Perencanaan tersebut tidak boleh mengabaikan bahwa ancaman dan kerentanan bisa menimbulkan risiko yang timbul sebelumnya. 

Dampak untuk Pemilik Gedung Jika Tidak Menjaga Keamanan

Seiring dengan adanya pandemi Covid-19, sistem keamanan gedung pun berubah. Tidak hanya aman dari kasus kriminal, bangunan juga akan terhindar dari bakteri maupun virus sebagai penyebab penyakit. Perumahan, perkantoran, pusat perbelanjaan, dan gedung saat ini sangat memperhatikan keamanan dari segi kesehatan. 

Namun, tidak hanya itu saja karena kamera pengawas yang merekam siapa saja pengunjung gedung mall atau bangunan tertentu, dapat tertangkap, bahkan teridentifikasi. Jika kelihatannya asing dan membahayakan, pihak keamanan dapat menindaknya. Bisa juga, saat seseorang yang tidak diperbolehkan masuk, justru tetap memaksa dan membahayakan banyak pihak lainnya. 

Keunggulan Sistem Keamanan Bangunan dengan CCTV

Tidak hanya menggunakan termometer infra merah dan penyediaan hand sanitizer, CCTV camera sebagai pengawas tempat dari setiap sudut juga sangat diperlukan. Apa manfaat yang dapat diperoleh jika menggunakan kamera pengawas untuk mengoptimalkan sistem keamanan gedung? 

  • Memaksimalkan Physical Distancing

Pengaturan jadwal kebersihan dan desinfeksi secara berkala adalah salah satu contoh atau metode yang dapat diterapkan untuk memaksimalkan Physical Distancing. Namun, kamera pengawas dapat menjadi bukti bahwa masyarakat tidak boleh berkerumun jika tidak ingin tertangkap kamera dan memperoleh sanksi. 

Bayangkan saja jika tempat-tempat tersebut tidak dilindungi oleh sistem keamanan, pastilah virus Covid-19 semakin menyebar dan menimbulkan bahaya untuk seluruh masyarakat. Karena tidak hanya satu orang saja yang terdampaknya, seluruhnya pun ikut merasakan. Jadi, tentunya sistem ini akan sangat membantu.

  • Mudah untuk Menggunakannya

Mengapa dibilang mudah dalam penggunaannya? Rekomendasi CCTV generasi sebelumnya masih mengandalkan digital video (DVR) untuk menyimpan bentuk gambar yang bergerak, sedangkan penggunaan IP Camera lebih sederhana dan dapat terkoneksi langsung dengan internet. 

Sebagai gantinya, IP Camera memanfaatkan perangkat yang memiliki aplikasi Network Video Recording (NVR). Pemilik gedung pun bisa merekam video, dan mengakses format digitalnya. Kemudian menyimpan dalam perangkat penyimpanan. 

  • Bisa Ditempatkan Dimana Saja

Akses tersebut dapat memberikan kesempatan untuk karyawan, yang ingin memasuki lobi sampai ruang khusus karyawan. Di gedung pusat perbelanjaan, ini sangatlah penting karena dapat menjamin keselamatan penjaga toko ataupun banyak penghuni tempat. 

sistem keamanan di era pandemi
Pict by Sentra Wisata

Sistem Keamanan Terintegrasi Software HikCentral Enterprise

Perangkat yang dapat menjamin keamanan tersebut dapat menggunakan perangkat khusus layaknya laptop dan televisi, sehingga terhubung dengan software maupun internet khusus adalah mudah. Jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa jaringan internet sudah stabil. Semuanya sudah dimiliki oleh Hikvision yang dibuat dengan teknologi untuk proteksi yang paripurna sebagai berikut:

  • Hikvision memadukan teknologi IoT, analisis data besar, pengenalan wajah, dan sebagainya, sehingga aplikasi terpadu dan cerdas bisa diterapkan manajemen perusahaan. 
  • Perangkat lunak keamanan ini dirancang untuk empat industri seperti ritel, komersial, industri serta pendidikan. Setiap produknya mempunyai fitur spesifik yang tidak hanya berperan dalam keamanan. 
  • Karena HikCentral Enterprise termasuk platform terbuka, maka bisa diintegrasikan secara mudah bersama sistem lainnya, seperti rekomendasi CCTV yang telah dijelaskan sebelumnya. Dengan adanya sistem terintegrasi maka akan tercipta efisiensi sumber daya keamanan gedung. Jika sistem akses kontrol yang diterapkan terintegrasi, maka pengelola gedung bisa mengawasi berbagai aspek keamanan hanya dengan satu sistem sentral. Dengan penerapan ini, maka biaya pengamanan tambahan bisa diminimalisir, karena tidak perlu menempatkan petugas keamanan di setiap lantai. 
  • Integrasi sistem keamanan merupakan hal yang perlu direncanakan, mempertimbangkan peralatan, sumber daya pengelola, hingga perangkat lunak sistem sentral. Hikvision mampu mengakomodasi keamanan bangunan komersial. Caranya dengan mengintegrasikan informasi keamanan dengan menyatukan keamanan video. Misalnya di tempat parkir, tempat kontrol akses dan sistem lainnya. Produk untuk komersial ini juga memiliki fungsi pemetaan interaktif sehingga membantu manajemen intuitif pada setiap sumber daya. Jadi, sumber daya yang dimaksud seperti input serta output alarm, kamera, pencarian alarm berdasarkan historis hingga area panas. Dengan sistem operasi bagi server, CentOS 7.2 (64-bit), CentOS 7.4 (64-bit) serta CentOS 7.6 (64-bit). Sementara, sistem operasi untuk control client yaitu Microsoft Windows 7 32-bit/64-bit dan Microsoft Windows 10 64-bit. Untuk versi browser yaitu Internet Explorer 10/11 dan di atasnya 32-bit serta Chrome 35 dan di atasnya 32-bit. 

Dengan merujuk pada fungsi dan urgensi dari rekomendasi CCTV terbaik yang didukung software berkualitas, maka dapat disimpulkan bahwa sangat penting bagi Anda untuk membelinya. Jangan salah pilih, karena HikCentral Enterprise akan bisa mengakomodasi semua kebutuhan atas proteksi yang mumpuni.  

Software ini akan dapat memaksimalkan proteksi Anda mulai dari sekarang, sehingga gunakan untuk menjadikannya nyata di masa new normal. Segera pasang CCTV yang terintegrasi Artificial Intelligence tersebut. 

Leave a Comment