Software Akuntansi Terbaik untuk UMKM, Apa Saja?

Pengelolaan keuangan menjadi sesuatu yang sangat penting bagi bisnis, baik bisnis berskala besar ataupun bisnis berskala besar seperti UMKM. Memiliki software akuntansi terbaik bisa menjadi cara mudah buat kamu yang ingin mengelola keuangan bisnis dengan baik. 

Paragraf diatas jleb banget bagi Kak Niken. Jadi ingat pernah punya pengalaman kurang menyenangkan dalam pengelolaan tata keuangan untuk usaha. Sistem pemasukan dan pengeluaran yang tidak dipisah, pencatatan yang sering keselip, dan lainnya. 

Akhirnya usaha mainan edukatif yang dibangun tahun 2018 lalu pun gulung tikar. Beberapa waktu lalu dapat informasi dari teman, ternyata ada cara yang sangat mudah untuk pengelolaan keuangan. Yaitu menggunakan software akuntansi. 

Fitur-fitur yang ada di software akan membantu mempermudah pengelolaan keuangan bisnis ini. Kamu tidak perlu lagi membuat laporan keuangan secara manual, karena software akuntansi akan membuatnya secara otomatis dari data-data yang telah kamu masukan ke server.

Software akuntansi
Software akuntansi

Bagi kamu yang belum mengetahui apa itu software akuntansi, berikut penjelasan dari Kak Niken:

Pengertian Software Akuntansi

Sebelum melangkah lebih jauh, perlu diketahui lebih dulu apa itu software akuntansi. Software akuntansi merupakan sebuah perangkat lunak yang didalamnya dilengkapi fitur-fitur akuntansi yang akan memudahkan penggunanya dalam melakukan pengelolaan keuangan. 

Dengan software ini kamu tidak perlu lagi melakukan pencatatan secara manual maupun memasukan rumus-rumus seperti halnya pencatatan keuangan di Microsoft Excel. Hehe… kebayang kan bagaimana lelahnya kalau bekerja manual? 

Maka dengan menggunakan software, kamu hanya perlu melakukan input dana dan seluruh proses pengelolaan keuangan akan dilakukan oleh software akuntansi ini.

Manfaat Software Akuntansi untuk UMKM

Menggunakan perangkat ini tentu memiliki beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh semua penggunanya. Apa saja manfaatnya untuk UMKM?

  1. Kamu tidak perlu menuliskan rumus-rumus untuk menghitung data-data yang ada di laporan keuangan. Software ini yang akan mengambil semua peran rumus tersebut dan kamu hanya perlu melakukan input data ke dalam software tersebut.
  2. Dengan bantuan software akuntansi terbaik yang dimiliki tentu kamu bisa lebih memanfaatkan waktu yang biasanya digunakan untuk membuat laporan keuangan untuk kepentingan bisnis lainnya.
  3. Dengan fitur-fitur yang dimiliki oleh software ini, kamu tidak perlu mengerjakan tenaga ahli dan bisa lebih menghemat pengeluaran bisnis.
  4. Kamu bisa meminimalisir kesalahan yang biasanya terjadi pada pengelolaan keuangan manual dengan penggunaannya. Hal ini dikarenakan software memiliki sistem yang profesional dan smart yang membuatmu tidak perlu melakukan pencatatan satu per satu.
  5. Dapat membantumu untuk mengamankan data. Dengan cara melakukan pengaturan siapa saja yang bisa mengakses data-data keuangan bisnismu dan dapat mengurangi tingkat kecurangan.
  6. Dengan sistem cloud yang dimiliki oleh software akuntansi, kamu dapat mengaksesnya dari mana saja, bahkan ketika kamu sedang jalan-jalan ke luar negeri.
Software akuntansi terbaik
Software akuntansi terbaik

Software Akuntansi Terbaik untuk UMKM

Setelah mengetahui pengertian dan manfaatnya, berikut beberapa software akuntansi terbaik yang Kak Niken rekomendasikan buat kamu pemilik UMKM:

  • Kledo

Software akuntansi pertama yang wajib dicoba adalah software akuntansi dari Kledo. Kledo merupakan software akuntansi berbasis cloud yang didalamnya dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan UMKM. 

Kledo memiliki 3 (tiga) paket yang bisa dipilih, yaitu paket gratis selamanya, paket pro, dan paket elit. Paket gratis selamanya bisa dinikmati oleh pengguna secara gratis selamanya, namun terbatas untuk beberapa fitur lainnya. Sedangkan jika pengguna ingin menggunakan semua fitur secara lengkap, pengguna harus memilih paket pro dan paket elit.

  • GNUCash

GNUCash merupakan salah satu software akuntansi yang telah dikenal oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan GNU Cash didesain dan diperuntukan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM. 

GNUCash ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan, yaitu mulai dari account invoicing, receivables, account payables, account investasi, depresiasi nilai, pajak, akun kredit, dan pinjaman. 

Selain itu, dengan GNUCash, kamu juga bisa melacak pendapatan, rekening bank, beban, dan juga saham. Namun GNUCash ini untuk menggunakannya kamu harus mendownload terlebih dahulu dan menginstalnya di laptop atau computer. 

  • Wave

Wave menjadi software akuntansi UMKM yang direkomendasikan Kak Niken selanjutnya. Wave bisa kamu gunakan secara gratis dan dilengkapi dengan fitur-fitur seperti invoice, pencatatan laporan keuangan, hingga membuat kwitansi secara online. 

Wave juga memungkinkan bagi kamu yang ingin menghubungkan rekening bank dan kartu kredit tanpa batasan ke dalam pembukuan. Software akuntansi gratis ini juga telah digunakan oleh ratusan ribu pengguna di seluruh dunia baik versi gratis ataupun yang berbayar.

  • Zipbook

Yang juga cocok digunakan oleh UMKM adalah Zipbook. Zipbook merupakan software akuntansi yang cukup lengkap meski dapat digunakan secara gratis. Zipbook ini juga sangat cocok buat kamu yang ingin menggunakan software akuntansi untuk pekerjaan freelance atau tenaga lepas. 

Zipbook menyediakan live chat buat penggunanya yang membutuhkan bantuan dalam menggunakan Zipbook, namun kamu harus menyesuaikan jam kerja di luar negeri karena Zipbook belum ada di Indonesia.

Software akuntansi kledo
Software akuntansi kledo

Kesimpulan

Meskipun masih berusaha usaha kecil, UMKM juga wajib mengelola keuangan dan juga SDM dengan baik. Nah, kalau baca banyaknya kemudahan menggunakan software akuntansi seperti yang dipaparkan diatas, Kak Niken mulai berpikir untuk menjalankan usaha mainan edukatif anak dengan perencanaan terstruktur lagi nih. ^.^

Sebagai pelaku UMKM penting banget menggunakan software akuntansi untuk memudahkan pengelolaan keuangan dan pilihlah software akuntansi terbaik yang sesuai untuk usaha yang sedang kamu kembangkan.

 

7 thoughts on “Software Akuntansi Terbaik untuk UMKM, Apa Saja?”

  1. Banyak juga ya pilihan software pengelolaan akuntansi untuk UMKM. Mau ga mau harus dipelajari yah, supaya UMKM bisa lebih maju, karena software kan mempercepat pekerjaan kita.

    Reply
  2. saya pernah membaca, Mbak. Memang kalau usaha, pengeluaran dan pemasukan harus dipisah. bahkan wajib dicatat rinci. Lalu jangan lupa juga, katanya untungnya atau labanya langsung disisipin.
    Dan keren ya, dengan software akuntasi ini sangat membantu mengelolah keuangan usaha.

    Reply
  3. Penting banget ini untuk mencatat setiap transaksi keuangan di bisnis secara disiplin, bahkan di level UMKM sekalipun. Terkadang kalau hanya memperhatikan dari uang yang diterima saja, bisa-bisa tanpa terasa ternyata usahanya rugi. Banyak yang mengalami kejadian ini.

    Reply
  4. ternyata meskipun gratis software-software ini bisa banget ya membantu pencatatan akuntansi bagi UMKM ya, jadi gak perlu repot lagi ini mencatat manual.
    Ayoo Kak, bangun kembali usahanya, apalagi usaha mainan anak itu pasti banyak peminatnya. 🙂

    Reply

Leave a Comment