Container Box, Solusi Efektif dan Efisien Pindah Rumah Keluar Kota

Pindahan rumah memang bukan suatu hal yang mudah dilakukan bagi kak Niken. Nggak pernah terpikirkan oleh Kak Niken pada 2019 akhirnya harus pindah rumah keluar kota setelah lahir dan besar di kota Metropolitan, Jakarta.  

Membayangkan akan tinggal di lingkungan baru dan mulai berteman dengan orang-orang yang baru adalah tantangan bagi seorang introvert sepertiku. Di satu sisi, juga memikirkan apa yang harus dipersiapkan untuk pindah rumah. 

Dimulai dari mana? Ada nggak sih cara mudah kemas barang pindah rumah? Karena barang yang paling banyak yaitu mainan serta buku-buku anak. Total ada 3 rak besi dan 1 rak plastik. Kedua jenis barang ini yang paling mendominasi isi rumah kami. 

Apalagi kami akan menempuh perjalanan cukup panjang, dari jakarta ke Malang, total hampir satu hari perjalanan. Ah… membayangkannya saja sudah tak sanggup. Pastinya akan menguras tenaga, biaya, serta waktu lebih banyak. 

Namun, perlahan Kak Niken membuat list pindahan barang sekaligus menghibahkan beberapa barang yang sudah jarang terpakai. Dibawah ini ada cara yang Kak Niken lakukan untuk tips pindahan rumah secara praktis dan efisien. 

kemas barang pindah rumah keluar kota
Kemas barang pindah rumah keluar kota

Cara Mudah Kemas Barang Pindah Rumah Keluar Kota

Berikut ini tips mengemas barang ala Kak Niken yang praktis dan efisien, diantaranya: 

  • Persiapkan berkas-berkas dan barang penting

Hal utama yang Kak Niken soroti yaitu mengenai berkas-berkas dan barang penting. Entah itu berkas pekerjaan, buku nikah, surat tanah (kalau punya wkwkwk), dokumen atau kendaraan bermotor, perhiasan, dan lainnya.  

Barang tersebut sebaiknya dikemas terlebih dahulu dan dipisahkan dari barang-barang lainnya. Bisa menggunakan koper atau container box

  • Hibahkan barang yang sudah tak diperlukan

Seperti yang tadi Kak Niken bilang, ada beberapa barang yang mungkin sudah tidak terpakai. Atau misalnya ada barang yang belum akan digunakan dalam waktu dekat, maka sebaiknya dihibahkan saja. 

Istilahnya decluttering yang berarti kegiatan bersih-bersih dengan cara menyortir semua barang di rumah. Kemudian menyingkirkan barang-barang yang memang sudah tidak diperlukan.

Hal yang Kak Niken lakukan, menghibahkan barang-barang sandang untuk mengurangi banyaknya barang bawaan untuk pindah rumah ke luar kota, antar provinsi.   

  • Bungkus barang menurut fungsi dan materialnya

Ini satu hal yang sangat penting. Apalagi ada 2 rak buku dan 2 rak berisi mainan, maka kami perlu mengklasifikasi barang-barang tersebut. Ditambah dengan peralatan dapur, pakaian, dan juga alat rumah tangga lainnya. 

Pisahkan furniture dengan barang pecah belah. Jangan lupa untuk barang pecah belah di bungkus dengan bubble wrap terlebih dahulu. Pisahkan barang yang memiliki bobot berat dengan barang plastik atau ringan. 

Beri nomor atau label dan lakukan pencatatan terhadap seluruh box yang kita miliki. Pemberian label ini akan memudahkan kita saat hendak menatanya kembai di tempat baru. 

Barang yang sudah kita kemas tersebut bisa dimasukkan kedalam kotak penyimpanan. Bisa berupa kardus atau container box sebagai tips pindahan rumah praktis. Namun, biasanya jika menggunakan kardus ada kejadian kardus penyok atau terkena air sehingga akan merusak barang-barang kita. 

Maka yang kak Niken lakukan yaitu dengan menggunakan kontainer box plastik. Kebetulan sebelum pindah rumah, kami memang suka membeli container box multifungsi untuk tempat beberapa barang. 

Container Box SEALFRESH
Container Box SEALFRESH

Manfaatkan Container Box Untuk Pindah Rumah Keluar Kota

Berdasarkan pengalaman Kak Niken pindah rumah keluar kota, menggunakan kontainer box ini memang lebih aman dan praktis. Karena kontainer box terbuat dari bahan plastik sehingga jika terjadi benturan atau terkena efek cuaca (misalnya hujan) masih tetap aman. 

Karena saat pindah rumah kita nggak bisa kontrol secara langsung si kurir. Apakah selama perjalanan kondisi jalanan aman dan tanpa lubang atau lainnya. Terbukti beberapa barang kami yang hanya di kemas menggunakan kardus ada beberapa yang penyok dan kondisi sudah tidak sempurna. 

Sedangkan sisa lainnya yang kami packing menggunakan container box plastik, aman dan masih utuh. Memang nggak salah sih kalau memanfaatkan container box untuk solusi pindahan rumah. 

Container Box Shinpo, Solusi Efektif dan Efisien

Salah satu container box yang Kak Niken rekomendasikan yaitu Shinpo. SHINPO merupakan produsen produk-produk rumah tangga dan furniture plastik (plastic houseware & furniture).

Seprti yang kita tahu bahwa produk-produk Shinpo sudah terpercaya di kalangan masyarakat Indonesia sebagai produk anak bangsa terbaik. Karena mereka selalu menjaga kualitas bahan dan juga fungsi produk yang serbaguna dan praktis. 

Oiya, Shinpo punya beragam jenis produk dengan varian ukuran dan desain container box yang sesuai kebutuhan kita. Baik itu untuk kebutuhan di rumah, di kantor, maupun di tempat umum. 

Pas banget dibulan September 2021 ini Shinpo meluncurkan produk barunya, yaitu Container Box SEALFRESH – SIP 155 S dan SIP 155 L. Uwoww… Kak Niken auto ngelirik banget nih.

Saat ini kami membutuhkan box kontainer plastik seperti ini untuk menampung beberapa barang. Karena kami memang memiliki rencana untuk pindah rumah lagi. Hehe.

Keunggulan produk Container Box Shinpo 

Adapun keunggulan container box SEALFRESH – SIP 155 S dan SIP 155 L dari Shinpo, yaitu : Lebih tebal, kuat dan memiliki struktur yang kokoh sehingga tidak mudah pecah. Ada seal karet silikon di bagian tutup/cover + 4 klip yang lebih kuat sehingga lebih kedap udara dan air (anti bocor). 

Bisa ditumpuk sehingga ruangan kita bisa lebih rapi dan hemat tempat. Desain yang dihadirkan juga minimalis dan praktis, maka mudah untuk dibawa dengan handle yang kuat & nyaman. Apalagi jika diangkat-angkat ketika pindahan rumah, butuh banget yang kokoh dan tahan banting.

Nggak perlu khawatir dengan keamanan bahan plastiknya karena sudah food safe, BPA-Free, tidak bau kimia (odorless). So, aman juga untuk wadah makanan. 

Container box Shinpo
Container box Shinpo

Bagaimana dengan ukurannya? Terdapat 2 ukuran yaitu 17 liter dan 24 liter. Dengan 3 varian warna yang menarik, yaitu biru, hijau, dan jingga. 

Sesuai dengan jenisnya, kontainer box ini sangat multifungsi. Bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan:  Snack yang sudah dibuka bungkusnya, biar tidak alot/melempem, bumbu dapur, alat-alat kantor, mainan, perkakas, dan perlengkapan. 

Untuk informasi lebih jelas bisa follow akun Instagram Shinpo di @shinpoplastics. Bisa juga ke agen Shinpo: www.shinpo.co.id/partners, LAZADA: https://www.lazada.co.id/shop/shinpo/, dan SHOPEE: https://shopee.co.id/shinpo.id

Sudah siap pindah rumah keluar kota lagi? Tenang aja, karena ada Shinpo solusi praktis dan efisien untuk pengemasan barang-barang kita.  

23 thoughts on “Container Box, Solusi Efektif dan Efisien Pindah Rumah Keluar Kota”

  1. Bener banget. Saya juga dulu pas pindahan. Milah dulu, baru dihibahkan. Terutama memag yang bakal bermanfaat buat orang. Nah kalau kontainer kayak gini, sepertinya juga cocok buat simpan pakaian ya after pindahan.

    Reply
  2. Sama ih mba ken aku juga lebih suka container box gini untuk angkut barang2 yangg mau dipindahin. lebih rapi dan ringkas, dan dilihatnya juga lebih enak dibanding kardus yaa wkwk

    Reply
  3. Saat saya harus pindah dari Semarang untuk pulang kampung ke Madura juga begitu. Ada barang-barang yang harus saya pindahkan terlebih dahulu. Kebanyakan sih buku-buku. Jadi hanya butuh satu box gitu.

    Makanya nggak kepikiran buat beli box plastik kayak Shinpo ini. Pakainya box karton.

    Eh sampai rumah kartonnya penyok-penyok dong. Haduh. Memang nggak ada barang yang ilang. Tapi jelas bentukannya udah nggak sama lagi. Sedih akutu….

    Reply
  4. orang tuaku dulu pindah2 tapi aku kayaknya nggak pernah bantu beres2 dan orang dulu cuma bawa kardus2.. beberapa barang dijual dan dihibahkan biar ga beratw bawanya

    Reply
  5. Thanks buat tipsnya mbak! Pas banget dalam waktu dekat ini aku mau pindah dan berdasarkan pengalamanku yang udah beberapa kali pindah rumah ini, kontainer box emang andalan banget sih karena meski plastik ga gampang pecah!

    Reply
  6. Iya nih daripada pakai kardus lebih aman pakai kontainer. Juga bisa langsung jadi tempat penyimpanan jika belum sempat ditata lagi.

    Reply
  7. Shinpo ini memang bagus yaa, saya juga pakai ini dirumah awet banget, bahannya tebal udah didudukin anak-anak tetep awet

    Reply
  8. Container box ini manfaatnya macem-macem banget lho. Kalau yang gak pindahan, di rumah bisa dijadikan tempat mainan anak biar gak berantakan.

    Reply
  9. Dari kecil aku tuh suka berpindah-pindah dari kota satu ke kota lainnya. Eh ketemu istri yang punya nasib serupa. Jadinya kami tuh sebetulnya males banget untuk pindahan. Tapi apa dikata, karena pekerjaan, akhirnya harus pindah kota juga.
    Bener banget, kontainer box seperti ini sangat membantu, terutama kalau rentang waktu kepindahan yang pendek. Aku bahkan jarang mengeluarkan isi dari kontainer box kalau ada perkiraan akan pindah lagi dalam waktu dekat.

    Reply
  10. Nah kebayang deh ribetnya pindahan keluar kota. Bikin capek banget masalah packingnya. Untung ada container box shinpo. Pasti lebih memudahkan pindahan karena praktis dan efisien.

    Reply
  11. Kalau daku pakai Container Box jadi lebih rapi buat menyimpan berkas, apalagi dokumen dan sertifikat. Jadi aman isinya dari debu

    Reply
  12. setuju banget kak niken apalagi aku sering banget pindah pindah kontainer kayak gini bisa jadi solusi jitu dan efektif untuk milah milah barang barang.

    Reply
  13. Aku punya 25 kotak merek Shinpo ini loh kak. Aku kemarin abis pindahan dari Jakarta ke Kediri. Aku naikin ke kereta. Sampe bayar 1,2 juta buat kirim semuanya plus sepeda lipat. Hahaha. Praktis banget dibandingkan kardus yang bisa penyok. Barang semua aman dan tdk tercecer. Bukuku juga aman krn ga mudah kena rayap.

    Reply
  14. Wah iya nanti suamiku mau pindahan, jadi inget harus stock banyak kontainer hahaha. Dan juga menghibahkan barang-barang yang sudah ga perlu lagiii

    Reply
  15. menyimpan barang jadi mudah dan rapi kalau pake kontainer. Jadi gampang diangkut kesana kemari kalau sudah begini ya kak. Aman ngga berantakan

    Reply
  16. Bagus nih, buat nyimpen stok camilan anak-anak. Buat nyimpen alat tulis oke juga biar gak bececeran. Nah, kalau pindahan pastinya butuh banyak ya. tapi enaknya barang pasti aman dan bisa dipakek lagi. Jadi pengin beli juga buat ngerapihin barang-barang.

    Reply
  17. wah kebetulan banget selasa besok saya pindahan bawa barang-barang, benar juga kayaknya dipilah dulu ya sebelu dibawa, biar ga kebanyak barang yang ga dipakainya, dan better dibagikan kesemuanya

    Reply
  18. Buat aku yang banyak printilan fotografi, container ini sangat bermanfaat
    Bisa membantu saya untuk mengemas barang dengan mudah sesuai jenisnya

    Reply
  19. Saya penasaran dengan harganya mbak. Karena biasanya ukuran kecil saja sekitar 99 ribu. Atau mungkin tergantung bahan. Soalnya saya 2x pindahan pakai kardus semua dan memang benar bisa penyok, bisa basah dll

    Reply
  20. Gak kebayang kalo pindahan ke luar kota gimana ngurusin barang-barangnya. Palingan aku beberapa kali pindahan antara kampung halaman & rumah suami yg barangnya pun mayoritas pakaian aja. Makasih tips pindahannya, Mbak.
    Pake kontainer ternyata Membantu banget ya. Daripada kardus yg khawatir jebol.

    Reply
  21. container box shinpo ini salah satu andalanku, model bervariasi dan tahan lama. Aku ada lemari container yang udah dari tahun 2006 hahahaha.

    Reply
  22. Pas banget lagi sementara packing barang-barang untuk persiapan pindahan minggu depan. Beberapa masih pake kardus sih karena pertimbangan jarak rumah baru lumayan dekat, tapi barang pecah belah packingnya pake container box

    Reply

Leave a Comment