Strategi UMKM Digital dalam Memaksimalkan Customer Retention

Memaksimalkan retensi pelanggan untuk strategi UMKM digital menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam membangun bisnis. Customer retention marketing bukan merupakan tindakan yang bisa selesai dalam waktu satu hari, ini merupakan strategi yang sangat penting pada sebuah UMKM digital.

Customer retention sendiri merupakan tindakan marketing yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan pelanggan lama. Dengan kata lain, retensi pelanggan erat kaitannya dengan loyalitas pelanggan. Strategi ini merupakan keseluruhan proses dari awal customer melakukan pembelian pertama sampai mereka melakukan pembelian lagi.

Selain itu, strategi mempertahankan pelanggan lama membutuhkan biaya yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan usaha yang harus dilakukan untuk menarik pelanggan baru.

Strategi UMKM Digital dalam Memaksimalkan Customer Retention

Penasaran bagaimana strategi UMKM digital dalam memaksimalkan retensi pelanggan? Simak penjelasanya berikut.

Memberikan Kesan Pertama yang Positif

Tidak akan ada kesempatan kedua untuk memberikan kesan pertama kepada calon pelanggan Anda. Jadi, dalam memaksimalkan customer retention, Anda harus berupaya untuk memberikan kesan pertama yang positif dan pelayanan terbaik sehingga calon pelanggan selalu mengingat citra bisnis Anda.

Jika Anda merupakan pelaku UMKM digital, jangan lupa untuk memberikan layanan live chat pada toko online yang Anda miliki sehingga pelanggan dapat dengan mudah bertanya jika ada yang kurang dimengerti. Ingat, tidak hanya kecepatan saja yang dinilai oleh pelanggan, melainkan pelayanan yang sopan dan membantu juga harus diperhatikan agar pelanggan merasa lebih terhubung.

Selain itu, dengan memberikan kesan positif dan pelayanan terbaik, kemungkinan pelanggan untuk membeli kembali produk yang Anda jual dan merekomendasikannya ke orang lain (word of mouth) akan jauh lebih besar.

Tetap Terhubung dan Meminta Feedback Pelanggan

Strategi lain yang dapat Anda terapkan untuk memaksimalkan retensi pelanggan pada UMKM digital adalah berusaha untuk tetap terhubung dengan pelanggan. Dalam hal ini, Anda perlu menjalin komunikasi sehingga pelanggan tetap mengingat bisnis Anda.

Instant messaging marketing menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan retention of our customer. Pelaku UMKM digital dapat memanfaatkan aplikasi chat bisnis untuk membangun hubungan positif. Melalui media tersebut, Anda dapat dengan mudah memberikan informasi atau update terbaru, promo khusus, dan bahkan ucapan selamat ulang tahun kepada setiap pelanggan setia Anda.

Selain itu, jangan lupa untuk meminta feedback atau tanggapan dari pelanggan secara berkala melalui survey dengan tujuan agar Anda dapat memperbaiki aspek yang kurang maksimal pada bisnis sampingan atau bisnis utama Anda.

customer retention
customer retention

Program Loyalitas Pelanggan

Loyalty program atau program loyalitas pelanggan merupakan program yang dirancang perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap brand Anda. Program ini juga dikenal sebagai strategi customer retention karena secara efektif dapat mendorong pelanggan melakukan transaksi berulang.

Ada berbagai macam program loyalitas yang dapat Anda implementasikan pada UMKM digital, yang diantaranya adalah pemberian poin atau voucher, potongan harga, produk gratis, cashback, undian berhadiah, dan berbagai macam penawaran menarik lainnya.

Melalui program tersebut, imbalan yang diperoleh akan mendorong pelanggan untuk tetap melakukan pembelian produk lagi dan lagi. Strategi ini juga dapat membuat pelanggan merasa senang karena tidak hanya produk atau layanan yang akan mereka dapatkan. Lebih dari itu, mereka juga akan mendapatkan pengalaman yang menarik.

Sebenarnya, ada banyak strategi UMKM digital dalam memaksimalkan customer retention yang dapat Anda implementasikan. Temukan kebutuhan Anda di startup yang #GoTheExtraMiles di www.startupstudio.id. Pada intinya, menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan adalah hal yang paling penting. Yuk, mulai terapkan strategi yang sudah disebutkan di atas pada UMKM digital Anda mulai dari sekarang!

Leave a Comment