Suplemen Kalsium Untuk Kepadatan Tulang

Suplemen Kalsium Untuk Kepadatan Tulang – Penurunan kepadatan tulang atau istilah populernya osteoporosis merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi saat kita menginjak usia 30. Bagi kalian yang masih berusia dibawah 30 tahun sebenarnya tak perlu merasa khawatir karena bisa mencegahnya dengan konsumsi makanan yang mengandung kalsium. 

Bagaimana dengan kita yang sudah berusia 30 tahun lebih? Pernah nggak kita merasakan tubuh menjadi cepat lelah, padahal tidak sedang melakukan aktivitas yang berat? 

Kepadatan Tulang Menurun di usia 30 tahun

Ternyata terjadinya kelelahan saat usia produktif disebabkan oleh beberapa faktor misalnya; banyak aktivitas yang dilakukan namun lupa untuk istirahat, kurang istirahat tidur, merokok, konsumsi alkohol berlebih, atau bisa juga karena memiliki gangguan kesehatan. 

Biasanya terjadi karena penurunan massa otot serta lemak dalam tubuh meningkat sehingga menyebabkan massa otot bekerja lebih keras. Hal itu yang membuat tubuh menjadi cepat lelah. 

Resiko osteoporosis jadi lebih tinggi sehingga sendi di antara tulang juga mulai sering mengalami nyeri sendi. Nggak salah kalau kita akan melihat masyarakat yang mengalami kulit kendur di usia ini karena tidak mendapatkan nutrisi dengan baik. 

Maka perlu untuk melakukan penundaan proses penuaan tersebut. Dengan cara mengkonsumsi makanan berkalsium, menjalani gaya hidup sehat dan juga olahraga. Namun, jika ternyata kita sangat jarang sekali mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium maka diperlukan suplemen kalsium. 

CDR suplemen kalsium
Pict by Alodokter

Perlukah Minum Suplemen Kalsium? 

Kak Niken jadi ingat ketika menginjak usia 33 tahun dan saat itu kondisinya sedang hamil anak ke-3. Di usia kandungan menginjak 20 minggu dokter kandungan menyarankan untuk mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung kalsium lebih banyak dari biasanya. Juga disarankan untuk konsumsi suplemen tambahan untuk kepadatan tulang namun sesuai dengan dosis yang dianjurkan. 

Kalsium memiliki banyak sekali manfaat diantaranya untuk menguatkan tulang serta gigi pada ibu dan janin. Karena untuk pembentukan jaringan tulang rawan maka perlu kalsium dalam jumlah yang tepat. 

Kekurangan kalsium tak hanya terjadi pada kasus ibu hamil, tapi juga masyarakat pada umumnya. Karena seperti yang kita tahu bahwa 99% kalsium tubuh berada di tulang. Jika konsumsi kalsium kita kurang maka akan terjadi kekurangan pada pembentukan tulang baru. 

Baca juga: Salep untuk kulit bayi sensitif

Cara Menjaga Kepadatan Tulang 

Perbaiki Gaya Hidup

Gaya hidup merupakan faktor utama yang menyebabkan penurunan kepadatan tulang karena kalsium tidak tercukupi melalui makanan sehat. Maka penting bagi kita untuk mengubah gaya hidup mulai dari pola makan dengan memperbanyak asupan vitamin D dan kalsium. 

Makanan merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kalsium yang diperlukan oleh tubuh. Ada beberapa contoh makanan yang jadi sumber kalsium, diantaranya: produk susu seperti susu sapi, yoghurt, keju dan es krim.

Namun, kalsium juga terkandung di makanan lain seperti: brokoli, kale, ikan, jus atau minuman lain yang difortifikasi kalsium, serta sereal. Namun bisa juga tak hanya melalui makanan, suplemen kalsium juga bisa jadi pilihan. 

Olahraga Teratur

Kondisi saat ini membuat kita harus semakin aware dengan kesehatan tubuh salah satunya dengan rutin melakukan olahraga. Meski kita sudah berusia 30-an tahun, tapi tak ada kata terlambat untuk memperbaiki pola hidup dengan berolahraga. 

Cukup lakukan olahraga ringan seperti jogging, naik turun tangga, jalan pagi, bersepeda dan lainnya yang dapat melatih kekuatan tulang kita. 

Hindari Konsumsi Minuman Keras dan Rokok  

Dua hal di atas itu seperti tak terpisahkan ^.^ Padahal kita tahu, jika mengkonsumsi keduanya maka akan memberi dampak buruk terhadap kesehatan terutama untuk tulang kita. Rokok dan alkohol ternyata dapat menghambat penyerapan nutrisi dan kalsium yang menyebabkan tubuh akhirnya menyedot kalsium dari tulang.

Mengkonsumsi Suplemen Kalsium

Jika kita ragu apakah kepadatan tulang kita sudah mencukupi atau belum maka konsultasikan dengan dokter. Disatu sisi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi akan kebutuhan tulang maka mengkonsumsi suplemen kesehatan tulang tentu dapat melengkapi. 

Perlu diingat bahwa suplemen yang dikonsumsi sebaiknya mengandung kalsium, vitamin C, vitamin D, vitamin B6, serta mineral lain yang mendukung kepadatan tulang.

Agar penyerapan kalsium dilakukan secara maksimal, maka ketika mengonsumsi suplemen yang mengandung kalsium, vitamin C, D, dan B6 dilakukan setelah selesai atau berbarengan dengan waktu makan. 

Hal ini juga untuk mencegah rasa perih pada lambung atau sakit maag. Karena saat makan, lambung memproduksi asam lambung.

Baca juga: Cara mengatasi keputihan

CDR Suplemen Kalsium
CDR Suplemen Kalsium

CDR Suplemen Kalsium

CDR, Calcium D Redoxon memiliki manfaat untuk menjaga agar tulang tetap kuat dengan memenuhi kebutuhan kalsium penggunanya. Suplemen yang dijual secara bebas ini mengandung kalsium, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin D.

CDR adalah suplemen kesehatan tulang yang juga bisa digunakan untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Suplemen kalsium sebenarnya aman jika digunakan sesuai dengan petunjuk penggunaan atau anjuran dokter. 

Suplemen kalsium, vitamin, dan mineral bisa dikonsumsi untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan, terutama jika kita ternyata menderita kondisi yang mengakibatkan asupan vitamin dan mineral dari makanan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Baca juga: Toko SehatQ tempat beli produk kesehatan

Leave a Comment