Negara yang Sudah Hampir Terbebas dari Covid-19 dengan Swab Test

Ada beberapa deretan Negara yang sudah hampir terbebas dari Covid-19, Indonesia kapan?

Minggu lalu dapat kabar dari adik yang tinggal di Jakarta kalau Ia dan semua teman satu ruangan di kantornya harus melakukan Rapid test dadakan. Pasalnya beberapa hari sebelumnya ada salah seorang teman satu ruangan yang dinyatakan positif Covid-19. 

Setelah menunggu sekitar 2 jam, akhirnya hasil tes keluar dan adik Kak Niken dinyatakan reaktif! Kak Niken otomatis ngebayangin gimana reaksinya saat menerima hasil itu. Apalagi Ia memiliki anak berusia batita. 

Setelah mendapat hasil Rapid test, Ia diminta untuk istirahat dirumah dan esok harinya dirujuk untuk melakukan swab test covid pada klinik yang direkomendasikan oleh kantor. Tak dapat dipungkiri pikiran kami sekeluarga hari itu jadi campur aduk.  

Seperti yang kita tahu bahwa pelaksanaan tes virus corona secara massal menjadi tantangan pemerintah ke depan. Sebab, saat ini Indonesia menghadapi lonjakan kasus positif Covid-19. Dengan jumlah warga yang menjalani swab test sangat minim, jauh dibawah negara-negara dengan jumlah kasus positif yang sama.

Tak seperti rapid test yang mengambil sampel darah untuk memeriksa antibodi pasien. Swab PCR test dapat mendeteksi penyakit dengan mencari jejak materi genetik virus pada sampel. Biasanya dikumpulkan melalui usap hidung atau tenggorokan (swab).

Swab Test Massal
Swab Test Massal

Negara yang Hampir Berhasil Mengatasi Pandemi Covid-19 

Sudah hampir setahun dunia dibayang-bayangi oleh pandemi Corona. Dalam rentang waktu itu, negara-negara di dunia berjibaku sendiri-sendiri dalam menghadapi Covid-19. Hasilnya pun macam-macam. 

Ada yang masih susah payah dan belum cenderung turun kasusnya seperti Indonesia. Tapi ada juga yang nampak berhasil. Meskipun belum menunjukkan nol kasus, setidaknya beberapa negara tersebut perlahan bebas dari kekangan.

Ada beberapa negara yang saat ini sudah mulai menghirup kebebasan dari virus Corona. Misalnya saja Selandia Baru. Masyarakat negara ini sekarang sudah mulai hidup normal kembali. Bahkan di pusat-pusat kota, orang-orangnya sudah tidak memakai masker. 

Kasus di positif di negara ini pun juga sangat kecil. Alasan kenapa Selandia Baru sudah bisa dibilang merdeka dari Covid tak lain karena sejak awal mereka sudah melakukan lockdown ketat secara nasional. 

Tak hanya  itu, negara pimpinan Jacinda Ardern ini juga banyak menggalakkan pemeriksaan massal dan tracing sehingga semua orang yang terindikasi bisa diperiksa. USaha yang keras sejak dini akhirnya membuahkan hasil. 

Senada dengan Selandia Baru, Singapura juga sedang mengalami fase hampir bebas dari Corona. Padahal seperti yang kita tahu, beberapa waktu lalu negara kecil ini salah satu yang paling tinggi kasusnya. 

Tapi seiring berjalannya waktu, negara tetangga ini mulai berbenah dan melakukan protokol kesehatan ketat, termasuk pemeriksaan dan tracing. Hasilnya luar biasa, sekarang ini hampir tidak didapati kasus Covid lokal. Kasus-kasus baru yang muncul lebih banyak disebabkan oleh orang-orang dari luar.

Brunei Darussalam juga jadi negara yang mulai bebas dari Corona. Beberapa waktu lalu tercatat jika negara tetangga ini hanya memiliki satu kasus positif Covid. Dalam perjalanannya Brunei mencatatkan sekitar 151 kasus dengan tiga kematian saja. 

Selain melakukan protokol kesehatan dan pemeriksaan semacam swab test. Alasan kenapa Covid-19 di negara ini kecil tak lain karena adanya larangan bagi penduduknya untuk pergi ke Wuhan.

Berbicara soal negara bebas Covid, tentu Vietnam harus masuk di dalamnya. Pasalnya, jauh sebelum negara-negara di dunia kasus Corona-nya mulai kecil, Vietnam sudah bisa menekan kasus positifnya. 

Sejauh ini negara tersebut mencatatkan sekitar 1.366 kasus positif dengan 35 kematian. Angka ini sangat fantastis mengingat jumlah penduduknya lebih dari 95 juta orang.

perbedaan rapid dan swab test
Perbedaan rapid dan swab test

Pentingnya Swab Test

Dibanding negara-negara ini, tentu Indonesia masih tertinggal jauh. Hal ini dilihat dari jumlah kasus yang masih ada dan penambahannya. Pemerintah sendiri harus berupaya lebih keras lagi agar kasus Covid-19 di negeri ini bisa berkurang. 

Salah satunya bisa dengan melakukan swab test massal hingga tracing detail agar rantai Covid bisa diputus. Seperti yang dilakukan oleh adik untuk melakukan swab test di klinik rekomendasi di Jakarta.   

Persoalan utama yang dihadapi saat ini adalah pelaksanaan swab test masih belum tampak ada akselerasi. Akibat minimnya warga yang dites, upaya memutus mata rantai penyebaran belum optimal. Maka dikhawatirkan,lebih banyak warga yang positif terinfeksi namun belum terdeteksi lantaran belum menjalani tes.

Di sinilah bahayanya. Apalagi mulai ada kategori orang tanpa gejala (OTG), atau orang yang terpapar namun tidak didahului oleh gejala-gejala yang selama ini menjadi pengetahuan publik. Seperti batuk, demam, dan sesak napas. 

Ibarat bom waktu, warga semacam ini sangat berpotensi menjadi penular ke keluarganya dan lingkungan sekitarnya. Ngeri banget kan kalau kita jadi kurang aware dengan kondisi seperti itu. 

Menyadari hal diatas, adik Kak Niken segera melakukan tes swab setelah dia dinyatakan reaktif. Alhamdulillahnya hasil swab test negatif. Kamipun lega, namun tetap melakukan protokol kesehatan bahkan dengan lebih ketat lagi. Diantaranya dengan menjaga daya tahan tubuh dengan herbal alami, mengoleskan minyak rempah di tubuh, menjaga asupan makanan sehat, dan olahraga. 

Oleh karena itu, swab test secara massal sangat penting dilakukan hingga menjangkau sebanyak-banyaknya populasi. Cara itu satu-satunya cara untuk memitigasi dan memutus mata rantai penyebaran virus corona.

16 thoughts on “Negara yang Sudah Hampir Terbebas dari Covid-19 dengan Swab Test”

  1. Lah salut banget Brunei dan Selandia dah hampir bebas Covid-19. Kita kapan yah…Di Bandung malah merah pekat gini. Jalan-jalan ditutup lagi. Orang-orang ya cuek banget. Udah banyak yg engga pakai masker…

    Reply
  2. Asli iriiii sama negara-negara yang udah hampir bebas dari sikopit ini. Kangen rasanya bisa bebas menghirup udara segar tanpa terhalang masker. Semoga Indonesia bisa menyusul aman dari kopit ya. Bukannya kopitnya yang aman hidup di sini 🙁

    Reply
  3. Di kita mah entah kapan ya..
    Kapan adanya tes massal, dan kapan bisa terus menggalakkan protokol kesehatan. Soalnya yang menggunakan masker juga pada mulai kendor

    Reply
  4. Hebat ya negara Vietnam, dengan penduduk sekitar 95 juta namun kasus kematian akibat Corona hanya 35. Selandia baru juga patut diacungin jempol karena langsung sigap melakukan lockdown nasional sehingga sekarang mereka pun bisa beraktivitas dengan normal kembali. Semoga Indonesia juga lekas pulih dari virus berbahaya ini.

    Reply
  5. Keren sekali Selandia baru!! Gerak cepat banget semoga Indonesia bekas menyusul seperti negara-negara tetangga ya mbak.. eh ya.. kayaknya yang ada di Indonesia sekarang, swab test malah mahal banget jadi ya Gimana ya 😀

    Reply
  6. Masalahnya adalah kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan rendah. Jadi angka penularan masih tinggi.

    Seandainya dilakukan swab masal, saya yakin jumlahnya akan jauh melebihi angka yang tercatat sekarang. Karena banyak orang yang daya tahan tubuhnya baik sehingga menjadi OTG.
    Ujung ujungnya juga kembali ke kesadaran diri.

    Reply
  7. Jaga daya tahan tubuh emang penting banget apalagi sekarang ini cuaca ekstrim tak bisa dihindari, makan asupan makanan yang brgizi, minum vitamin, rajin olahraga dan hindari stres bisa jadi cara untuk kuatkan imun. Stay safe, sane and happy ya kak 🙂

    Reply
  8. Tantangan banget mbak. Kalau mau tess swab massal. Karena Indonesia luas, dan masih ada yg belum disiplin utk prokes nya.
    Tapi smoga saja pandemi lekas berakhir. Dan kita tambah sadar dg kebersihan.
    Emang bahaya kalau sudah otg, apalagi dekat keluarga.
    Ahh smoga kita dan keluarga diberikan kesehatan dn dijauhkan dr covid ini ya, mbak
    Aminn

    Reply
  9. Tantangan banget mbak. Kalau mau tess swab massal. Karena Indonesia luas, dan masih ada yg belum disiplin utk prokes nya…
    Tapi smoga saja pandemi lekas berakhir. Dan kita tambah sadar dg kebersihan.
    Emang bahaya kalau sudah otg, apalagi dekat keluarga.
    Ahh smoga kita dan keluarga diberikan kesehatan dn dijauhkan dr covid ini ya, mbak
    Aminn

    Reply

Leave a Comment