Mommy, Tahukah Apa Saja Tanda-Tanda Hamil Muda ?

Hai Mommy, Apakah Anda merasakan gejala-gejala seperti hamil ? Atau mungkin sudah telat menstruasi selama lebih dari 3 hari ? Mungkin Anda sering bertanya-tanya apalagi untuk yang baru saja menikah, apakah telat menstruasi menjadi tanda-tanda hamil muda yang telak atau pasti ?

Hmm, Faktanya tidak semua telat menstruasi menjadi ciri-ciri yang pasti dalam sebuah kehamilan. Bisa saja, Anda memang sering mengalami siklus mentruasi yang tidak teratur. Namun Anda juga harus berhati hati jika muncul beberapa tanda hamil muda lain seperti muncul flek, perut kram dan payudara mengencang. Maka bisa saja, Anda tidak sadar sudah mengandung sang buah hati.

Tanda-Tanda Hamil Muda

Kebanyakan para ibu muda yang baru saja menikah dan merasakan kehamilan pertama kurang begitu peka dengan pertanda hamil muda ini, itu karena beberapa ciri-cirinya sangat mirip dengan gejala wanita yang akan menstruasi. Namun hal ini nampaknya sungguh berbahaya jika sampai Anda telat mengetahui kehamilan Anda.

Karena menurut Dr. Christine Greves, MD, salah satu OBGYN di Orlando mengatakan bahwa apabila seorang wanita tidak menyadari kehamilannya , maka ia tidak hanya melewatkan minum vitamin prenatal yang berguna untuk tumbuh kembang janin tetapi juga terus minum alkohol dan minum obat-obatan. Tentu keduanya berbahaya untuk ibu hamil maupun janin yang sedang berkembang.

Maka ada baiknya, berikut dapat Anda simak beberapa ciri-ciri hamil muda yaitu :

1.      Telat Menstruasi

Untuk Anda yang biasanya mengalami siklus mentruasi yang normal namun telat satu periode mestruasi, maka Anda harus cukup aware dengan tanda ini. Karena ini artinya menjadi tanda awal Anda sedang hamil muda.

Baca juga : Mengapa Bisa Telat Haid 2 Bulan Tapi Keputihan?

2.      Mual Pada Pagi Hari (Morning Sickness)

Jika Anda merasakan hal yang tak biasa pada pagi hari seperti eneg, mual bahkan ingin muntah, maka Anda harus waspada. Adanya peningkatan hormon progesteron pada saat kehamilan, membuat Anda akan merasakan morning sickness.

Beberapa juga tidak hanya merasakan mual dan muntah pada pagi hari, namun juga dirasakan pada sore dan malam hari. Maka jika dirasa mual muntah semakin parah hingga Anda tidak bisa memakan apapun, segeralah periksakan gejala ini ke dokter.

3.      Sensitif Terhadap Bau

Karena adanya perubahan hormon, maka tanda-tanda hamil muda yang umum yaitu Anda akan merasakan lebih sensitif terhadap bau-bauan seperti bawang putih, aroma kaldu, bahkan aroma makanan favorit Anda. Hal ini juga menyebabkan mual sehingga Anda menjadi tidak nafsu makan.

4.      Muncul Flek dan Kram Perut

Kebanyakan munculnya flek atau biasa yang disebut pendarahan implantasi ini juga dialami oleh Anda yang hamil pada trimester awal. Biasanya flek hingga bercak darah ini muncul sekitar 6 hingga 12 hari pembuahan. Anda tidak perlu khawatir selama bercak darah ini tidak keluar banyak atau terus menerus karena bercak darah ini juga mengartikan bahwa embrio telah tertanam pada dinding rahim diiringu dengan kram perut.

5.      Perubahan Pada Payudara

Hormon estrogen dan progesteron menjadi faktor penyebab utama pada perubahan payudara Anda saat hamil. Andaa mungkin akan merasa payudara mengencang, bengkak, menjadi sensitif dan areola (puting) menjadi terlihat menggelap.

6.      Terasa Kembung Atau Masuk Angin

Hormon progesteron yang mengakibatkan pencernaan menjadi lama dicerna ini membuat Anda akan merasa seperti masuk angin, kembung, pusing, bahkan merasa pegal-pegal pada bagian pinggang.

Baca juga : Daftar Barang Persiapan Persalinan Yang Wajib Ada

7.      Seringnya Buang Air Kecil

Jika Anda merasa frekuensi ingin buang ajr kecil Anda meningkat dengan beberapa gejala kehamilan lain, maka Anda memang sedang mengandung si kecil. Setelah pembuahan sekitar dua sampai tiga minggu, hormon kehamilan HCG meningkatkan aliran darah ke ginjal, sehingga Anda akan merasa lebih sering buang air kecil. Hal ini sebagai bentuk pembuangan limbah lebih cepat yang ada di badan Anda.

tanda-tanda hamil muda
Pict by Okezone

8.      Mood Swing Atau Perubahan Emosional

Peningkatan hormon membuat Anda mengalami mood swing bahkan perubahan emosional seperti ingin menangis tiba-tiba atau lebih sensitif daripada biasanya.

Baca juga : Tips Bicara Menstruasi pada Anak Perempuan Yang Tepat

9.      Memproduksi Banyak Air Liur

Mungkin tidak semua mommy menyadari jika air liur terproduksi lebih banyak daripada sebelum kehamilan. Namun jika Anda mengalami kondisi yang disebut ptyalism ini, mungkin Anda akan merasa kurang nyaman karena pastinya akan timbul rasa ingin terus buang air ludah terlebih saat Anda merasa mual.

Jika Anda sudah mengalami beberapa tanda tanda hamil muda seperti diatas. Maka sangat dianjurkan untuk segera mengetest kehamilan dengan test pack atau langsung periksakan ke dokter kandungan.  Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti keguguran.

11 thoughts on “Mommy, Tahukah Apa Saja Tanda-Tanda Hamil Muda ?”

  1. Nah ini nih yang kadang nggak disadari kalau sedang hamil muda. Mood swing. Hihi. Tapi rasanya nggak semua tanda-tanda ini akan dialami sepaket saat sedang hamil ya.

    Reply
  2. Dulu waktu hamil anak pertama sy jg gak tau klu lg hamil apalagi dua kali tespek hasilnya negatif tau taunya udah hamil hahah

    Reply
  3. Belum nikah tapi seneng baca-baca perkara demikian. Temanku ada yang pernah keguguran karena tidak sadar kalau sedang hamil. Aku sedih. Apalagi hamilnya gak ada tanda-tanda aneh gitu

    Reply
  4. jadi ingat waktu hamil anak ketiga

    sama sekali gak tau sedang hamil karena sibuk ngurusin kaakak kakaknya

    gak ada keluhan dan lupa nyatet menstruasi 😀

    Reply
  5. Aku tuh kalau pas hamil muda sering keliru sangkain masuk angin. Soalnya gejalanya mirip. Sampai pernah pas hamil muda, karena nggak tahu, minum deh obat sirup masuk angin!

    Reply
  6. Seneng banget kalau pas telat..
    Alhamdulillah,
    Allah memberikan amanah untuk dijaga. Tanda-tanda kehamilan itu memang unik yaa…Gak harus semua ada, tapi yang penting ada dari list di atas, kudu periksa pakai test pack.

    Reply
  7. aku dah telat nih … sehari. wkwk
    dari tahun lalu promil belum sukses juga. maju mundur sih, gara2 pandemi. jadi promilnya gak serius

    Reply

Leave a Comment