Teknik Dasar Sepatu Roda Untuk Anak

Teknik dasar sepatu roda untuk anak tentu ada triknya. Masih ingat tips bermain sepatu roda sebelumnya? Yuk sekarang kita belajar tekniknya.

Inline skate atau ada yang bilang sepatu roda merupakan aktivitas bersantai yang seru. Bisa dicoba untuk semua kalangan usia karena cukup mudah dipelajari. Mau sekadar bermain atau serius, inline skate bisa jadi pilihan olahraga buat kamu agar tetap aktif bergerak.

Bagi anak-anak, sepatu roda tentu jadi hal menyenangkan untuk mengolah gerak tubuhnya. Mereka akan sangat senang jika bisa bermain sepatu roda dimanapun. Salah satunya banyak anak-anak maupun keluarga bermain sepatu roda di car free day .

main sepatu roda
main sepatu roda (tanpa pelindung tubuh. hiksss)

Kakak Kal anak pertama kak Niken suka sekali bermain sepatu roda. Walau masih belajar otodidak tapi hampir setiap seminggu 2 kali dia belajar. Hal itu akan membuat tubuh sehat, hati pun ikut senang.

Sebenarnya cara memainkan sepatu roda itu cukup mudah. Apalagi sudah memperhatikan tahap awal yang kak Niken share ditulisan sebelumnya. Anak-anak sesungguhnya minim rasa takut. Dalam diri mereka biasanya timbul rasa ingin mencoba dan mencoba.

Tahapan Menggunakan Sepatu Roda

Memakai perlengkapan sepatu roda sangat penting sekali memperhatikan kelengkapannya. Kamu bisa membelinya di toko olahraga. Sesuaikan ukuran sepatu roda, biasanya sama seperti sepatu biasa.

  1. Sepatu roda. Gunakan sepatu roda sambil duduk
  2. Kaos kaki. Untuk menghindari lecet-lecet pada kaki saat berlatih
  3. Helm khusus sepatu roda. Agar kepala tetap terjaga dari cedera saat sedang belajar
  4. Pelindung siku & lutut. Menambah keamanan anggota tubuh
pelindung sepatu roda
pelindung sepatu roda
(pict. by keselamatankeluarga.com)

Teknik Dasar Bersepatu Roda

Buat anak-anak yang ingin mencoba olahraga dengan sepatu beroda ini, ada teknik dasar sepatu roda yang harus dipelajari terlebih dulu. Selain untuk memperlancar gerakan, mengetahui teknik dasar juga penting supaya tetap aman.

  1. Berlatih keseimbangan

Penting sekali bagi anak untuk memberanikan diri belajar berdiri dengan seimbang. Dampingi anak (orangtua berada di samping anak). Biarkan anak hanya berdiri diatas sepatu rodanya. Caranya buka kaki selebar bahu dan membentuk huruf “V. Cari permukaan lantai yang aman (seperti rumput atau karpet). Agar jika jatuh tak menyebabkan sakit. Berlatih terus menerus. Dan beri semangat pada anak.

teknik belajar sepatu roda anak
teknik belajar sepatu roda anak (pict by keselamatankeluarga.com)
  1. Berlatih berjalan

Setelah anak bisa berdiri seimbang, mulai berjalan perlahan-lahan. Pertama ke kanan, kemudian ke kiri, lalu ke kanan, dan seterusnya. Jika anak masih butuh bantuan, boleh dipegang dengan satu tangan. Biarkan tangan bagian lainnya belajar terayun.

Berlatihlah secara terus-menerus hingga anak merasa nyaman “berjalan” di atas sepatu roda. Setelah merasa bisa, mulailah bergerak lebih cepat dan ambil langkah lebih panjang. Dorong lebih keras pada roda sehingga anak melaju lebih jauh pada setiap langkahnya.

  1. Belajar Meluncur

Sudah bertambah keyakinan anak anda? Maka cobalah belajar meluncur. Pertama, posisi tetap seperti huruf “V”, ambil langkah ke depan dengan kaki kanan. Kemudian dorong menggunakan kaki kiri dan teruskan meluncur dengan kaki kanan.

Ulangi lagi dengan kaki kiri melangkah ke depan dan pusatkan berat tubuh di kaki kiri ini. Kemudian lanjutkan mendorong menggunakan kaki kanan. Lalu meluncur dengan kaki kiri. Cobalah perlahan-lahan hingga lancar dan terbiasa dengan kecepatannya.

  1. Belajar Berhenti/Rem

Pada step ini dilakukan jika anak sudah mulai merasa nyaman dengan sepatu rodanya. Karena ketakutan pesepatu roda pemula yaitu jatuh ke depan sehiungga wajah membentur aspal karena lepas kontrol.

Maka, banyak anak yang mengakalinya dengan meminta bantuan orangtua.  Atau meluncur ke arah orangtua untuk bisa berhenti. Nah, untuk cara mengerem sepatu roda dengan aman, coba gesekkan brake pad yang ada di tumit sepatu dengan aspal.

Nah jika kalian bertanya rem sepatu roda sebelah mana? Kalau kita perhatikan pada bagian sebelah kanan memiliki rem di bagian tumit. Dapat digunakan untuk berhenti, meluncur saat sepatu roda berada sejajar satu sama lain.

Untuk lebih detail, tempatkan sepatu roda sebelah kanan sedikit di depan sepatu kiri, angkat kaki dari sepatu roda sebelah kanan, lalu tekan keras pada tumit. Semakin tumit kaki lebih ditekan, semakin cepat juga sepatu roda berhenti.

mengikat tali
mengikat tali

Saat kamu bermain cara menggunakan sepatu roda tentu ada saatnya terjatuh. Gimana agar jatuh dengan aman? Coba tekuk lututmu dan rentangkan tangan di depan. Dengan posisi ini bagian yang jatuh memang yang terlindungi dengan alat pelindung.

Semua proses dalam memilih sepatu roda dan teknik cara bermain sepatu roda untuk pemula ini dapat dilakukan secara bertahap. Tidak serta merta dalam 2-3 kali percobaan, anak langsung bisa meluncur. Kuncinya rutin belajar dan mencoba. Trial and error, orangtua wajib mendampingi.

Tips bermain sepatu roda, harus belajar dengan rutin dan konsisten. Ikuti prosesnya. Selamat belajar dengan menyenangkan.

===

Nb. Kakal Kal belakangan belum pakai pelindung tubuh. karena ketinggalan saat pindah rumah dan belum dibelikan lagi. Hikss.. Jangan ditiru ya

36 thoughts on “Teknik Dasar Sepatu Roda Untuk Anak”

    • aku jugaaaa pernah nyusruk selokan waktu dulu kecil main sepatu roda. TApi anak jaman sekarnag juga lebih berani ya ternyata.

      Reply
  1. Dulu waktu kecil lancar banget main sepatu roda. Nah, pas kerja kemarin, udah nikah tapi belum hamil kan, liat sepatur roda murid. Belajar lagi jadinya dari awal, alhamdulillah bisa meluncur di percobaan ketiga, wkwkw. Kalau sekarang disuruh lagi kayaknya bakal lupa udah haha

    Reply
    • ahhaaha. Tapi kalau basicnya sudah bisa dan memang pernah mencoba insyaallah lebih mudah meluncur mbak. Yuk belajar lagi
      wkwkwkwk gaya bgt gw. padahal juga gak bisa

      Reply
    • Iya tante. Lebih mudah digunakan yang ionline stake daripada model bajaj. Ehhh tahu nggak model bajaj kayak gimana? hehee

      Reply
  2. Wkwkw dari dulu aku ga pernah berhasil belajar sepatu roda. tapi ini detail banget dijabarinnya. Jadi pengen coba belajar lagi deh.

    Eh ini bisa buat selain anak anak juga kan?

    Reply
  3. Aku inget banget ini main sepatu roda dulu waktu kecil lancar banget. Pas abis nikah, kebetulan liat anak murid main sepatu roda, kupinjam deh. Butuh 3 hari buat bisa meluncur lagi haha

    Reply
  4. Anak saya mulai merengek sepatu roda karena sepupunya yang besar pada mainan. Tapi akunya belum ngasih, ngeri kalau nubruk nggak jelas, mana anaknya rusuhnya bukan main hahaha

    Reply
  5. Yaa ampun ini sih favorit aku dari kecil. Dulu kelas 5 SD udah lancar banget pakai sepatu roda, kayaknya kalau ada kejuaraan dulu aku pasti ikutan. Hahaha. Aku rencana mau beli mbak, tapi masih mikir kalau mau main udah tua soalnya masih pantes nggak ya :))

    Reply
  6. Aku hobi banget main in line skate sejak SMP. Sampai ditarik-tarik sama mobil atau motor keliling UI, seru banget. Sekarang mau main lagi cuma ragu-ragu masih lihai ga ya hehehe.

    Reply
  7. Nah ini, anakku bisa main skateboard malah mau tak ajarin main sepatu roda Doi takut. Kata anakku, gak gak ada remnya itu mamah. Padahal ya podo papan luncur gak pake rem hahaha

    Reply
  8. Aku belum pernah maen sepatu roda lho. Kayaknya kok seru sekali ya.

    Dulu pengen banget maen, tapi karena ortu gak ada duit lebih buat beli jadinya cuma bisa nonton aja. Setelah liat temen nyungsep di got karena gak bisa ngerem, jadi gak pengen coba sepatu roda.

    Reply
  9. Duh klo liat anak2 milenial tuh bisa jago2 gitu ya main sepatu roda, ponakan ku masih TK pun dah lancar..pdahal ku nyoba pas jaman kuliah ga berhasil juga

    Reply
  10. Makasiihh Kak… Pas banget ini masih masa SfH, paginya bisa buat melatih lagi. Sepatu roda udah bertahun-tahun di rumah tapi belum jadi-jadi bisa menguasai, karena memang waktu latihannya juga jarang sih hehehe. Mesti siapin peralatan pengamannya juga nih ya berarti.

    Reply
  11. Jadi kalau main sepatu roda biar safety harus pakai helm,pelindung siku dengkul ya, duh di sini banyak bgt anak yg suka main sepatu roda yg ga pada pake pelindung gitu

    Reply
  12. Duh, aku jadi inget masa-masa belajar sepatu roda dulu, emang susah sih, tapi asik. Berkali-kali jatuh tapi akhirnya bisa tuh rasanya bangga banget. Tapi pas udah gede mau coba lagi udah gak bisa, padahal dulu jago banget. Apa efek udah lama gak main sepatu roda ya?

    Reply
  13. makasih tipsnya ya Kak.
    anak-anakku belum ada yang kenal sepatu roda nih, ini berguna banget kali nanti besok-besok mereka kenalan juga dengan yang nama sepatu roda jadi bisa langsung buka ini aja 🙂

    Reply
  14. Ah runut banget nih teknisnya kak. Aku dulu ngga pernah belajar sepatu roda hehe. Padahal banyak manfaatnya ya terutama sial keseimbangan

    Reply
  15. Teknik bermain sepatu roda ini, sepertinya bisa pula diterapkan buat daku yang nota bene nggak bisa dong mainnya hihi. Kudu belajar nih daku

    Reply
  16. Anakku belum bisa nih main sepatu roda. Mesti tahu tehnik dasar nya dulu yah hehehhe.. mesti belajar. kasian juga lihat temen2 nya pada main. Anakku cuma liatin aja .

    Reply

Leave a Comment