Mengapa Bisa Telat Haid 2 Bulan Tapi Keputihan?

Apakah Anda pernah mengalami telat haid selama 2 bulan, tetapi tiba-tiba muncul cairan keputihan? Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya kondisi tersebut, seperti tanda-tanda kehamilan, perimenoupause, atau hormonal. Semua tergantung dari usia, kondisi kesehatan, dan aktivitas seksual Anda bersama pasangan.

Ternyata tidak selalu karena hamil. Berikut ini ada beberapa penyebab telat haid 2 bulan tapi keputihan yang biasanya bikin deg-degan kita sebagai perempuan:

Haid selama 2 bulan
Pict by Honestdocs

1. Masalah Hormon

Penyebab pertama Anda mengalami telat haid adalah masalah hormon yang tidak seimbang. Setelah ovulasi terjadi, kemudian folikel pecah lalu melepaskan sel telur. Sisa folikel kemudian berubah menjadi kopus luteum. Struktrur tersebut mengeluarkan progesterone, lalu membangun lapisan rahim untuk persiapan masa implantasi.

Namun, saat implantasi tidak terjadi, korpus luteum akan menyusut, kada progesterone mengalami penurunan, dan lapisan rahim mulai luruh. Periode tersebut adalah masa menstruasi atau haid. Hormon yang terlibat pada masa ovulasi inilah yang menyebabkan Anda bisa telat haid dalam waktu yang lama.

2. Penyakit Radang Pinggul

Infeksi Menular Seksual, jika tidak Anda obati bisa menyebabkan penyakit radang pinggul. Infeksi tersebut terjadi pada sistem reproduksi Anda. Penyakit radang pinggul memang jarang menimbulkan gejala, namun bisa menyebabkan Anda telat haid selama dua bulan tetapi keputihan. Anda juga bisa merasakan kram dan keluar cairan yang tidak normal.

Gejala lainnya bisa berupa pendarahan atau nyeri ketika sedang menstruasi atau saat berhubungan seks. Mengalami demam dan rasa seperti terbakar ketika buang air kecil. Penyakit radang pinggul tidak ada tes khusus untuk mengetahui kemunculan penyakit ini. Biasanya dokter akan bertanya kepada Anda mengenai riwayat seksual dan gejala, kemudian menawarkan tes IMS, lalu melakukan pemeriksaan fisik.

3. PCOS

Sindrom ovarium polikistik atau PCOS merupakan suatu kondisi reproduksi yang bisa menyebabkan siklus menstruasi terlewat atau tidak teratur. Beberapa waktu lalu di salah satu whatsapp grup sedang membahas keluhan teman-teman yang sedang mengalami kondisi terlambat datang bulan ini.

Tetapi, sebenarnya saat Anda telat haid selama 2 bulan tidak selalu mengalami PCOS. Ada beberapa gejala yang bisa menunjukkan kondisi PCOS, yaitu:

  • Siklus haid tidak ada atau tidak teratur
  • Ovarium membesar dan pertumbuhan folikel ganda
  • Hirsutisme
  • Infertilitas
  • Jerawat
  • Nyeri panggul
  • Sakit kepala
  • Produksi testosterone yang berlebihan
  • Rambut rontok
  • Berat badan bertambah
  • Gangguan mood
  • Masalah tidur

    telat haid 2 bulan tapi keputihan
    Pict by Alodokter

4. Kanker Serviks

Penyakit kanker serviks di tahap awal tidak mempunyai gejala khusus. Saat sel kanker mulai berkembang, beberapa gejalanya seperti pendarahan setelah berhubungan seks atau antar periode menstruasi. Gejala lainnya adalah nyeri saat berhubungan seks, keluar cairan yang tidak normal, dan nyeri panggul.

Anda bisa melakukan skrining secara rutin untuk mendeteksi gejala awal kanker serviks, agar bisa mengobatinya dengan cepat. Mintalah nasihat dari professional medis tentang jadwal pemeriksaan. Ada beberapa jenis perawatan yang tersedia untuk pengobatan kanker serviks, seperti radioterapi, imunoterapi, operasi, dan kemoterapi. Penyakit kanker serviks bisa jadi penyebab Anda telat haid selama tetapi keputihan.

5. Telat Haid selama 2 bulan karena Hamil

Periode haid yang telat atau terlewat merupakan gejala awal kehamilan pada umumnya. Kalau permsalahan yang satu ini tentu membahagiakan bagi pasangan halal yang mendambakan kehadiran buah hati ^.^

Jika Anda pernah melakukan hubungan seks dalam 5 hari pada hari ovulasi atau sebelum ovulasi tanpa alat pelindung, kemungkinan hamil. Tetapi tidak harus menunggu telat haid tetapi keputihan untuk melakukan tes kehamilan. Anda bisa melakukan tes, ketika hari ke 12 setelah ovulasi.

Itulah 5 penyebab telat haid 2 bulan tapi keputihan. Semoga menjadi referensi Anda yang sedang mengalami kondisi tersebut. Jangan melakukan diagnosis secara pribadi! Sebaiknya hubungi dokter professional untuk memastikan kondisi kesehatan Anda.

12 thoughts on “Mengapa Bisa Telat Haid 2 Bulan Tapi Keputihan?”

  1. Terima kasih sharingnya mbak. Kabar nomor 5 yang aku tunggu-tunggu nih, karena udah hampir 3 tahun nikah belum dikasih amanah sama Allah. Yang pasti kalo ragu-ragu sebaiknya langsung diperiksakan di dokter aja dan tidak self-diagnose yang biasanya malah bikin kepikiran.

    Reply
  2. Wah terima kasih sharingnya mbak. Yang pasti kalo ragu-ragu sebaiknya langsung diperiksakan di dokter aja dan jangan self-diagnose, karena biasanya yang kayak gitu malah bikin jadi kepikiran.

    Reply
  3. Wah sebagai permpuan memang harus benar-benar memperhatikan kebersihan area V ya. Terima kasih atas artikelnya mba, membantu sekali 🙂

    Reply
  4. Aku yg lagi bingung pasca pembersihan rahim krna kantong janin kosong kira2 lgsg haid teratur atau nunggu kyak anis lahiran yg smpe berbulan2 gitu ga ya mba

    Reply
  5. Makasih mbaa sharing ilmunyaa.. jadi ingetin lagi aku buat aware sama kesehatan kewanitaan. Penting banget juga ya untuk screening kanker serviks..

    Reply
  6. aku ngalamin keputihan terparah sepanjang sejarah kehidupanku itu justru saat hamil, sampai gatal dan terasa panas, dan iya aku setuju semua wanita harus bener-bener memperhatikan kesehatan dan kebersihan area v

    Reply
  7. Kalau karena hamil sih menyenangkan banget yaaa..tapi kalau karena penyakit, waduh patut banget kitawaspadai kan ye? semoga kita selalu sehat

    Reply
  8. horman wanita itu memang luar biasaya yaa.. memang harus diimbangi dengan gaya hidup sehat, ngga hanya makan makanan sehat tapi juga fisik harus sehat.. berharap telat haid karena hamil ya bukan karena faktor lain yang justru memperburuk kesehatan

    Reply
  9. Adikku termasuk yang menstruasinya gak teratur, kadang bisa 2bulan sekali tapi waktu diperiksa ke dokter karena hormonnya. Tapi semenjak menikah normal lagi menstruasinya sebulan sekali. Perempuan tuh emang wajib banget mengetahui informasi seputar kesehatan miss v karena penting .

    Reply
  10. Aku kemarin sempat telat haid, udah cemas duluan, takut hasilnya positif. Haha. Ternyata makin cemas, makin telat datang haidnya yaa..

    Reply
  11. Pengetahuan buat daku, karena ini masalah kewanitaan yang memang penting untuk dipahami, sehingga bisa dicegah atau ditangani dengan cepat tanpa panik

    Reply
  12. Alhamdulilah jadwal haidku teratur namun kuantitas darahnya yang sedikit dibanding temen temen seumuran aku. sebagai wanita masalah kewanitaan dan penanganannya perlu kita pelajari .

    Reply

Leave a Comment