Lifestyle Parenting and Traveling

Tips Membeli Emas Agar Tidak Rugi dan Tetap Aman

membeli emas dengan aman
membeli emas dengan aman

Membeli emas agar tidak rugi merupakan hal yang penting. Karena emas merupakan barang mewah yang pastinya menjadi idaman orang untuk dimiliki. Benda yang menjadi simbol kemewahan ini memang menjadi barang yang berharga karena karena dapat digunakan sekedar sebagai perhiasan saja ataupun untuk dimanfaatkan sebagai instrument investasi. Hal tersebut jelas wajar mengingat harga emas yang kerap meningkat walaupun lambat.

Emas juga dapat menjadi simpanan cadangan Anda sewaktu-waktu ketika dalam keadaan darurat. Maka dari itu jelas saja emas sering digunakan sebagai investasi banyak orang. Baik untuk jangka Panjang ataupun jangka pendek. Pokoknya tidak ada ruginya bagi Anda membeli emas. Namun tetap wajib bagi Anda mengetahui tips membeli emas agar tidak menyesal.

Membeli Emas Agar Tidak Rugi

Penting sekali untuk cek ricek dahulu sebelum memutusakan membeli emas. Yah, walaupun kita tahu nilai emas merupakan contoh investasi yang stabil dibandingkan investasi lainnya. Berikut ini cara membeli eman agar tidak mengalami kerugian.

1. Cek informasi harga terkini

Lihat kondisi pasar sebelum memutuskan untuk membeli emas. Selama masa pandemi nyatanya harga emas  cenderung fluktuatif. Cek harga bisa dilakukan melalui online dan jangan lupa lakukan perbandingan, agar bisa mendapatkan harga emas yang terbaik di pasaran.

2. Hindari tujuan investasi yang salah

Tentukan terlebih dahulu tujuan investasi Anda. Jika tujuannya untuk mendapatkan imbal hasil di masa depan, emas batangan bisa menjadi pilihan. Anda bisa membeli emas batangan yang berkualitas yaitu emas yang memiliki sertifikat Antam 99.99% yang banyak tersedia di Pegadaian atau Butik Antam.

Saat membeli emas, tidak bisa sembarangan beli saja loh ada tips membeli emas yang harus diketahui. diantaranya:

1.      Karat pada Perhiasan Emas

Karat pada emas adalah system yang menjadi acuan dalam mengukur tingkat kemurnian dari sebuah emas. Selain itu, kemurnian dari sebuah emas juga dinilai dengan dasar jumlah presentase emas murni yang terdapat dalam sebuah logam emas/perhiasan. Emas yang sudah terbentuk menjadi sebuah perhiasan biasanya sudah dicampurkan dengan bahan logam lainnya.

2.      Cek Terlebih Dahulu Harga Emas Terkini

Harga emas selalu mengalami perubahan tiap harinya baik itu berupa kenaikan atau penurunan karena itu Anda harus memantau terlebih dahulu fluktasi dari harga emas ketika Anda ingin membeli emas. Untuk mendapatkan updatean dari harga emas terbaru, Anda dapat mengeceknya secara onlie dari internet.

Baca juga : Toko Perhiasan Emas Online Terpercaya, ke whizliz.com aja!

3.      Membedakan Emas Tua dengan Emas Muda

Menentukan apakah emas tersebut tua atau muda dapat ditentukan denga kadar emas yang ada dalam pada emas tersebut sama seperti mengecek kemurnian emas sebelumnya. Emas muda adalah perhiasan yang mempunyai kadar emas kurang dari 42%.

Sedangkan untuk emas tua merupakan perhiasan emas yang memiliki kadar setinggi 42%. Untuk emas muda memiliki kandungan campuran emas yang lebih sedikit jika disamakan dengan campuran logam lain ketika proses membuat sebuah perhiasan emas.

4.      Menguji Keaslian Emas

Apabila Anda ingin mengetahui tingkat keaslian dari perhiasan emas atau tingkat kemurnian emas yang Anda miliki, maka Anda dapat mengecek sertifikat dari perhiasan tersebut. Contohnya pada perhiasan dengan tulisan “10K” atau “14K” maka menunjukkan tingkat karat yang ada pada perhiasan tersebut.

Oleh karena itu, semakin tinggi nilai karat dari sebuah perhiasan, akan jadi semakin naik juga harga dari perhiasan itu.  Anda juga dapat memerikas tingkat keaslian dari emas Anda dari warna emas itu sendiri, tempat membeli perhiasan dan lain-lain.

Baca juga : Whizliz.com: Toko Online Perhiasan Emas Dengan Bermacam Brand

5.      Simpan Nota dan Sertifikat Kepemilikan Emas Anda Setelah Pembelian

Nilai emas dapat turun jika Anda tidak memiliki sertifikat kepemilikan emasnya. Hal tersebut dapat berupa sertifikat emas, nota pembelian, dan kuitansi. Apalagi jika Anda membeli emas dari toko emas yang berada di pasar tradisional yang mana biasanya tidak memiliki standar resmi dalam penentuan kadar emas.

Maka dari itu, informasi mengenai tingkat kadar emas seperti sertifikat, kuitansi, dan nota pembelian dapat menjadi bukti ketika Anda ingin menjual emas tersebut.

Itulah beberapa Tips Membeli Emas agar tidak rugi. Emas banyak dimanfaatkan orang sebagai perhiasan atau investasi. Yang manapun itu pastikan Anda tidak asal melakukan pembelian emas dan tetap perhatikan hal-hal yang sudah dijelakan di atas ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *