Tips Memilih Sepatu Roda Untuk Anak, Ini Rahasianya!

Memilih sepatu roda untuk anak tidak bisa dibilang sulit, tapi juga tidak mudah. Biasanya anak-anak akan memilih dari segi estetika keindahan dan warna. Bagaimana sebaiknya yang dilakukan oleh orangtua?

Banyak yang membaca tulisan Kak Niken tentang tips mengajarkan sepatu roda untuk anak. Ternyata rata-rata mereka kebingungan saat ingin membeli sepatu roda yang cocok. Akhirnya saat tiba di toko olahraga, mereka justru kembali ke rumah dengan tangan kosong.

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini olah raga sepatu roda semakin digandrungi oleh masyarakat. Baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Tak jarang kita melihat segerombolan anak sedang berlatih bermain sepatu roda di lingkungan rumahnya.

Memilih sepatu roda untuk anak
Memilih sepatu roda untuk anak (pict by koran id)

Hal itu menandakan para orangtua sangat antusias ketika melihat anaknya mulai tertarik dengan olah raga yang membutuhkan keseimbangan itu. Walaupun aktivitas ini cukup menantang dan berbahaya, bersepatu roda sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang dan kesehatan anak.

Apalagi bermain sepatu roda sebenarnya sudah dapat dilakukan anak sejak usia dini. Pegalaman Kakak Kalila memulai bermain sepatu roda di usia 4 tahun. Tentu balik lagi ke kesiapan masing-masing anak ya moms.

4 Tipe Sepatu Roda

  1. Inline skate

Seperti yang kita lihat, banyak anak yang menggunakan inline skate ini. Sebenarnya apa itu inline skate? Merupakan sepatu roda yang keempat rodanya disusun secara lurus dari depan ke belakang. Namun sekarang ada juga inline skate yang bisa dirubah posisi rodanya menjadi seperti bajaj, alias roda belakang kanan kiri dan dua di depan lurus sejajar.

Tentunya saat anak yang pertama kali mencoba berdiri menggunakan sepatu roda jenis ini tidak dapat berdiri tegak dan sulit diseimbangkan. Tapi, sepatu roda jenis ini bisa menciptakan banyak variasii gerakan. Contohnya, fitness inline skate, aggressive inline skate, freestyle inline skate dan racing inline skate.

inline skate
Inline skate (pict by my-best id)
  1. Quad Skate

Jika kita memilih sepatu roda jenis yag satu ini memang lebih mudah digunakan bagi pemula. Karena memiliki 4 sudut roda, bagian kanan dan kiri masing-masing dua roda. Menggunakan sepatu roda jenis ini memudahkan anak untuk berdiri tegak. Namun, tipe ini tak dapat melaju dengan kecepatan full.

Quad skate
Quad skate (pict by shopee)
  1. Mounting Type

Pernah lihat anak-anak menggunakan sepatu lalu bisa meluncur? Nah sepatu roda jenis ini bisa dipasang pada sepatu. Bentuknya berupa rangka yang memiliki roda dan tali pengikat. Dengan harga relative terjangkau, anak-anak biasanya suka juga dengan jenis kasual ini.

Mounting type
Mounting type
  1. Roller Shoes

Merupakan jenis kombinasi sepatu sneakers dan sepatu roda. Rodanya sudah terpasang di bagian tumit sol sepatu. Agar mudah meluncur, kita hanya perlu menekan gravitasi tubuh ke bagian belakang. Jika rodanya sudah rusak, bisa dilepas. Lebih praktis karena ada dua sepatu dalam satu pemakaian.

Roller shoes
Roller shoes (pict by Amazon UK)

Gimana, sudah menemukan jenis sepatu roda yang sesuai dengan anak kita? Perhatikan tips bermain sepatu roda yang baik ya moms.

Kita harus memilih dengan pertimbangan desain dan bahan sepatu roda yang aman. Agar si kecil bisa bermain dengan nyaman. Hal itu tentu akan berbeda jika kita membeli sepatu roda dengan tujuan kompetisi dan perlombaan.

Perhatikan Hal ini Saat Memilih Sepatu Roda Untuk Anak

  1. Ketahui tujuan

Dengan mengetahui tujuan menggunakan sepatu roda maka kita bisa menentukan tipe yang cocok untuk anak. Kalau hanya digunakan untuk bermain sehari-hari bisa membeli tipe biasa. Namun jika tujuannya untuk kompetisi atau perlombaan maka pilih dengan spesifikasi dan tipe tertentu. Biasanya harga yang ditawarkan juga lebih mahal dari jenis yang biasanya.

Jangan sampai karena kita punya uang untuk membeli dengan harga mahal, lalu beli yang mahal. Ehh ternyata sepatu roda tersebut jarang dipakai. Alasannya nggak ada waktu bermain sepatu roda. Duh…. Sayang banget kan. Sini kasih Kakak Kalila aja itu sepatu roda. Wkwkw.

  1. Cek tingkat kemampuan anak

Penting banget nih moms. Ketahui lebih dulu kemampuan anak kita sampia dimana. Karena membeli sepatu roda bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Misalnya masih newbie, bisa cari sepatu roda model quad skate atau inline skate.

  1. Pertimbangakan harga

Cek ricek lagi anggaran dana kita ya moms. Kalau untuk pemula lebih baik yang masuk budget. Belum butuh kok beli dengan harga juta-jutaan. Hehe. Itu sih kalau Kak Niken ya. Pasalnya, kami beli sepatu roda untuk Kakak Kalila kisaran 200ribuan saja. Dan cukup awet selama digunakan rutin 3 tahun ini.

Baca juga: Ide permainan konstruktif untuk anak

Semua itu balik lagi pada kebutuhan masing-masing pengguna. Jika saat ini anak kita baru mulai belajar, maka belikan yang sesuai. Kak Niken rekomendasikan moms untuk memahami lebih dahulu teknik dasar sepatu roda.

Jika suatu saat memang sudah mulai konsisten belajar dan ingin naik tingkat, maka boleh belikan dengan budget lebih dari sebelumnya. Tentu spesifikasi juga mendukung.

Inilah tips memilih sepatu roda untuk anak yang mudah kita pahami. Selamat menemani anak-anak berolahraga!

35 thoughts on “Tips Memilih Sepatu Roda Untuk Anak, Ini Rahasianya!”

  1. Jujur aja baru tau nama-nama sepatu roda tersebut ada inline skate, quad skate, mounting type, roller shoes kirain namanya sama semua, suka sih liatin anak2 pas lagi CFD main sepatu roda kayaknya asik, mau coba tapi belum berani hehe.

    Reply
  2. Teknik dasar anak memang harus diperhatikan lebih dahulu ya. Saya beli inline skate buat anak. Eh dipakainya cuma sebentar… Entah ia ga bisa atau malas, akhirnya ga dipakai lagi … Padahal belinya lumayan juga ya harganya

    Reply
  3. Sepatu roda juga mulai menjamur di tempat ku. Banyak anak-anak yang mulai Makai sepatu roda saat CFD an. Ternyata banyak juga ya jenis sepatu roda itu.

    Reply
  4. Kalau ingat sepatu roda, saya jadi ingat si Olga, tokoh fiksi yang ditulis Hilman yang jago sepatu roda. terus zaman kecil itu, tetangga saya juga punya sepatu roda yang 4 sudut roda. hanya kayaknya dulu hanya rangka, Mbak NIken. Jadi pakai sepatu sendiri.
    Tapi untuk jenis Roller shoes, saya baru tau, Mbak. Makanya tidak pernah lihat orang pakai.

    Reply
  5. Aku punyanya inline skate nih itu juga dapat hadiah tapi begruna buat anak-anak waktu itu untuk main. Enaknya inline skatenya bisa ditarik gitu ternyata ya ukurannya. Aku belum bisa mainnya takut jatuh kalah sama anak-anak 😀

    Reply
  6. Aku sempat ingin membelikan anak sepatu roda, namun urung karena kurang bisa digunakan di tempat tinggal kami saat ini. Selain itu, tidak banyak (malah bisa dikatakan hanya satu dua anak saja) yang memakai sepatu roda.

    Tapi, saran kakak Niken ini peting sekali ya, mengingat si anak selalu saja ngomongin sepatu roda walau nggak maksa. Siapa tahu ke depan ada kondisi di mana anak saya juga perlu sepatu roda.

    Reply
  7. Kirain sepatu roda sama semua, Kak Niken. Ternyata macam-macam ya jenisnya. Aku tahunya dari keponakan yang mupeng banget main ginian. Bisa buat rekomendasi nih biar aman dan nyaman pas main sepatu roda. Thx infonya yg bermanfaat.

    Reply
  8. Rekomen nih kak informasinya, jadi tahu pilihan apa yang tepat buat keponakan daku nantinya. Sebab bisa disesuaikan dengan tipikalnya ponakan daku.

    Reply
  9. Jadi kalau untuk pemula yang ingin makai sepatu roda, bisa ya pakai type Quad Skate yang lebih mudah.

    Tujuan dan kemampuan yang dimiliki dalam memakai sepatu roda, bagi saya sangat-sangat penting juga. Jangan sampai ya, beli sepatu roda hanya untuk keinginan saja.

    Reply
  10. Hahahaha… Dari dulu adek-adekku tuh mau banget belajar main sepatu roda. Tapi ya gitu, pengennya musiman. Udah gak ada temen yang pake. Yaa udah gak kepinginlagi. syukur deh gak jadi keluar duwit wkwk

    Reply
  11. Anak-anak saya pakek inline skate semua. Awalnya emang agak susah pas ngajarinya. Tapi begitu bisa ya lancar-lancar aja. Tapi ya gitu deh kalau nggak punya alasan yang jelas mengapa harus belajar main sepatu roda. Begitu bosan ya mereka tinggalkan ganti main sepeda.

    Reply
  12. mounting sama quad bentuk desain rodanya mirip ya kak, beda di desain sepatunya.
    disini lagi musim lagi loh sepatu roda. mungkin alternatif karena harga sepeda merokeeeet sekali semenjak pandemi ini

    Reply
  13. Di lingkungan tempat tinggal saya juga sudah banyak anak2 yang pakai sepatu roda. Kalau anak2 udah agak gedean juga saya rencana mau belikan sepatu roda tapi ternyata kalau mau pilih sepatu roda nggak boleh asal ya. Saya baru tahu soal ini, makasih tipsnya.

    Reply
  14. Bagian terpenting banget nih. Saat masih newbie, harus cari sepatu roda model quad skate atau inline skate. dari kmrn Dewi maju mundur mau beliin sepatu roda buat anak karena masih belum yakin untuk newbie yang baik yg mana:) many thanks kak

    Reply
  15. Saya jadi tau jenisnya bahkan ada rollwe shoes jg yg bisa dilepas pasang, kl ngeliat anak kecil udh pinter main sepatu roda rasanya pengin ikutan jg ey haha. Tentu sj sih selalu dg pelindung lutut

    Reply
  16. Sejauh ini hanya pernah melihat ponakan pakai yg jenis online skate itu dah mbak. Ehh banyak pisan ya varian sepatu rodanya. Dan lagi kalau anak pakai ini, sebelum mereka bener2 pham menggunakannya, wajib di dampingi keluarga ya mbak.

    Sayang juga kalau beli mahal mahal ujung ujungnya ga kepake, huhuhu

    Reply
  17. Sama, sekitar 4 tahunan yang lalu beli 200-an juga, tapi sampai sekarang masih jarang dipakai hehe. Belum sempat nyobain belajar pakai lagi, apalagi jalan di sini nggak kayak di rumah lama, agak susah karena sempit.

    Reply

Leave a Comment