7 Tips Memilih Softlens Untuk Pemula Yang Benar

Tips mememilih softlens ini jadi kenangan manis buat kami. Sebelum kami menikah, mantan pacar yang kini jadi suami selalu bertanya, “Kamu nggak mau nyoba coba pakai softlens?” Sepertinya karena melihat banyak teman di tempat kerja dan lingkungannya yang menggunakan lensa kontak. Akhirnya penasaran ^_^

“Kayaknya kalau kamu pakai warna abu-abu bening wajahnya jadi lebih menonjol deh.” Begitu katanya pada percakapan lainnya menjelang hari pernikahan kami. Tetap ya, usaha! Demi melihat Kak Niken pakai softlens.

Dilain pihak, Kak Niken juga memiliki keinginan untuk coba menggunakan lensa kontak, walau pada dasarnya nggak ada masalah yang terkait dengan kesehatan mata. Bahkan saat itu mantan pacar rela mencari tips memilih softlens untuk pemula dan bagaimana tips pemakaian softlens agar tidak iritasi/kering.

Lensa kontak atau biasa disebut softlens berfungsi untuk membantu memperjelas penglihatan dan membuat fungsi mata meningkat. Biasanya terletak pada kornea mata sehingga akan membuat penglihatan menjadi lebih jelas. Termasuk pada pengidap rabun jauh maupun rabun dekat.

Tak dipungkiri sudah banyak teman-teman yang menggunakan softlens karena memang matanya minus atau hanya sekadar pelengkap penampilan. Bagi Kak Niken hal itu sah-sah saja, asal tetap memperhatikan kesehatan mata.

Untuk yang baru mau mencoba menggunakan lensa kontak, tentunya bingung bagaimana cara memilih softlens terbaik untuk mata. Apa saja unsur penting dalam memilih softlens? Pilih merk apa dan varian apa?

Suatu kali Kak Niken ngobrol-ngobrol dengan teman lama yang memang sering menggunakan lensa kontak. Akhirnya dapat informasi bagaimana cara memilih softlens yang aman bagi pemula.

Tips memilih softlens untuk pemula
Cara menggunakan softlens (pict by klikdokter)

Ini Dia Tips Memilih Softlens Untuk Pemula

Ini dia 7 tips memilih softlens yang aman dan nyaman, terutama bagi para pemula.

●    Pastikan ukuran minus pada mata

Seperti halnya kacamata, menggunakan lensa kontak juga perlu ukuran yang tepat terlebih untuk mata minus. Maka sangat penting untuk memeriksakan minus kita ke dokter mata. Agar kita memahami tips memilih softlens untuk mata minus.

Pilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan, yaitu untuk membantu penglihatan atau sekadar mempercantik penampilan. Hindari menggunakan softlens yang bersifat “mengobati” pada mata yang masih tergolong normal.

●    Sesuaikan kadar air softlens

Bagaimana dengan kadar air softlens yang bagus? Tenang aja, kita juga bisa mengecek kadar air mata untuk mendapatkan rekomendasi softlens yang cocok. Lensa kontak dengan kadar air di bawah 50% tergolong berkadar air tinggi sedangkan kadar air rendah apabila di bawah 50%

Misalnya, lensa kontak dengan kadar air 42% artinya material lensa hanya sebesar 58% dan sisanya berupa air.

Maka, jika produksi air mata kita cenderung sedikit biasanya akan dapat rekomendasi menggunakan lensa kontak berkadar air rendah yang sedikit menyerap air mata sehingga tidak mudah kering.

Akan tetapi jika kondisi air mata kita normal, biasanya direkomendasikan menggunakan softlens dengan kadar air tinggi. Agar dapat meneruskan oksigen lebih banyak ke area mata.

●    Jangan tergiur harga murah

Harga miring? Tentu sangat menarik. Apalagi di marketplace banyak sekali penjual lensa kontak dengan harga murah. Kesalahan pengguna lensa kontak pemula adalah tergiur harga yang murah karena sebatas ingin coba-coba.

Saran Kak Niken, pilihlah seller atau brand yang terpercaya. Memiliki jaminan keamanan dan terdaftar resmi di KeMenKes RI serta cari merek yang memang terbukti berasal dari perusahaan terbaik. Karena harga mencerminkan kualitas.

Softlens Miacare
Softlens Miacare

●    Pilih diameter softlens yang tepat

Unsur penting memilih softlens yaitu ukuran diameter. Diameter lensa kontak tentu berpengaruh pada tingkat kenyamanan si pengguna. Ukuran softlens untuk mata normal tentu berbeda dengan mata yang lebih kecil atau sipit. Namun ada juga yang memiliki mata sipit tapi lebih nyaman menggunakan lensa kontak yang diameternya lebih besar (misalnya 16 mm) dengan alasan agar matanya terlihat lebih penuh.

Bagi yang memiliki ukuran mata normal, biasanya akan memilih ukuran softlens untuk mata normal yaitu 14 mm.  Oh iya, sebenarnya jika kita menggunakan softlens dengan diameter besar (misal 22 mm) tentunya akan lebih terasa mengganjal dan nggak nyaman digunakan. Bahkan terlihat terlalu fake.

●    Pilih softlens tipis atau tebal?

Bingung nggak si kalau diminta pilih lensa kontak yang tipis atau tebal? Tentunya semakin tipis, maka semakin nyaman karena seperti tidak menggunakan “sesuatu” pada mata kita. Namun juga beresiko akan lebih mudah sobek.

Sedangkan kalau pilih tebal, tentu lebih aman dan tidak mudah sobek. Akan tetapi biasanya terasa ada yang mengganjal di area mata. Untuk pemula, sebaiknya gunakan yang tipis agar merasa nyaman lebih dahulu.

●    Catat dan cek tanggal kadaluarsa

Jangan karena keasyikan memakai, eh jadi lupa dengan tanggal kadaluarsa softlens yang digunakan. Ingat, ada yang dua minggu, tiga bulan bahkan ada juga yang hanya sehari lho.

Pastikan juga lensa kontak yang kita gunakan selalu bersih dan masih baik untuk digunakan agar terhindar dari dampak buruknya. Seperti iritasi, mata perih, gatal, atau gangguan mata, misalnya konjungtivitis.

●    Pilih softlens dengan teknologi terbaru dan terpercaya

Tips memilih softlens untuk pemula selanjutnya yaitu perhatikan perkembangan teknologi. Lensa kontak tentu selalu mengalami perubahan teknologi dari masa ke masa. Salah satunya dengan penggunaan Hydrogel, di mana teknologi ini akan memungkinkan oksigen mengalir dengan bebas.

Bahkan kini ada juga yang menggunakan teknologi UV Blocking sehingga dapat mencegah kerusakan softlens dan mata saat terpapar sinar matahari.

Sudah banyak merk softlens yang beredar di pasaran, mulai dari produk lokal bahkan impor. Untuk para pemula yang baru saja mencoba memakai softlens adalah pilih saja produk softlens dari merk yang terpercaya, seperti Miacare.

Miacare, Merk Softlens untuk Pemula

Jujur saja, Kak Niken juga baru kali ini dengar nama brand Miacare. Browsing di internet ternyata brand ini sudah sangat mumpuni di bidangnya. Kalau kita baca di websitenya Miacare.co.id ternyata produk ini sudah didukung oleh sumber daya dan pengetahuan BenQ Material. Tahu BenQ kan?

Sebagai salah satu perusahaan optik terunggul di Taiwan, Miacare menghadirkan softlens Silikon Hidrogel yang diproduksi dengan teknologi revolusioner. Atau disebut dengan “Teknologi Silikon Hidrofilik EautraSil”.

Dengan kata lain, merupakan suatu permulaan era baru yang dapat memberikan kenyamanan dan kesehatan untuk mata kita saat memakai softlens.

Miacare softlens
Miacare softlens 9pict by Miacare.co.id)

Kelebihan Miacare Softlens

Sebagai no.1 Healthy and Charming Softlens in the world, softlens Miacare sudah menggunakan Silicone Hydrogel (SiHy). Yang artinya lensa kontak ini bisa meningkatkan kadar oksigen 5x lebih banyak dibandingkan regular hydrogel. Maka tak heran jika Miacare disebut sebagai ahlinya SiHy softlens.

Sehingga dapat memberi jaminan pemakaian lebih aman serta Ultra-Comfortable, jika dipakai dalam waktu lama.  Memiliki high water content dan oxygen transmissibility, DK/t 193 (tingkat penyerapan oksigen) yang sangat baik di dunia.

Dengan menggunakan teknologi EutraSil Plus, maka formulanya dapat melindungi dari sinar UV atau UV Blocking. Bahkan pemberian warna dengan teknologi titik halus dan dibuat dengan 3 layer. Sehingga warna yang dihasilkan lebih natural dan kualitas pandangan tetap jernih. Nyaman dipakai lebih dari 8 jam.

Sudah tahu bagaimana tips memilih softlens untuk pemula, kini kita mau pilih softlens warna apa? Warna macam-macam softlens Miacare CONFiDENCE Shimmer (daily) tersedia dalam 3 varian, yaitu: Ocean Blue, Pearl Grey, dan Hazel Nude.

Dimana kita bisa membeli softlens warna SiHy Miacare? Miacare salah satu merk softlens untuk pemula yang bisa kita dapatkan di Shopee dr.Hsieh Official. Softlens tersehat dan alami, pilih aja Miacare! Softlens terbaik untuk mata.

 

 

 

24 thoughts on “7 Tips Memilih Softlens Untuk Pemula Yang Benar”

  1. Memakai softlens atau lensa kontak memang tak semudah memakai kacamata ya, Mbak. Harus telaten membersihkan juga. karena kurang bersih, mata bisa iritasi juga. terus itu jangan tergiur harga murah.

    Reply
  2. Catet aahhh, semoga suatu saat memberanikan diri untuk pake softlens. Karena seumur-umur belum pernah pake sama sekali karena takut salah, eh nemu artikel ini. Izin save yaa.

    Reply
  3. Asik dapat tips nya dari Kak Niken, karena kalau jadi nyoba ini bakal jadi pengalaman pertama daku, masih degdegan sih

    Reply
  4. Aku pernah liat ade iparku pada pake softlens karena matanya minus waktu mau nonton bareng film 4D di bioskop. Kadang tuh pengin juga nyobain. Tapi gak berani hahaha. Takut mata iritasi.

    Reply
  5. Dulu pernah nyobain mau pakai softlens, kok jadi sulit ya masangnya. Mungkin karena gak tau cara pasangnya. Sebetulnya terkadang kepengen banget pakai softlens supaya lebih praktis.

    Reply
  6. Dulu suka banget pakai softlens warna, bahkan waktu nikahan juga pakai biar keliatan beda. Dan memang milih softlens harus hati-hati terutama untuk pemula, pilih yang berkualitas biar nggak iritasi.

    Reply
  7. Buat yang suka lupa di mana letakin kaca mata memang softlens ini bisa jadi solusi banget. Miacare ini produk softlens yang lagi hits ya kak. Kepo sih aku pengen nyoba juga.

    Reply
  8. Boleh juga nih tipsnya Mbak. Kalau mau pake softlens emang bagusnya nggak boleh sembarangan pilih softlens ya karena bisa bahaya. Akan lebih bagus memang menggunakan softlens yang udah terjamin kualitasnya seperti softlens miacare ini.

    Reply
  9. Memilih softlens emang nggak bisa main-main. Karena dipakainya langsung banget ke mata. Jadi kudu ekstra hati-hati.

    Ada kalanya, saya begitu ingin menggunakan softlens. Tapi masih agak takut-takut. Hehhee

    Reply
  10. Selalu penasaran sama teman-teman yang kok kayaknya praktis banget pake softlens. Gak perlu ribet pake kacamata. Walau sampai sekarang masih bertahan pake kacamata, boleh deh..save dulu postingan ini, buat referensi kalau-kalau besok mau coba pake softlens.

    Reply
    • Aku juga tergoda pengen beralih ke soflens mbk. Praktis gitu liat temen-temen. Tapi masih ngeri. Takut gak bener waktu pasang dan copotnya

      Reply
  11. Penasaran banget sama teman yang pake soflens ini Mbak. Apa nggak sakit matanya gitu, tapi nggak berani nanya. Dari info tulisan ini jadi tahu deh apa itu soflens, bagaimana pemula memilih soflens dan berbagai informasi lainnya.

    Reply
  12. Kayaknya lebih banyak yang memutuskan memakai softlens ketimbang pakai kacamata ya, soalnya lebih praktis dan bebas beraktivitas. Apalagi kita bebas memilih warna softlensnya.

    Perlu banget mengetahui tips memilih softlens, kalau nggak tau sama sekali, bisa membahayakan kesehatan mata. Dan memilih softlens berkualitas adalah hal yang sangat penting. Jangan karena tergoda harga murah, malah mengabaikan kesehatan mata.

    Cocoknya pakai softlens dari Miacare nih ya…

    Reply
  13. harus catat kadaluarsa agar bisa di pake terus, jika sudah mendekati kadarluasa harus di buang saja karena tidak layak di pake

    Reply
  14. benar sekali kak niken, pilih softlens nggak bisa sembarangan ya
    kualitasnya harus bagus, terutama kadar airnya
    biar saat dipakai, mata tdk kering

    Reply
  15. Bagus2 ya warnanya softlens Miacare.
    Kadang pengen liat penampilan sendiri dg warna mata berbeda. Tapi akunya blm berani pake softlens, hehe. Memilih softlens pun gak boleh asal ya, karena terkait dg kesehatan mata. Kudu bgt perhatiin tipsnya.

    Reply
  16. iya nih, harus catat kadaluarsanya kapan
    kupikir gak ada kadaluarsanya, asal disimpan di air
    eh ternyata ada
    soalnya pakai bahan-bahan kimia

    Reply
  17. Ternyata ada ketentuannya kalau pemula ya Ini penting banget karena memakai softlens butuh untuk terbiasa. Kalau pemula pasti nggak akan nyaman jika salah pilih.

    Reply
  18. Boleh juga nih tipsnya Mbak. Saya sendiri memiliki mata minus dan ada keinginan gitu mau pake softlens biar punya penampilan baru hehe cuma rada takut hehe tapi kalau ada softlens yang kualitasnya terjamin , teknologinya juga canggih dan sudah menggunakan SiHy seperti Miacare ini ya pasti nggak diragukan lagi

    Reply

Leave a Comment