5 Tips Menata Kamar Tidur Sederhana Minimalis

Menata kamar tidur sederhana ternyata tidak bisa dibilang mudah. Kalau kita tidak punya sense of decorating, alhasil justru membuat kamar terlihat semakin sempit. Hmm… kalau sudah seperti ini, biasanya bikin nggak nyaman. Padahal kerjaan kita saat ini lebih banyak dilakukan di area rumah, khususnya kamar tidur ^.^ 

Tahun 2018 pernah main ke rumah salah satu teman sekolah anak, kebetulan orang tuanya merupakan pegiat home decor lover dengan konsep Scandinavian Minimalist. Area ruang tamu, kitchen set dan laundry room-nya sangat eye catching berkat sentuhan tangan dingin si pemilik rumah. 

Nggak disangka untuk area kamar tidur yang berukuran kecil tapi bisa di dekor dengan apik olehnya. Tak ada lemari pakaian yang biasanya berdiri tinggi di dekat kasur. Penasaran dong, apa yang dilakukan agar kamar terlihat bagus? Bagaimana menata kamar tidur sempit sederhana jadi tampak instagramable dan nyaman? 

Dari situ cuma bisa mikir, “Kapan ya kira-kira aku bisa memiliki rumah sendiri dan bisa di dekor sesuka hati agar cantik seperti ini?” Ahaha… Aamiin-in dulu ya. 

Bagi pemilik rumah mungil dan kamar tidur minimalis biasanya cukup kebingungan bagaimana menata kamar tidur sempit. Dengan kondisi luas kamar terbatas tapi tidak ingin terlihat sempit jadi kunci dalam menata rumah. Tentu hal tersebut jadi tantangan tersendiri dan biasanya hanya orang yang memiliki sense of good decoration yang bisa mewujudkannya. 

menata kamar tidur sederhana
Pict by Dekoruma

Kamar Minimalis Modern

Tak perlu khawatir bagi Anda yang memiliki kamar minimalis modern. Walau terbatas untuk tempat penyimpanan barang tetapi ada cara untuk menata kamar tidur agar terlihat luas. 

Karena nggak perlu berpatokan pada besar atau kecilnya kamar, menata kamar tidur dengan tepat nyatanya tetap bisa memuat banyak barang lho. Apalagi kalau hasilnya jadi lebih nyaman dan indah dipandang. Untuk bekerja dari rumah atau sekolah daring pun semakin terasa menyenangkan. 

Tips Menata Kamar Tidur Sederhana

Pilih Minimalis Furniture

Penting untuk memastikan furniture yang kita pilih tidak memakan banyak tempat. Misalnya, Anda bisa memilih tempat tidur dengan laci bawah ditambah meja kerja dengan desain minimalis.  

Dengan pilihan furniture yang minimalis Anda bisa berkreasi dengan layout kamar tidur sederhana untuk memunculkan kesan lebih menarik. Sangat penting untuk memperhatikan proporsi furniture dengan luas kamar. 

Batasi Palet Warna

Menata kamar tidur sempit bisa dimulai dengan pemilihan cat untuk dinding kamar. Antara furniture dan warna dinding harus bisa menunjukkan perpaduan warna yang selaras dan sesuai dengan karakter Anda. 

Tahukah Anda, bahwa warna netral atau pastel merupakan pilihan paling tepat untuk desain kamar tidur sederhana dan murah. Warna netral dengan nuansa terang ternyata bisa membuat ruangan menjadi lebih luas. 

Secara psikologis tentu akan mempengaruhi pikiran dan tubuh kita untuk bergerak bebas dan leluasa secara positif. O iya, Anda juga bisa menggunakan corak yang serupa untuk bagian dindin, furniture dan juga tempat tidur.

Sesuaikan dengan Kebutuhan Personal

Hiasan apa saja untuk kamar tidur? Tentu akan berbeda bagi setiap orang. Maka pilih furniture yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Bisa juga menggunakan storage untuk menambah ruang penyimpanan. 

Jika membutuhkan gantungan bisa memaksimalkan bagian dinding dengan instalasi pegboard atau papan kayu yang bisa digunakan sebagai rak buku, mood board, atau gantungan baju. 

kamar tidur minimalis
Pict by Interior design id

Pasang Hiasan

Apa yang dilakukan agar kamar terlihat bagus? Sebagai tim rebahan…. Eh, hehe intinya kalau Anda sedang butuh rebahan pastinya ingin merasa nyaman dan pemandangan enak dilihat. Maka di kamar yang sempit juga tetap membutuhkan hiasan. Bisa berupa tanaman hias di sudut kamar, lampu terang pada cermin atau dinding, dan karpet sebagai pelengkap. 

Semua hiasan yang dipajang dengan terorganisir rapi dan manfaatkan area dinding semaksimal mungkin. 

Baca juga: Cara merawat mobil tua

Atur Pencahayaan

Kunci dari menata kamar tidur sederhana terletak pada pencahayaan. Jangan menghalangi cahaya matahari yang masuk ke dalam kamar. Anda juga bisa menambah pencahayaan dari lampu yang dipasang pada beberapa bagian kamar namun cahayanya tidak terlalu terang agar sudut ruangan terlihat lebih luas. 

Kamar merupakan tempat kita mengawali dan mengakhiri hari. Maka merapihkan kamar tidur dan menatanya ulang mampu membawa banyak manfaat untuk menjaga kesehatan mental dan tubuh. Itu dia 5 cara mengatur kamar tidur minimalis. Silahkan dicoba!

 

Leave a Comment