Tips Mencari Tempat Kost Jakarta yang Tepat bagi Mahasiswa

Banyak mahasiswa yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi berasal dari dalam kota tempat kampus mereka berada. Namun tak sedikit pula mahasiswa yang mereka berasal dari luar kota, seperti contohnya menempuh pendidikan di Kota Jakarta namun mereka berasal dari kota lain.

Jika berada di luar kota pastinya akan memerlukan kost jakarta sebagai tempat tinggal. Namun di dalam memilih kost mahasiswa tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Hal itu dikarenakan rumah kost akan jadi tempat tinggal utama ketika belajar di perguruan tinggi.

Saat ini mahasiswa tengah dituntut untuk bisa jauh lebih mandiri di dalam melakukan proses pembelajaran. Bagi Anda yang saat ini merupakan seorang mahasiswa dan tengah mencari rumah kost Jakarta, maka Anda perlu membaca tips berikut ini.

Apa Saja Tips Mencari Tempat Kost yang Tepat?

Pertimbangkan Mengenai Lokasi

Salah satu hal yang penting di dalam melakukan pemilihan tempat kost yaitu lokasi. Hal itu dikarenakan lokasi adalah bagian yang memang begitu penting. Sangat disarankan sekali bagi Anda memilih lokasi kost yang berada dekat dengan area kampus.

Sebagai seorang mahasiswa, maka jadwal kuliah mungkin saja jauh lebih santai. Jadi ketika Anda selesai kuliah dan ingin pulang, maka bisa langsung menuju ke rumah kost. Maka dari itu, penting dalam memilih tempat kost yang berada di jarak tidak terlalu jauh dari lokasi perkuliahan.

Untuk Anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi, maka sangat disarankan agar mencari kost yang berjarak lebih dekat. Setidaknya Anda pilih tempat kost yang berjarak kurang lebih 500 meter dan disarankan lokasinya memang dekat keramaian serta strategis.

Cek Fasilitas

Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan berikutnya yaitu fasilitas yang ditawarkan oleh tempat kost. Saat ini makin diperlukan banyak fasilitas agar bisa menunjang kegiatan perkuliahan Anda serta untuk memperoleh kehidupan yang lebih layak.

Alangkah baiknya di sini Anda untuk bertanya terkait mengenai fasilitas apa saja yang telah tersedia. Setidaknya tanyakan mengenai apa saja fasilitas yang nantinya akan diperoleh terutama di sini untuk fasilitas berupa wi-fi yang memang sangat diperlukan bagi seorang mahasiswa.

Ukuran Kamar

Saat ini banyak sekali rumah kost yang memang dirasa memiliki ukuran terlalu kecil. Bahkan untuk ukuran kamar hanya berkisar dua kali dua meter saja. Dengan ukuran tersebut tentunya Anda tidak bisa nyaman berada di tempat tersebut. Karena itu carilah tempat kost yang memiliki ukuran ideal.

Setidaknya Anda harus memilih tempat kost yang memiliki ukuran kamar 3 x 3 m, karena ukuran tersebut sudah layak sekali untuk dipakai.

Kamar Mandi

Hal yang tak kalah penting lagi untuk diperhatikan yaitu kebersihan dari kamar mandi. Anda pilih tempat kost yang di sini mereka memperhatikan kamar mandi. Karena tempat tersebut menjadi daerah yang harus Anda cek lebih dahulu. Jika kamar mandi kotor berlumut ataupun berdebu, maka dirasa kurang layak untuk Anda pilih. Sebaiknya di sini Anda memilih tempat kost yang memang mempunyai kamar mandi sangat layak.

Fasilitas Dapur

Tips selanjutnya dalam memilih tempat kost yaitu fasilitas dapur. Semua anak kost tentunya akan memerlukan hal itu, terutama bagi Anda yang perempuan. Dengan adanya fasilitas dapur tersebut tentu akan sangat membantu. Seperti ketika Anda ingin memasak air, mie dan lain sebagainya. Dengan adanya fasilitas dapur itu pulalah Anda sebagai penghuni kost akan semakin dimudahkan.

 

Leave a Comment