Tips Bijak Menghadapi Promo Kredit Mobil Murah

Besarnya permintaan pasar akan mobil mendorong banyak pihak menggelar berbagai promo kredit mobil murah. Tentu hal ini memberi manfaat tersendiri karena dengan program tersebut, seseorang bisa memenuhi kebutuhannya akan kendaraan roda empat dengan cara yang ringan.

Namun dalam memilih kredit mobil murah, Anda harus menerapkan berbagai pertimbangan agar tidak memberatkan kehidupan finansial Anda kedepannya. Simak tips bijak menghadapi promo kredit mobil melalui pemaparan di bawah ini.

Cermati Hal Berikut Sebelum Melakukan Kredit Mobil Murah

Pembelian mobil bisa membuat seseorang menghadapi kebingungan, terlebih jika uang yang dimiliki masih terbatas. Hal ini karena harga mobil yang masih tinggi. Tak heran jika mobil bisa disebut sebagai pengeluaran terbesar kedua setelah pembelian rumah.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk mencermati beberapa hal sebelum memutuskan untuk mengambil kredit mobil. Berikut diantaranya :

●      Periksa Cashflow Keuangan

Langkah pertama, pastikan cashflow keuangan sehat. Hitung jumlah aset, utang yang harus dibayar hingga dana yang wajib dimiliki untuk memenuhi kebutuhan hidup lainnya.

Alangkah lebih baik jika Anda telah memiliki catatan pengeluaran dan pemasukan sehari-hari karena akan memudahkan Anda dalam membuat alokasi dana dan melakukan penyesuain budget saat mengambil kredit mobil murah.

●      Pastikan Pos-pos Penting Aman

Masih memiliki kaitan dengan poin sebelumnya yaitu memastikan bahwa pos-pos penting sudah aman. Mengingat tenor kredit mobil biasanya berlangsung dalam waktu lama, pikirkan juga apakah ada pembiayaan yang perlu disiapkan dalam beberapa tahun ke depan, misal angsuran pajak kendaraan, biaya sekolah anak, renovasi rumah yang mendesak, biaya perayaan hari raya dan lain-lain.

●      Tentukan Akan Membeli Mobil Second atau Baru

Langkah berikutnya, Anda perlu menetapkan pilihan apakah akan melakukan kredit mobil baru atau mobil second. Pada mobil baru, Anda bisa dipastikan memperoleh kepuasan karena berhasil memiliki mobil yang masih mulus, body mengkilap dengan mesin yang dijamin bagus.

Selain fisik mobil, membeli mobil baru meskipun secara kredit biasanya dilengkapi dengan berbagai benefit yang menggiurkan. Namun hal yang harus Anda ingat, setiap mobil yang sudah keluar dari dealer pasti akan mengalami penurunan nilai dengan kisaran 5-10% dari harga mobil. Tak peduli jika mobil tersebut baru Anda pakai beberapa bulan dan masih tampak seperti baru, nilainya tetap akan turun.

Sedangkan pada mobil second, Anda memang harus lebih jeli dalam memilih mobil. Tak hanya urusan body, namun Anda harus menghabiskan energi ekstra untuk memastikan mesin dalam keadaan bagus. Namun, kelebihan dari kredit mobil second adalah biaya yang dikeluarkan untuk membayar cicilan per bulannya bisa lebih kecil.

●      Tetapkan Batasan Budget Kredit Mobil Murah

Nah, setelah Anda sudah memutuskan untuk kredit mobil baru atau bekas, tetapkan budget mobil yang bisa dibeli berdasarkan kondisi keuangan Anda. Baiknya, jumlah cicilan yang ditanggung tidak lebih dari 30% dari jumlah pendapatan.

Saat Anda mematuhi batasan ini, langkah kedepannya akan terasa ringan karena jumlah uang yang harus dikeluarkan masih dalam batasan. Anda bisa memeriksa harga kredit lewat brosur cicilan mobil.

●      Jangan Lupa Biaya Lain-lain

Dalam membeli mobil, Anda harus menghitung pula biaya-biaya lain yang menyertai, seperti biaya perawatan, operasional, biaya mengurus surat-surat kelengkapan mobil dan biaya lainnya misalkan untuk membeli aksesoris. Meskipun tidak tampak besar namun perlu Anda siapkan, terlebih jika Anda seseorang yang sangat memperdulikan penampilan dan kenyamanan.

tips memilih kredit mobil
Tips memilih kredit mobil

Tips Bijak Menghadapi Promo Kredit Mobil Murah

Terkadang memiliki mobil menjadi suatu keharusan terutama jika Anda memiliki mobilitas padat yang membutuhkan kendaraan yang selalu stand by kapanpun dibutuhkan. Belum lagi jika Anda memiliki anak kecil atau orang yang sudah sepuh yang membutuhkan kenyamanan lebih.

Setelah memeriksa keuangan dan memastikan langkah lainnya aman, berikut tips bijak lainnya dalam menghadapi promo kredit mobil murah yang terus bermunculan.

●      Pilih Mobil Sesuai Kebutuhan

Meski menemui beragam promo dengan benefit yang tampak menggiurkan, namun selalu pilih mobil sesuai dengan kebutuhan. Karena untuk apa membeli mobil tapi tidak bisa maksimal mengatasi permasalahan bukan?

Semisal bagi Anda keluarga kecil dengan balita di rumah yang pastinya membutuhkan bagasi lega untuk membawa perlengkapan anak, tentu akan membutuhkan jenis mobil yang berbeda dengan lajang yang hobi offroad.

●      Sesuaikan Tenor dengan Profil Risiko Anda

Tenor atau jangka waktu cicilan bisa disesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda setiap bulannya. Tenor panjang berbanding lurus dengan jumlah cicilan yang lebih kecil. Begitu juga dengan tenor pendek, otomatis jumlah cicilan yang harus dibayar juga tinggi.

Pilihan kedua bisa Anda ambil terutama jika belum memiliki banyak tanggungan, misalkan saja masih single. Dengan memilih tenor pendek otomatis kewajiban membayar kredit akan cepat selesai sehingga Anda bisa mencapai goal keuangan lainnya.

●      Perhatikan DP

Berikutnya, perhatikan DP atau uang muka yang diminta dari kredit mobil tersebut. Semakin tinggi DP maka cicilan yang harus dibayarkan akan semakin sedikit. Hal ini juga berlaku dengan semakin kecilnya uang muka. Otomatis kewajiban yang harus dibayar akan semakin besar.

●      Cek Benefit yang Menyertai

Dalam kredit mobil murah, biasanya akan disertai dengan beragam promo lainnya. Misalkan saja asuransi yang ditanggung, gratis biaya servis, bonus cashback atau bonus aksesoris mobil.

Dengan mengetahui benefit yang ada, hal tersebut bisa Anda jadikan bahan pertimbangan untuk memilih kredit yang tepat. Anda bisa mendapatkan info tersebut lewat brosur cicilan mobil, misal di pameran mobil.

Itu dia beberapa tips bijak jika Anda menemui promo kredit mobil murah di luar sana. Namun harap ingat untuk tak terburu-buru memutuskan mengambil kredit mobil murah hanya karena promo yang ditawarkan di awal saja. Pastikan pula lembaga pendanaan atau leasing yang bisa dipakai untuk promo kredit mobil murah yang ditawarkan juga terpercaya.

Untuk urusan leasing kredit mobil baru atau bekas, Maybank Finance adalah salah satu yang paling direkomendasikan. Maybank Finance bisa menjadi solusi pendanaan cepat yang tanpa ribet bagi Anda yang ingin mempunyai mobil impian.

Referensi :

https://www.carmudi.co.id/journal/6-tips-kredit-mobil-dengan-gaji-umr/amp/

Leave a Comment