Tips Parenting Anak Usia 1 tahun Yang Harus Di Ketahui

Perilaku anak dimasa mendatang terjadi karena adanya kekeliruan orangtua ketika menerapkan pola pengasuhan. Mendidik anak agar menjadi cerdas tidak hanya dengan membelikanya mainan edukatif atau memasukan ke sekolah mahal.

Tanpa kita sadari pertumbuhan dan perkembangan terasa cepat dengan berlalunya waktu. Bagi Anda para orang tua yang memiliki anak khususnya telah genap berusia satu tahun banyak hal yang berubah. Dengan perubahan ini tentu gaya mengasuh yang anda terapkan pun ikut berubah.

Pola pendidikan parenting yang tepat dan efektif terjadi melalui poroses yang panjang. Kita sadari bahwa bayi usia 12 bulan memiliki berat badan antara 7-10 kg dengan tinggi badan sekitar 70-77 cm. Pada usia ini anak kita sudah mulai ada keinginan untuk belajar berjalan, bermain “berantakan”, dan lainnya.

Dengan semakin meningkatnya fungsi motorik mereka, maka mari kita simak beberapa tips parenting anak usia 1 tahun berikut ini.

Tips Parenting Anak Usia 1 Tahun

1. Pola Makan

Tips parenting anak usia 1 tahun yang pertama yaitu memastikan pola makan si Kecil terpantau. Anak harus mendapat makanan dengan asupan nutrisi yang cukup setiap hari dan melanjutkan ASI hingga berusia 2 tahun atau lebih.

Anda dapat memberikan makanan yang dikonsumsi seluruh anggota keluarga namun dengan tekstur dan rasa yang disesuaikan. Perlu diketahui juga kebutuhan konsumsi anak 1 tahun tergantung pada berat badan dan tingkat aktivitasnya sehari-hari. Umumnya, anak memerlukan sekitar 1000 kalori per hari.

2. Kebutuhan Tidur

Tips parenting anak usia 1 tahun selanjutnya yang tak kalah penting adalah kebutuhan tidur. Dengan kebutuhan tidur yang terpenuhi dengan cukup dapat mendukung tumbuh kembang yang optimal. Sebesar 75% hormon pertumbuhan yang merangsang pertumbuhan tulang dan jaringan, serta mengatur metabolisme tubuh dikeluarkan pada saat anak terlelap.

Lama tidur yang dibutuhkan anak saat ini kurang lebih 13 jam per hari. Anda dapat membagi 13 jam ini menjadi dua waktu tidur yaitu 11 jam tidur malam dan 2 jam tidur siang.

Baca juga : Manfaat Stimulasi Motorik Halus Dalam Praktek Kehidupan Sehari-Hari

3. Beri Ruang Untuk Bergerak

Salah satu tahapan perkembangan anak usia 1 tahun adalah berjalan. Maka tips parenting yang ketiga adalah memberi ruang bergerak untuk anak. Pada usia ini anda akan menemukan bahwa anak anda akan mulai belajar berdiri dan berjalan. Anda harus menata ulang ruangan yang ada dirumah agar anak dapat bergerak dengan aman.

tips parenting anak
pict by everypixel

4. Merangsang Perkembangan Bicara

Pada usia ini anda dapat merangsang perkembangan bicara anak dengan mengajak bicara objek yang menjadi perhatian si anak dan membaca buku cerita bergambar bersama anak. Anda juga dapat membuka pembicaraan saat memberitahu apa yang harus ia lakukan dan tidak lakukan. Maka sedikit demi sedikit anak akan mulai meniru bagaimana cara berbicara yang baik.

Baca juga : Manfaat Dongeng Sebelum Tidur Bagi Anak-Anak

5. Bermain

Bermain merupakan dunia anak-anak memang lah bukan sekedar kalimat belaka. Dengan bermain kita dapat merangsang perkembangan dan pertumbuhan anak secara optimal. Anda dapat mengajaknya bermain musik sederhana dengan memukul sendok ke panci, drum mainan dan bel untuk merangsang kepekaan suara dan pendengaran. Anda juga bisa mengajak anak mewarnai gambar, menyusun kardus-kardus bekas dan lain-lain.

Demikian beberapa tips parenting anak usia 1 tahun yang telah diuraikan diatas. Sejatinya masih banyak hal yang bisa anda eksplor demi pertumbuhan dan perkembangan anak optimal. Karena menerapkan teknik parenting untuk menciptakan anak cerdas memang tidak mudah tapi bisa dilakukan.

Sebagai orangtua, tentu kita juga harus terus menggali ilmu dengan belajar dan menambah wawasan, agar bisa menerapkan pola asuh terbaik bagi anak versi diri kita. Semoga tulisan ini dapat membantu anda menambah pengetahuan mengenai parenting.

Baca juga : Belajar English Class di Kreasa, Sekolah Kreativitas Berbasis Online

Leave a Comment