5 Tips Puasa Untuk Anak Usia Dini

5 tips puasa untuk anak, yang biasanya orangtua butuhkan saat bulan Ramadhan tiba. Saatnya orangtua mengajarkan puasa pada anaknya sejak usia dini. Bagaimana caranya belajar puasa Ramadhan untuk anak agar semangat?

Latihan puasa bisa dimulai dengan beberapa tahap. Tahapan tersebut dilakukan oleh orangtua semata-mata agar anaknya terbiasa untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Sesungguhnya mengajarkan anak puasa diawali dengan memberi penjelasan yang berkaitan dengan puasa sehingga anak memiliki “strong why”.

Oleh karena itu sebelum mengajak anak-anak kita berpuasa berikan dulu penjelasan dan ajukan dulu beberapa pertanyaan mengenai puasa. Misalnya : Kenapa umat muslim harus berpuasa ramadhan? Apa yang membuat anak ingin berpuasa? Apa saja manfaat puasa untuk anak? dan lain sebagainya. Belajar puasa untuk anak akan mengubah kebiasaan mereka. Anak belajar menahan diri.

tips puasa untuk anak 2
tips puasa untuk anak 2 – www.kakniken.web.id

Itulah sebabnya melatih anak berpuasa perlu memperhatikan kesiapan fisik maupun psikologis mereka. Tak lupa juga untuk memperhatikan kondisi perkembangan serta pertumbuhan anak. Pastikan anak memiliki berat badan yang normal sesuai usianya. Dari sini kita akan mengetahui bahwa kemampuan anak untuk berpuasa akan bervariasi.

Baca juga : Cara Pintar Mam Playdate

 5 tips puasa untuk anak agar Ramadhan menjadi lebih menyenangkan 

  1. Temukan Strong Why

Berikan pemahaman makna puasa dan manfaatnya. Selain memperkuat keimanan dan mendapatkan pahala, puasa juga bisa menyehatkan tubuh dan belajar berbagi pada sesama. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti tanpa menakut-nakuti anak. Ketika kita menunjukkan manfaat puasa dan tujuannya, anak akan lebih termotivasi. Disinilah strong why kenapa anak mau berpuasa timbul. Ia akan belajar menghargai apa yang dimilikinya.

  1. Lakukan Bertahap

Saat bulan Ramadhan, orangtua dapat menawarkan anak untuk latihan berpuasa. Tawarkan sebagai bentuk kegiatan yang menyenangkan. Mulai dari puasa setengah hari sampai nantinya akan bisa puasa full dari subuh hingga bedug magrib. Disinilah peran orangtua untuk sabar dalam pentingnya mengajarkan anak puasa.

  1. Ciptakan Suasana Ramadhan di Rumah

Bulan ramadhan identik dengan suasana yang berbeda. Mulai dari tradisi, kuliner, hiasan penyemarak bahkan hiburan yang ditampilkan. Ciptakan suasana semarak di rumah agar anak juga semakin bersemangat untuk berpuasa. Apalagi jika anak melihat rutinitas yang dilakukan orangtuanya dari mulai sahur, menyiapkan menu untuk berbuka puasa hingga shalat tarawih. Sehingga ia akan mulai tertarik belajar puasa.

Ajak anak melakukan beberapa kegiatan menyenangkan dan edukatif. Misalnya : membaca buku, membuat hasta karya, membuat jurnal Ramadhan, cooking class, membuat takjil bersama, dan lainnya. Berikan ragam kegiatan bervariatif. Jangan lupa ajak anak tidur siang agar tubuhnya beristirahat sejenak.

(Tulisan selanjutnya kita akan bahas lebih detail mengenai ide bermain selama puasa–pantengin terus blognya kakniken ya)

  1. Sediakan Menu Sahur dan Berbuka Kesukaannya

Boleh banget lho kita bertanya menu apa yang disukainya untuk sahur dan berbuka puasa. Selama menu tersebut memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang cukup. Kita bisa sediakan sesuai dengan kebutuhan dan kesukaannya. Nah, momen berbuka puasa ini bisa kita sisipkan motivasi betapa nikmatnya berbuka setelah latihan puasa. Dan mengungkapkan rasa syukur pada Allah swt yang telah memberikan nikmat pada kita semua.

tips puasa untuk anak
tips puasa untuk anak – www.kakniken.web.id
  1. Beri Apresiasi

Penting bagi orangtua untuk memberikan apresiasi pada pencapaian anak sebagai upaya menumbuhkan sikap positif. Anak melalui banyak proses ketika belajar berpuasa. Maka memberi apresiasi mampu menambah semangatnya. Penting diingat bahwa apresiasi bukan hanya soal hadiah berupa barang. Tapi berupa pujian akan karakter dan nilai yang dibangun anak.

Baca juga : Pahami Diri Kuasai Ilmu

Itulah 5 tips puasa untuk anak. Walaupun tidak mudah tapi mengajarkan puasa untuk anak sejak dini perlu dilakukan. Untuk mengembangkan rasa empatinya dalam menghargai, mengekspresikan diri dan bersosialisasi.

Seperti yang sudah kami lakukan dirumah pada anak-anak. Mereka belajar puasa sejak usia dini. Semua tentu dilakukan dengan proses yang berkelanjutan sampai saat ini. Penting untuk membuat anak tetap bahagia ketika menjalankan ibadah puasa.

Bagaimana tips puasa untuk anak versi kalian?

 

Share yuk di ig kak Niken @littlebaha

25 thoughts on “5 Tips Puasa Untuk Anak Usia Dini”

  1. Aku jadi flashback pertama kali puasa lho kak Niken. Dulu diawali dengan puasa setengah hari dulu lalu kalau sudah terbiasa pusa satu hari deh. Tapi taunya Puasa itu cuma nahan lapar sama haus aja haha

    Reply
    • Iya mba. Aku dulu puasa tu malah baru mulai kelas 3 keatas. dan suka bolong-bolong gak jelas gitu. Sekarang anakku mulai belajar puasa sejak usia 3th an. Usia 6 th mulai bisa full. skrg 7 thn puasa full. sambil terus diinfoin apa dan mengapa harus puasa. hehe

      Reply
    • Alhamdulillah kak. Anak pertamaku juga sejak tahun lalu bisa puasa full. tinggal terus tanamkan makna dan strong why nya lagi berkali-kali hehe

      Reply
    • Kalau anakku mulai usia 2 tahun ikut-ikutan bangun sahur. Tapi nanti jam 7 minta makan sih. Hehe. Setiap ramadhan kami sahur, anak-anak kebangun dan ikutan sahur. mulai 3 tahun coba puassa sampi jam 9/10/12, dst. Alhmdulillah kk Kal anak pertamaku usia 6thn an bisa puasa sehari full. Dalam 30 hari tahun lalu yg puasa setengah hanya sekian hari. Tahun ini semoga bisa full. JAdi bertahap mba. terngantung kondisi masing-masing

      Reply
  2. ponakanku yang baru umur 6 tahun alhamdulillah bisa puasa semaghrib. saya kira bisa berjalan mulus eh taunya kemaren batal puasanya. memang gak bisa langsung full ya..harus bertahap.

    Reply
  3. Kebetulan anakku sekarang masih kecil banget jadi belum bisa diajak puasa, hihi. Tipsnya bagus banget nih Mba buat diterapkan nanti kalau anak sudah agak besar. Benar banget ya, kita harus menciptakan suasana Ramadan dan membangun pemahaman anak dengan baik, biar puasanya makin lancar.

    Reply
  4. Aku juga melakukan hal-hal diatas untuk mengajarkan anaku puasa. Biasanya untuk menu sahur dan buka kita melibatkan dia untuk memilih menunya, jadi biar tambah semangat puasanya. Kalau di jam-jam yang kata orang ada bagian jam laper, ini selalu alihkan dengan mengajaknya bermain.

    Reply
  5. Bener nih Mbak…anakku yg TK juga lagi belajar puasa setengah hari. Aktivitas selain bikin takjil kesukaan mereka, anak-anak saya minta mendengarkan shirah sahabat dan bermain sesukanya…yang suka gambar ya menggambar, yang suka main mobil-obilan dan jual-jualan saya berikan ruang bermain sesukanya, selain membersamainya belajar juga.

    Reply
  6. Wah terimakasih kak, ini harus banget dipraktekin nih, bener2 memancing semangat anak2 untuk belajar berpuasa di bulan ramadhan ini

    Reply
  7. Tips yang sebagian saya dapat juga dari orang tua. Sudah sejak usia 3 tahun Fahmi belajar puasa. Sekarang usia 7 tahun sudah bisa full. Insyaallah. Mengajak anak terjun langsung dalam menyiapkan menu buka dan sahur termasuk kegiatan yang disukai anak juga lho…

    Reply
  8. Jadi inget masa kecil. Aku udh puasa full dari umur 5 thn. Alhamdulillah.. soalnya aku liat ortu sahur dll kok kyknya nikmat bgt jadinya aku mau puasa dari 5 thn lgsg full karena merasa setengah hari doang kurang afdol hehe

    Reply
  9. Anakku juga mulai belajar puasa. Mumpung Masih 5 tahun belajar sekuatnya. Kadang jam 10 buka. Kadang adzan dzuhur baru buka. Alhamdulilah terbiasa dan Masih puasa sampai hr ini

    Reply
  10. Mbak Niken sejak usia berapa mulai membiasakan/mengenalkan anak berpuasa? Btw bisa buat persiapan aku juga hehe beberapa tahun lagi nih tipsnya

    Reply
    • Anak-anak mulaiikut-ikutan bangun sahur sejak usia 2 tahun. BAngun aja nemenin kami sahur. usia 3 tahun bangun sahur lalu coba ikut puasa kira-kira sampai jam 9/10/12. lalu meningkat terus seiring prosesnya. Sejak usia 6 tahun kk kal bisa puasa sampai magrib. alhamdulillah. masih terus berproses untuk strong why juga

      Reply
  11. Jadi pelajaran buat nanti kalau anakku udah besar InsyaaAllah. Strong why nih yang harus dikuatkan ya. Dulu saya gak tau sejak kecil senang banget puasa udah full 30 hari saat umur 7/8 tahun wkwk. Bahkan gak sahur pun ngotot puasa hehe tapi ya itu lemes

    Reply

Leave a Comment