5 Tips Saat Hamil Muda Agar Terhindar Dari Keguguran

Doa agar janin kuat di trimester pertama nggak putus-putus Aku panjatkan di kehamilan ketiga. Masih teringat dalam benakku, tiga bulan sebelumnya sempat mengalami keguguran. Saat itu rasa duka dan kondisi psikis yang lemah masih menyelimuti. 

Hingga berkali-kali dokter mengingatkan untuk menjaga kehamilan 1-3 bulan pertama. Dokter juga memberikan beberapa tips saat hamil muda agar terhindar dari keguguran. Karena pada trimester pertama, janin masih rentan dan butuh asupan nutrisi penting. 

Biasanya, nih, ada juga beberapa ibu hamil yang memiliki pantangan hamil muda agar tidak keguguran. Maka menjaga kesehatan saat trimester pertama kehamilan merupakan langkah yang tepat. Demi menjaga kondisi bayi dapat berkembang secara optimal. 

5 Tips Saat Hamil Muda

Beberapa cara di bawah ini bisa Moms terapkan untuk menjaga kesehatan di saat hamil muda dan meminimalisir risiko keguguran, diantaranya: 

  • Kendalikan Emosi dan Hindari Stres

Program hamil sehat tentu menjadi dambaan kaum perempuan yang sudah memiliki pasangan. Penting banget, nih, Moms untuk menghindari emosi yang berlebihan. Terutama emosi negatif agar tidak mudah stres. Tentunya nggak mudah bagi ibu hamil untuk menjaga kondisi dari gangguan emosi yang berlebihan. 

Ketika ibu hamil sedang marah atau stres, maka tubuhnya akan memproduksi hormon kortisol. Sehingga membuat aliran darah dan pasokan oksigen ke janin akan berkurang. Jika terjadi secara terus-menerus akan mengganggu tumbuh kembang janin. 

Saat stres atau sedang marah, tubuh ibu hamil akan memproduksi hormon stres yang bernama kortisol. Ketika jumlah hormon stres tersebut meningkat, pembuluh darah di dalam tubuh akan menyempit. Hal ini membuat aliran darah serta pasokan oksigen ke janin menjadi berkurang. Sehingga akan mengganggu tumbuh kembangnya. So, ibu hamil tidak boleh stres dan sedih. 

  • Perhatikan Asupan Nutrisi

Sebagian besar perempuan akan mengalami kehilangan nafsu makan pada trimester pertama kehamilan. Namun, perlu diingat kembali tips saat hamil muda agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga asupan nutrisinya. 

Makanan untuk ibu hamil muda, seperti: protein (berasal dari ikan, telur, kacang-kacangan, atau daging tanpa lemak), vitamin dan mineral serta serat dari buah dan sayur, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks. Perbanyak konsumsi air minum dan menjaga pola makan bernutrisi. 

Selain itu, cara menjaga kehamilan 1-3 bulan yang harus dilakukan yaitu dengan konsumsi vitamin prenatal. Pastikan vitamin yang dikonsumsi mengandung asam folat, zat besi, kalsium dan vitamin D, DHA, serta yodium. 

Cara mengatasi mual saat hamil muda, yaitu: makan dengan porsi kecil tapi rutin, pilih makanan yang tidak memicu mual, makan camilan sehat, minum air jahe hangat, membersihkan area gigi dan mulut. 

Hindari keguguran saat hamil muda
Hindari keguguran saat hamil muda
  • Rutin Cek Kandungan

Pernah mengalami telat haid dua bulan tapi ternyata keputihan? Maka perlu sekali bagi kita kaum perempuan untuk melakukan cek ke dokter mengenai area kewanitaan. Terutama jika kita sedang melakukan program hamil.

Program hamil sehat yang sedang dijalankan perlu didukung dengan rutin melakukan cek kandungan. Kontrol kandungan bisa Moms lakukan sejak hari pertama haid terakhir. Program hamil sehat ini dilakukan untuk mengecek berapa usia kehamilan Moms. 

Menurut Agus Jatmika Soegiarto dari PT. Kehamilan Sehat Sejahtera, “Dalam 9 bulan masa kehamilan, minimal 4 kali periksa kandungan menggunakan USG.” 

Dengan melakukan kontrol secara rutin diharapkan bisa meminimalisir risiko komplikasi pada kehamilan yang serius. Tips saat hamil lainnya yang juga penting yaitu pada pemilihan dokter atau tenaga kesehatan yang tepat dan membuat Moms nyaman.  

  • Jaga Kehamilan dari Guncangan

Bagaimanapun kuatnya tubuh kita, pada trimester pertama tetap harus menjaga dengan baik kondisi kehamilan. Karena kondisi tubuh setiap perempuan itu berbeda-beda. Jika terjadi guncangan, bisa saja janin Moms di awal masa kehamilan belum terlalu kuat. Sehingga bisa terjadi risiko. 

Tips kehamilan sehat untuk menjaga dari goncangan dan pentingnya menghindari aktivitas berat. Atur waktu istirahat dengan jadwal yang teratur dan perhatikan tanda-tanda hamil muda lainnya.  

  • Hindari Asap Rokok, Alkohol, dan Obat-obatan Terlarang

Paling nggak nyaman jika ada orang disekeliling kita yang merokok. Selain asapnya yang mengganggu dan membuat sesak, rokok juga musuh utama para ibu hamil. Beberapa penyakit yang bisa timbul akibat asap rokok, diantaranya asma dan infeksi paru-paru. 

Tips kehamilan sehat yang perlu dilakukan oleh ibu hamil yaitu hindari asap rokok,  minum alkohol, dan menggunakan obat-obatan terlarang. Karena hal tersebut akan menyebabkan komplikasi serius pada bayi.  

Mendapatkan keturunan itu hal yang sangat luar biasa bagi para pasangan. Maka kehamilan sehat menjadi kunci utama ketika ibu mengandung selama sekitar 9 bulan 10 hari. Untuk mengetahui kondisi janin, maka seperti yang disampaikan Agus Jatmika Soegiarto dari PT. Kehamilan Sehat Sejahtera, “ USG itu wajib.” 

Perlu dipahami oleh para Moms, ada beberapa kondisi gejala keguguran yang perlu diketahui. Maka ada baiknya untuk segera cek ke dokter dan melakukan USG. Itu dia 5 tips saat hamil muda agar terhindar dari keguguran. 

Leave a Comment