Tips Tidur berkualitas untuk Meningkatkan Produktivitas Perempuan

Sebagai ibu rumah tangga, content creator, dan blogger, Kak Niken seringkali mengorbankan jam tidur dengan alasan ada deadline pekerjaan atau mencari hiburan nonton drama Korea. Tidur larut malam bahkan beberapa kali menjelang waktu ayam berkokok pernah dilakukan.  

Padahal sama seperti makan dan minum, tidur merupakan kebutuhan manusia yang paling mendasar. Alhasil degan waktu tidur yang kurang dan tidak berkualitas, menyebabkan 2 tahun belakangan mengalami perubahan bentuk tubuh dan kesehatan. Eh… kok ke bentuk tubuh? ^.^

Hampir sebagian orang pernah mengalami tidur yang tidak berkualitas. Andaikan hal itu terus-menerus berkelanjutan maka dapat menyebabkan masalah pada kesehatannya. 

Resiko penyakit akibat tidur tidak nyenyak selama bertahun-tahun dapat menyebabkan resiko penyakit yang cukup serius, misalnya obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan depresi. 

Nah itu dia, masalah kegemukan dan depresi pernah menghantui Kak Niken. Sejak setahun belakangan berat badan naik 7 kg dan itu sudah melebihi dari target awal. Hal ini nggak boleh terus-menerus terjadi, maka perlu tips tidur berkualitas.

Tips Tidur Berkualitas
Tips tidur berkualitas

Komponen Utama yang Perlu Diperhatikan saat Tidur

Terdapat dua komponen utama yang sebaiknya perlu kita perhatikan dalam aktivitas tidur sehingga kita dapat memperoleh kondisi tidur yang cukup. 

Kuantitas Tidur

Kuantitas tidur adalah jumlah jam tidur normal yang diperlukan seseorang sesuai dengan kebutuhan tidurnya. Biasanya hampir sebagian besar orang dewasa membutuhkan waktu antara 7 – 9 jam tidur di malam hari. 

Tetapi perlu diingat juga bahwa kebutuhan kuantitas tidur setiap individu bisa saja berbeda. Ada yang butuh 6 jam, ada juga yang butuh 10-11 jam tidur di malam hari. Kamu bagian yang mana? ^.^

Kualitas Tidur

Kualitas tidur adalah suatu kondisi yang dijalani oleh seseorang sehingga mendapatkan kesegaran dan kebugaran saat terbangun dari tidurnya. Seperti ungkapan, “Sleep quality refers to how well you sleep.”

Sebenarnya tidur yang berkualitas bisa saja terjadi saat tertidur dalam waktu 30 menit atau kurang, tidur malam tanpa terbangun di tengah malam atau hanya terbangun 1 kali, dan bisa kembali tidur dalam waktu 20 menit setelah terbangun. 

Jika ternyata terjadi masalah pada kedua hal diatas maka bisa menimbulkan dampak pada sistem memori dan konsentrasi. Apalagi sebagai ibu rumah tangga, beberapa kali “pikun” dengan jadwal anak. 

Waktunya sekolah daring jam 8 eh baru menyadari saat sudah jam 8.30 pagi. Saat sedang masak sayur, karena kurang konsentrasi, lupa memasukkan garam atau bisa kelebihan. Beberapa kali melakukan pekerjaan baik itu urusan rumah tangga maupun kerjaan akhirnya banyak tertunda karena menjadi kurang produktif. 

Tidur berkualitas
Tidur berkualitas atau kuantitas?

Pengaruh Tidur Terhadap Masalah Kesehatan 

Sistem Imun. Jika aktivitas tidur kita kurang dalam hal kuantitas dan kualitas tidur maka akan menurunkan tingkat imunitas. 

Working Memory. Ternyata dengan kurangnya kuantitas dan kualitas tidur kita maka akan menurunkan fungsi kognitif dan working memori sebesar 38%. 

Mood. Dalam sebulan berapa kali mood swing? Tidur yang tidak tepat akan menjadikan kita rentan mengalami moodiness dan depresi. 

Kecelakaan. Sering mendengar berita kecelakaan karena sopir mengantuk? Dengan kualitas dan kuantitas tidur yang minim, makan akan memperbesar resiko terjadinya kecelakaan. 

Kesehatan Kulit. Kulit mengalami penuaan dini? Eits itu bukan sekadar soal skin care ^.6 Cek juga bagaimana kondisi tidur kita. Dengan kualitas dan kuantitas yang tidak tepat maka akan mengalami penuaan dini. 

Kebiasaan Makan. Mengakibatkan peningkatan selera makan apalagi jenis junk food/makanan yang tidak sehat.

Baca juga: Suplemen kalsium untuk tulang

Alasan Kenapa Kualitas Tidur Lebih Penting

Yang mempengaruhi kualitas tidur lebih penting karena tidur berkualitas lebih dominan untuk mempengaruhi kesehatan kita secara keseluruhan. Ini menjadi indikator dalam penilaian mood dan kepuasan hidup dibandingkan dengan kuantitas tidur. 

Manfaat Tidur yang berkualitas

Tubuh menjadi lebih sehat. Resiko terjadinya penyakit menjadi berkurang karena tubuh lebih kebal. 

Meningkatkan kehidupan sex. Kelelahan jadi faktor sex suami istri menurun. Maka perlu istirahat yang berkualitas untuk meningkatkan performa tersebut. 

Meredakan rasa nyeri. Ada hubungan antara kurang tidur dengan ambang nyeri yang rendah. 

Menurunkan resiko terjadinya cedera. Konsentrasi mengurangi resiko kecelakaan atau cedera pada tubuh. 

Memperbaiki suasana hati. Berkurangnya kondisi tidak stabil dan emosional seseorang sehingga lebih bisa menikmati hidup dengan tersenyum atau tertawa. 

Mengontrol berat badan. Begadang membuat hormon menjadi turun kualitasnya. Sehingga tubuh menjadi lapar dan biasanya kita akan mudah mengalami lapar.

Meningkatkan daya pikir. Konsentrasi dan daya pikir meningkat sehingga dapat meningkatkan kemampuan mengambil keputusan. 

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidur berkualitas ternyata mampu mencegah terjadinya penyakit ringan, misalnya flu dan sejenisnya. 

Baca juga: Telat haid 2 bulan

Webinar IIDN dan Deltomed
Webinar IIDN dan Deltomed

Tips Tidur Berkualitas Agar Lebih Produktif 

Amati kebiasaan harian

Untuk membantu meningkatkan sistem imun perlu membangun kebiasaan baik. Ada kebiasaan dalam aktivitas fisik yang tidak tepat jika dilakukan menjelang aktivitas tidur. 

Membuat jadwal tidur

Jangan hanya jadwal untuk anak aja yang kita bikin, tapi ternyata jadwal untuk kita tidur juga perlu dibuat. Tujuannya agar konsisten untuk jadwal bangun dan tidur sehingga akan memiliki waktu yang ideal. 

Hindari tidur siang terlalu lama

Jika kita merasa perlu tidur siang tandanya tidak memiliki tidur berkualitas di malam hari. Ini merupakan salah satu indikator kita harus membuat rutinitas yang sesuai kebutuhan. 

Optimalkan ruang tidur

Tips tidur berkualitas selanjutnya yaitu bikin kamar yang nyaman, ini kunci untuk kenyamanan untuk memulai aktivitas tidur. Nggak mungkin kan kita istirahat tapi di kamar bau apek, berantakan dan lampu ternag benderang? ^.^

Tinggalkan perangkat elektronik

Stop gadget tiga jam sebelum kita istirahat tidur. Uwoww… ini PR banget buat Kak Niken ^.^  Sebenarnya cahaya dari layar gadget di malam hari dapat menekan sekresi melatonin lebih kuat daripada sumber cahaya lainnya lho. 

Berlatih bersyukur

Kegiatan hari ini padat? Kemudian tutup dengan selalu bersyukur terhadap apa yang sudah kita lakukan hari ini. Pikiran dibikin santai dengan cara bersyukur dan mengingat karunia Allah SWT. 

Herbal untuk kualitas tidur

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kualitas tidur, antara lain dengan cara mengonsumsi herbal-herbal tertentu. Ada beberapa ekstrak tanaman yang bisa digunakan, diantaranya: valerian, lavender, hop, chamomile, hawthorn, rosemary, passion flower, dan St.John’s Wort.

Untuk passion flower, valerian, dan ginger ternyata bisa dikombinasikan sehingga bermanfaat untuk mendapatkan efek yang sinergistik dalam menginduksi tidur, meningkatkan total sleep time, memperbaiki kualitas tidur serta membantu mencegah dan mengatasi efek buruk akibat kurang tidur seperti masuk angin dan penurunan imunitas. 

Baca juga: Toko Produk Kesehatan

Antangin Good Night
Antangin Good Night

Antangin Good Night

Sebagai perempuan khususnya Ibu Rumah Tangga, tidur berkualitas akan meningkatkan daya tahan tubuh, apalagi di masa pandemi seperti ini. Untuk itu pada bulan Maret lalu PT. Deltomed Laboratories meluncurkan produk baru Antangin Good Night, yang dapat membantu memperbaiki kualitas tidur dan mengobati masuk angin. 

Sebagai perusahaan yang sudah diakui keberadaannya sejak 40 tahun di industri obat tradisional Indonesia, Deltomed mampu menghasilkan ekstrak bahan alami dengan kualitas terbaik karena menggunakan mesin berteknologi tinggi. 

Passion flower, valerian, dan jahe merupakan formula inti dari Antangin Good Night. So, manfaat Antangin Good Night sudah bisa ketebak dong ya ^.^ Alhamdulillah produk ini sudah memiliki izin edar dari Badan POM RI, serta telah memperoleh sertifikasi Halal dari Majelis Ulama Indonesia. 

Menurut Kak Niken, ini sangat praktis dikonsumsi, butuh 2-4  kaplet sebelum tidur untuk dewasa dan lansia. Harga Antangin Good Night per strip isi 4 kaplet Rp 5.000,-

Antangin Good Night bisa diperoleh di Apotik, Toko obat, dan E-commerce (Deltomed store di Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, Bukalapak, JD. ID). Yuk lakukan Tips Tidur Berkualitas ini agar hidup kita lebih produktif!

 

 

 

 

15 thoughts on “Tips Tidur berkualitas untuk Meningkatkan Produktivitas Perempuan”

  1. Kurang tidur bisa bikin kegemukan. Jleb.

    Bisa jadi ini nih yang bikin berat badan ikutan naik di masa pandemi, sebab semua kegiatan dilakukan di rumah, dan karena merasa punya banyak waktu luang, akhirnya urusan tidur jadi berantakkan.

    Belum jadinya makin hobi makan karena alasan lapar melulu.

    Hmm kalau ditanya aku genk tidur yang mana. Tidurku kudu lama. Aku kalo lelah marah dll harus dibawa tidur. Jadi waktu tidurku mirip beruang, lama.

    Reply
  2. Saya suka salut banget sama emak blogger yang punya rutinitas harian jauh lebih sibuk dibanding para bapack. Udah ngurus anak, ngurus rumah, ngurusin suami (padahal suaminya nggak gemuk), ngeblog juga, bikin konten dan lainnya. Hingga mengabaikan waktu istirahatnya. Padahal berbagai penyakit bisa saja menyerang bagi mereka yang kurang tidur.

    Semoga dengan bantuan Antangin Good Night, bisa memaksimalkan waktu tidur dan meeningkatkan kualitas dan kuantitas tidur ya Mba….

    Reply
    • Betul mas Hendra. Saya juga salut sama diri sendiri (eh becanda)wkwkkw maksudnya salah sama emak2 blogger yang keren seperti mba Niken ini. Saya pun sekarang udah mulai ngga begadang lagi karena udah dapat ilmunya. Memang ada saat dimana kita harus merelakan satu hal demi kesehatan

      Reply
  3. Meninggalkan perangkat elektyini yang belum saya bisa nih. Merasa jangan buang buang waktu hehee…. Soalnya emang suka sudah tidur. Jadi daripada ngelamun gitu kan lebih baik sambil blogwalking… Atau lainnya. Hehehe… Padahal ternyata itu harus dihindarkan kalau mau tidur maksimal dan berkualitas ya…

    Reply
  4. Saya nih masih suka tidur sesuka hati, padahal efeknya terasa banget pas esok harinya, jadi mau terapkan tips2 di atas agar tidur lebih baik dan saya juga penasaran sama Antangin Goodnightnya mungkin saya perlu ini juga 🙂

    Reply
  5. Aku tuh susah tidur klo lagi banyak pikiran
    Sepertinya aku ini tipe yang sering overthinking, jadi acapkali mikirnya kejauhan dan cemas duluan pada apa yang belum tentu terjadi. Akibatnya ya susah tidur deh
    Sepertinya butuh Antangin Good Night deh biar tidurnya jadi lebih berkualitas

    Reply
  6. Lho beneran kah mbak kurang tidur bikin kegemukan? Whaa pantes selama ini aku gemuk karena kurang tidur ya, trims artikelnya

    Reply
  7. Aku dua tahun belakangan juga berat badannya naik nih kak Niken. Memang lebih sering begadang juga, bukan krn nyelesain job, tapi karena nonton, hiks. Ternyata itu menjadi salah satu penyebab kenaikan BB yaa.

    Harus mengembalikan jadwal tidur yang baik dan perlu Antangin Good Night sebagai pendampingnya agar nyenyak dan bangun bugar di pagi hari. Makasih infonya kak.

    Reply
  8. Kurang tidur memang membuat kita kadang masih merasa lelah ketika bangun. Selanjutnya mood berantakan karena kita memang masih mengantuk tapi dipaksa beraktifitas.

    Ini merupakan kabar baik jika ternyata ada produk herbal untuk mengatasi kurang tidur atau tidur yang nggak berkualitas. Bisa jadi solusi untuk mengembalikan mood akibat kurang tidur jadinya.

    Reply
  9. Adanya piala Eropa sempat membuat daku galau, karena biasanya jam tidur akan berubah eh, hehe. Namun masih bisa diatasi sih, yang penting kualitas tidur jangan sampai berkurang

    Reply
  10. bener kak kurang tidur bisa menyebabkan kegemukan apalagi pas tengah malem karena belom tidur ngemil mie instan dulu, itu pasti di jamin cepet banget deh naik BB nya (pengalaman sendiri) ehehehe

    pastinya setiap orang butuh banget tidur yang berkualitas meski tidurnya sebentar 🙂

    Reply
  11. memang kebanyakan perempuan seringkali telat tidur ya kak
    makanya adanya Antangin Good Night ini sangat membantu agar mendapatkan tidur berkualitas

    Reply
  12. Pas ikut webinar ini aku baru sadar bahwa banyak banget orang yang bermasalah dengan tidurnya… Dan aku harus bersyukur karena golongan orang yang mudah tidur hehe….

    Reply
  13. Dengan memiliki tidur yang berkualitas hiduppun jadi lebih produktif dan semakin semangat karena menjaga daya tahan imun tubuh kita

    Reply

Leave a Comment