Inilah Urutan Membersihkan Wajah yang Benar

Masih banyak yang bertanya tentang bagaimana urutan membersihkan wajah dengan benar. Kali ini Kak Niken akan bahas sedikit mengenai tata cara yang biasa dilakukan oleh Kak Niken. 

Seperti yang kita tahu bahwa bagi perempuan yang work from home (wfo) atau banyak menghabiskan waktu dirumah aja, mungkin berpikir untuk tidak perlu repot-repot membersihkan wajah. Apalagi bagi mereka yang pada dasarnya tidak terbiasa melakukan rutinitas tersebut. 

Alhasil wajah menjadi semakin kusam dan tidak terhidrasi dengan baik. Apalagi setiap perempuan memiliki jenis kulit yang berbeda, mulai dari kulit berminyak, kulit kering maupun berjerawat. Terutama jika kita seringkali memakai makeup, maka wajib membersihkannya. 

Namun cara membersihkan wajah juga tak boleh dilakukan asal-asalan. Walau terlihat sederhana tapi kita perlu mengetahui bahwa cara membersihkan wajah dengan benar. 

Urutan membersihkan wajah

Urutan membersihkan wajah (pict by kitakini.com)Berikut ini urutan membersihkan wajah yang benar agar wajah bersih maksimal:

Jika kita berpikir bahwa membersihkan sisa makeup bisa langsung dengan sabun pencuci wajah, tentu suatu kekeliruan. Tak jarang kita melupakan ritual mencuci wajah karena tubuh sudah sangat lelah beraktivitas seharian. 

Membersihkan wajah yang benar dilakukan dengan menghilangkan makeup menggunakan makeup remover. Atau bisa juga menggunakan cleanser. Eits hati-hati membersihkan wajah dengan pembersih yang mengandung alkohol tinggi. Karena akan menyebabkan resiko gangguan kesehatan. 

  • Mencuci wajah dengan sabun pembersih

Lakukan pembersihan wajah minimal 2x sehari menggunakan facial wash yag tepat untuk jenis kulitmu. Please, jangan pernah gunakan sabun mandi ya, karena berbahaya dan memang kandungannya berbeda untuk tubuh dan kulit wajah. 

Bersihkan dulu menggunakan air lalu usapkan dengan sabun pembersih wajah dan pijat dengan lembut sampai merata. Pijat agar bagian wajah menjadi lebih rileks. 

Usahakan membilas sampai bersih agar sabunnya tidak tersisa di wajah. KIta juga bisa menggunakan air hangat untuk membilasnya. Karena air hangat mampu membuat pori-pori menjadi terbuka. 

Gunakan handuk kering untuk membersihkan wajah. Usahakan handuk untuk membersihkan wajah terpisah penyimpanannya dari handuk lainnya. 

  • Gunakan masker wajah

Sudah selesai membersihkan wajah? Tahap selanjutnya yaitu masker. Bisa dilakukan seminggu kali atau jika dibutuhkan. Manjakan kulit wajah dengan kesegaran masker. Jika dirasa belum perlu menggunakan masker, maka bisa skip di bagian ini. 

  • Gunakan toner

Urutan membersihkan wajah yang satu ini juga penting dilakukan setelah membersihkan wajah. Pilih toner yang cocok untuk kulit wajahmu. Karena toner berfungsi untuk mengembalikan bHa yang ada pada kulit, sehingga kulit akan tetap terasa lembab dan sehat.

Sebelum mengaplikasikan hydrating atau exfoliating toner, pastikan wajah sudah dikeringkan. Keringkan wajah dengan handuk lembut, atau tisu wajah. Hindari mengusap atau menggosok wajah, ketika mengeringkannya dengan handuk. Kamu cukup menepuknya saja, agar terhindar dari iritasi kulit.

Sampai di tahap ini sebenarnya sudah cukup untuk tata cara membersihkan wajah kita dari sisa kotoran yang menempel. Namun jika ingin ditambahkan bisa lakukan car ini:

  • Pakai serum wajah

Yang suka terlewat saat kita selesai menggunakan toner, yaitu serum. Serum berbeda dengan toner, serum dipercaya membuat kulit menjadi lebih cerah. Selain itu serum memberikan vitamin pada wajah dan mampu menghindari penuaan pada wajah.

Baik jika dilakukan pada pagi hari dan malam hari. Perhatikan juga cara membersihkan wajah yang benar sebelum tidur.

  • Aplikasikan pelembab

Nah ini wajib dilakukan terutama pada pagi hari. Karena kulit wajah akan lebih mudah terpapar sinar matahari dan polutan lainnya.  Menggunakan pelembab agar kulit wajah tetap lembut, hal ini juga jadi salah satu cara mempercantik wajah tanpa makeup ^.^

Itulah 6 urutan membersihkan wajah untuk perawatan kulit yang bisa kita lakukan agar wajah segar. Jika ternyata kulit wajahmu bermasalah atau timbul iritasi bahkan mengelupas, coba tanyakan ke dokter kulit. 

Yuk lakukan perawatan wajah sehari-hari untuk kulitmu!

 

1 thought on “Inilah Urutan Membersihkan Wajah yang Benar”

Leave a Comment