Urutan Menggunakan Skincare yang Benar, Wajid Diketahui!

Kak Niken mungkin termasuk perempuan yang terlambat untuk menyadari betapa penting penggunaan skincare. Bayangkan saja, di usia 28 tahun baru mulai mencicipi penggunaan pelembab wajah. Itupun masih saja dilakukan tidak rutin. OMG! Please jangan ditiru. 

Bahkan untuk mengetahui urutan menggunakan skincare yang benar saja baru benar-benar paham di beberapa tahun belakangan ini lho. Biasanya yng dilakukan Kak Niken cuma melakukan pembersihan wajah dengan facial wash kemudian menggunakan pelembab.  

Eh tapi kalau diperhatikan, anak jaman sekarang sih lebih aware dengan kondisi kesehatan kulit mereka ya. Bahkan sejak usia bayi pun sudah dipakaikan skincare oleh orangtuanya. Haha….. Duh, merasa terlambat jauh banget akutu. Hmm… seperti kata pepatah, nggak ada yang terlambat yang penting berusaha mencoba. Haiyaaa ^.^

Tahukah kan kalau memakai skincare itu ternyata ada urutannya lho. Tentu tujuannya untuk meningkatkan efektivitas produk yang kita gunakan sehingga hasilnya juga terbukti alias nyata adanya. 

urutan perawatan wajah
urutan perawatan wajah (pict by kleenar)

Skincare adalah serangkaian kegiatan perawatan yang dilakukan untuk menghasilkan kulit yang lebih sehat, cantik, dan bercahaya. Pemakaian dengan urutan yang benar, efeknya akan berpengaruh pada kulit wajah. 

Oh iya, penting juga untuk memberikan jeda waktu setiap selesai melakukan satu langkah dalam penggunaan skincare. Dan nyatanya menggunakan skincare pada pagi hari dan malam hari juga memiliki urutan yang berbeda lho. 

Urutan Menggunakan Skincare Pagi Hari

Skincare untuk pagi hari biasanya fokus pada penggunaan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari dan polusi udara. Berikut ini urutan menggunakan skincare yang benar pada pagi hari: 

  • Membersihkan wajah

Cuci wajah menggunakan sabun pembersih khusus (facial wash atau facial foam).  Membersihkan wajah setelah bangun tidur bertujuan mengangkat sisa skincare malam hari, menghilangkan minyak dan kotoran yang menumpuk. Perhatikan urutan membersihkan wajah yang benar disini

  • Toner

 Selesai membersihkan wajah dengan sabun pembersih khusus wajah, kemudian gunakan toner untuk menyeimbangkan ph kulit di wajah. Sebaiknya pilih yang sesuai dengan jenis kulit wajahmu ya. Gunakan hydrating toner untuk pagi hari dan aplikasikan dengan kapas wajah. 

  • Essence

Walau bagian ini masih sering ke-skip oleh Kak Niken, tapi nyatanya menggunakan essence juga penting. Essence adalah cairan berbahan dasar air dengan konsentrasi bahan aktif tinggi yang bertujuan untuk melembabkan kulit dan membantu produk skincare selanjutnya agar dapat meresap lebih baik ke dalam kulit. 

Essence juga dapat membantu menenangkan dan menutrisi kulit, serta mencegah penuaan. Gunakan essence sesudah memakai toner atau sebelum menggunakan serum wajah. 

  • Serum Wajah

Serum digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, misalnya kulit kusam, kulit kering, hingga pori-pori yang besar. Serum mengandung zat aktif lebih tinggi sehingga dapat bekerja secara spesifik menembus lapisan kulit dan mengatasi masalah kulit. Maka belakangan Kak Niken nggak melewatkan untuk menggunakan serum wajah untuk mencerahkan ^.^

Untuk hasil yang maksimal, serum harus dioles di atas kulit yang sudah bersih. Setelah terserap benar, barulah dilanjutkan dengan menggunakan pelembap atau moisturizer.

  • Pelembab

Ingin kulit terhidrasi dengan baik dan lebih halus, maka gunakan pelembab. Biasanya, pelembab untuk pagi hari juga disebut dengan krim pagi. Jangan pernah lupa untuk mengaplikasikan pelembab setiap hari, meski kamu tidak beraktivitas di luar rumah. 

Bagi pemilik kulit wajah berminyak, boleh melewatkan menggunakan pelembab jika toner atau serum wajahmu sudah cukup melembabkan. 

  • Tabir Surya Atau Sunscreen

Walau kita dirumah aja, penggunaan tabir surya ternyata juga sangat penting lho. Menggunakan sunscreen jadi urutan terakhir pemakaian skincare yang wajib dilakukan terutama pada pagi hari. 

Sudah selesai dengan urutan menggunakan skincare yang benar di pagi hari? Maka kita bisa langsung menggunakan make up atau riasan wajah, jika diperlukan.

urutan menggunakan skincare yang benar
Menggunakan skincare (pict by Kitakini news)

 

Urutan Menggunakan Skincare Malam Hari

Setelah seharian menjalani rutinitas baik itu di dalam rumah maupun di luar rumah, tentu kulit wajah kita tetap membutuhkan perawatan di malam hari bukan? Walau kadang tubuh sudah sangat lelah tetap lakukan urutan berikut ini ya. 

  • Make up remover

Pastikan tidak ada lagi sisa make up di wajah. Kita bisa kok memilih berbagai jenis make up remover seperti cleansing balm, micellar water, cleansing oil, dan sebagainya yang cocok dengan kondisi wajah kita. 

Menggunakan make up remover bertujuan untuk mempertahankan kesehatan kulit dan mencegah dampak negatif yang ditimbulkan dari sisa make up di kulit wajah. 

  • Pembersih wajah

Lakukan double cleansing, dengan menggunakan micellar water setelah menghapus make up dengan remover khusus. Kemudian, lanjut cuci muka dengan sabun pembersih yang sesuai dengan tipe kulit wajah. Lalu bilas bersih menggunakan air mengalir.

  • Toner

Urutan menggunakan skincare malam pada toner, berguna juga untuk meminimalisir peradangan pada wajah kita. 

  • Serum atau Essence

Sebenarnya sama seperti penggunaan pada pagi hari. Fungsi keduanya sama. Namun biasanya essence digunakan sebelum menggunakan serum. Kalau Kak Niken hanya sebatas menggunakan serum, belum ke tahap penggunaan essence. Haha… Nanti deh beli dulu produknya ya. . 

  • Eye Cream

Eh… ingat itu di bawah mata sudah makin menghitam seperti mata panda ^.^  Ini merupakan produk perawatan kulit paling penting dalam pemakaian skincare di malam hari. 

  • Krim Malam

Kandungan krim malam sebenarnya lebih berat dan tebal dibandingkan krim pagi. Biasanya memiliki kandungan yang khusus. Seperti melembabkan kulit, menyamarkan kerutan atau memudarkan noda. ^.^

Itu urutan menggunakan skincare yang benar pagi dan malam hari. Oh iya, gunakan  produk atau skincare yang sesuai dengan kondisi dan masalah kulit wajah kita ya. Yuk lakukan perawatan wajah dengan rutin! Kalau sudah rutin di rumah, boleh juga lakukan perawatan ke klinik kecantikan untuk hasil yang lebih OK lagi. 

 

 

 

9 thoughts on “Urutan Menggunakan Skincare yang Benar, Wajid Diketahui!”

  1. Aku tu orangnya gampang lupaaa, Kak.
    termasuk skinker-an ini juga seringnya lupa2 mulu
    padahal, penting bgt yhaaa merawat wajah enih

    Reply
    • Ternyata skincare an itu seribet dan sebanyak itu ya, sungguh baru tau saya nih hehe.. btw
      produk biasanya dapat bertahan berapa lama sih mba kalau di rata2 in? Maksud saya penggunaan dari full hingga habis/ kosong,

      Reply
  2. Ya ampun! Ternyata kaya gini urutannya. Aku paling bandel karena gak pakai langkah-langkah ini. Beneran ambil yang simpel aja. Besok deh mulai memperbaiki biar wajah tetap glowing kaya anak muda

    Reply
  3. Dari semua perawatan wajah yang belum saya pakai hanya serum
    Maju mundur pilih yang cocok . Malah belum beli juga

    Reply
  4. wahh makasii ya mbak infonya pas banget nih saya lagii belajar untuk konsisten memakai skincare jadi lebih tau urut-urutannya nih!

    Reply
  5. aku juga baru beberapa tahun terakhir, kak menggunakan skincare dengan benar. bahkan sampai sekarang aku masih sering lupa pakai skincare malam. heu. paling double cleansing aja sama pakai toner

    Reply
  6. aku baru rutin pakai skincare mulai umur 30-an tapi sempat gak konsisten sih terutama selama pandemi setahun terakhir hehehe

    Reply

Leave a Comment