Warung Joglo Tegalan Tempat Nongkrong Nuansa Jawa Klasik di Malang

Sepanjang pagi hingga siang hari cuaca di sekitar Malang sedang mendung. Udara dingin masuk ke dalam rumah melalui celah-celah ventilasi udara. Ah… rasanya bikin mager alias malas gerak. 

Namun siang ini Kak Niken sudah janji akan bertemu dengan beberapa teman blogger di Warung Joglo Tegalan. Penasaran. Satu kata yang terlintas di benak Kak Niken. Karena menurut informasi yang didapat, tempat nongkrong nan asyik itu didesain bernuansa Jawa klasik.  

Setelah 5 hari istirahat di rumah saja, ini saatnya untuk menghirup udara segar. Akhirnya Aku mengeluarkan sepeda motor mio berwarna merah. Sambil mengajak Kakak Kalila, anak pertamaku sebagai teman mbolang siang hari itu. 

Blogger Malang di Rumah Joglo
Blogger Malang di Rumah Joglo

Suasana Jawa Klasik Warung Joglo Tegalan

Malang Raya merupakan kawasan wisata. Potensi pariwisata ini memunculkan beragam potensi ekonomi. Nggak salah jika di Malang Raya banyak tempat penginapan ramah anak, lokasi wisata, hingga bisnis dibidang kuliner. 

Berbagai kuliner tradisional hingga western dapat ditemui dengan mudah di setiap sudut Malang Raya. Salah satunya Warung Joglo Tegalan. Warung makan yang mengusung konsep dan menu tradisional ala Jawa yang didirikan pada Januari 2022 lalu. 

Pertama kali menginjakkan kaki di lokasi ini, Kak Niken ingat suasana di kampung halaman, Yogyakarta. Asri, adem, dan klasik. Dari depan pintu masuk tampak kentongan berukuran panjang sekitar 1 meter, kursi kayu serta lesung (alat penumbuk padi tradisional). 

Nuansa Jawa klasik Joglo Tegalan
Nuansa Jawa klasik Joglo Tegalan

Oiya, jangan lupa untuk scan barcode aplikasi Peduli Lindungi dulu sebelum memasuki area warung lebih dalam. Menelusuri jalan setapak, di bagian sisi kanan dan kiri terdapat taman pohon jeruk. 

Namun sayangnya saat Kak Niken berkunjung, buah jeruknya belum masak. Masih hijau dan belum bisa di petik. Sepertinya butuh waktu sebulan lagi untuk menguning semua dan siap panen. Yeayy….

Dengan luas lahan sekitar 1,5 hektar, saat ini terdapat dua bangunan rumah Joglo utama yang berdiri kokoh dan satu rumah Joglo mini. Sepertinya ini digunakan untuk dapur. Hihi. 

Tampilan rumah Joglo utama cukup estetik dan desainnya identik dengan nilai warisan nenek moyang. Rumah Joglo pertama berada di sebelah kiri. Berisi deretan meja dan kursi kayu serta pernak-pernik ala Jawa. 

Pintu masuk Joglo Tegalan
Pintu masuk Joglo Tegalan

Baca juga : Membuat Danish Pastry di Baking World Bersama Chef Profesional

Fasilitas Warung Joglo Tegalan

Rumah Joglo pertama yang terdapat di bagian depan cocok digunakan untuk tempat pertemuan, acara ulang tahun, wedding, meeting, dan acara lainnya. Tak ada jumlah minimal berapa orang untuk bisa menyewa ruangan ini. Terdapat coffee break dengan menu snack jajanan pasar yang menggiurkan. 

Di Beberapa area terdapat wastafel yang dilapisi dengan bambu sebagai tempat cuci tangan. Set kursi dan meja kayu juga tersebar di area taman buah jeruk. Bagi kaum muslim nggak perlu khawatir jika ingin beribadah. Karena tersedia mushola bersih dan nyaman yang dilengkapi dengan sajadah serta mukena. 

Butuh ngerjain tugas kuliah atau kantor? Pakai saja wifi yang sudah disediakan. Aman dan lancar, insyaallah. Dengan suasana yang tenang dan adem, bikin acara kongkow sama teman jadi lebih afdol. 

Nuansa kayu Rumah makan Joglo
Fasilitas

Menurut Pak Rusli Arsyad, yang mewakili pihak owner, “Kami ingin bisnis konvensional ini bisa berkolaborasi dengan dunia digital.”

“Kami juga berharap bisa membawa suasana pedesaan dengan nuansa Jawa klasik. Sehingga bisa diterima oleh masyarakat” tambahnya kemudian. 

Rencana kedepannya akan ada aktivitas lain yang mendukung. Misalnya wisata petik jeruk, live music dan mini zoo. Mini zoo ini terdapat di bagian belakang yang akan berisi beberapa jenis hewan seperti : ayam kalkun, kambing, bebek, angsa, dan lainnya.

Mau mengadakan acara seru bersama komunitas/kantor/sekolah? Bisa banget bikin fun games atau outbound yang ringan di sini. Uwow….pengunjung akan semakin betah nih pastinya. Family friendly banget bukan!

Siapkan uang cash untuk membayar ya. Karena saat ini memang belum tersedia untuk pembayaran secara online atau debit.

Suasana Rumah Makan Jawa Klasik
Suasana Rumah Makan Jawa Klasik

Baca juga : Beberapa Ide Masakan Sehari–hari Yang Wajib Dicoba

Menu Warung Makan Joglo Tegalan

Untuk menu makanan tersedia ala Jawa dan juga western. Tersedia menu utama, menu pendamping, desert dan minuman.

Menu Utama

Untuk main course dan sup kita bisa memilih sup buntut, nasi goreng jawa, mie godog, mie goreng Jawa, tom yum, udang telur asin, ayam cabe garam. 

Menu spesial yang jadi favorit di Warung Joglo Tegalan yaitu ikan asap mangut dan mie godok. Kebetulan Kak Niken udah cobain juga kedua menu tersebut dan rasanya endes banget. Apalagi kalau mie godoknya ditambah cabe rawit hijau. Auto huh-hah-huh-hah pedas tapi nikmat. 

Menu Pendamping

Nggak hanya makanan utama saja, ada juga menu camilan seperti singkong goreng, roti maryam, french fries, union ring, chicken drumstick, dan lainnya. Mau makanan berupa pasta? Eits, disini juga ada lho olahan pasta seperti : aglio olio, bolognaise, dan carbonara. 

Minuman

Namanya juga warung makan bertema Jawa klasik. Nggak lengkap rasanya kalau tanpa kehadiran minuman spesial. Di warung makan bernuansa ndeso ini tersedia wedang uwuh, wedang jahe, wedang serai, dan lainnya. Ada juga minuman kopi, mocktail, healthy juice, teh, dan boba.  

Menu utama ini dibanderol dengan harga antara 19 ribu – 45 ribu rupiah. Menu pendamping harganya sekitar 15 ribu – 20 ribu rupiah. Sedangkan untuk minuman mulai dari 8 ribu – 18 ribu rupiah. 

Sebagai warung bernuansa Jawa klasik, menurut Kak Niken menu yang tersedia lebih bervariasi. Hal ini dimaksudkan agar siapapun bisa berkunjung. Baik itu anak muda, orang tua, bahkan anak-anak. 

Menariknya, jika kita mengadakan acara di Joglo Tegalan ini, juga bisa custom menu. Kita bisa memilih menu sesuai kebutuhan.

Menu di Warung Joglo Tegalan
Menu di Warung Joglo Tegalan

Baca juga : Cara Pintar Memilih Keju Cheddar Melalui Kampanye #KejuAsliCheck

Lokasi Warung Joglo Tegalan 

Kak Niken awalnya berpikir lokasi di Wajak? Wow… lumayan jauh juga nih dari rumah. Tapi ternyata, lokasinya cukup terjangkau. Lebar jalan masuk menuju lokasi bisa dilalui dua kendaraan berpapasan. 

Untuk tempat parkir, kalau dilihat saat ini masih terbatas. Hanya cukup untuk 2-3 mobil dan 20 kendaraan sepeda motor. Namun menurut informasi dari pak Rusli, kedepannya akan dibuka lahan parkir baru. Sehingga mampu menampung lebih banyak pengunjung. 

Buat kalian yang sedang berkunjung ke Malang Raya, jangan lupa untuk menyempatkan datang ke Warung Joglo Tegalan, tempat nongkrong asyik bernuansa Jawa Klasik. Cuzzz kepoin instagramnya di @joglo_tegalan.

Alamat : Buwek Sitirejo, Kec. Wagir, Kab. Malang. Jawa Timur. 65148


Jam buka : 10.00-21.00 wib
Kontak : 0812.3388.4553

30 thoughts on “Warung Joglo Tegalan Tempat Nongkrong Nuansa Jawa Klasik di Malang”

  1. wahh nyaman banget tempatnya untuk gathering sama komunitas ya Mba. Lokasinya di Malang yaa. Kebetulan dalam waktu dekat aku mau ke Malang nih, ini menjadi salah satu list yang bisa dkunjungi nanti.

    Reply
  2. Kalau mau ke sini harus reservasi dulu atau bisa langsung on the spot? Perorangan bisa kan ya, nggak perlu rombongan. Suasananya adem banget, apalagi mau ada buka mini zoo, wisata dan tempat makan jadi satu.

    Reply
  3. Ada rencana nih buat traveling ke Malang soon. Semoga Omicron-nya cepat berlalu dan rencana travelingnya jadi dan mudah-mudahan bisa mampir ke warung joglo tegalan buat menikmati suasananya yang sepertinya nyaman banget

    Reply
  4. Wah ada informasi tempat ngumpul yang asyik di Malang dengan nuansa Jawa klasik. Kalau main ke Malang, Warung Joglo Tegalan harus masuk list kunjungan. Makasih infonya kak Niken.

    Reply
  5. makasih kak referensi tempat makannya, saya ada rencana sekolahkan anak ke Malang. Mungkin kalo ada referensi seperti ini bisa mampir

    Reply
  6. adem liat foto-fotonya mbak
    suka sama konsep yang tradisional begini
    dann senengnya bisa kumpul sama temen temen yang lain, kayak mbak Santi, mbak Niek.
    next kalau aku ke Malang kudu kabar-kabar nih 😀

    Reply
  7. Nyaman banget ya Kak suasananya. Bahkan di bagian depan saat baru tiba saja sudah ada lesung. Seketika nuansa Jawa Klasik langsung merasuk. Beberapa baskom (CMIIW ya Kak kalau salah sebut namanya) yang motifnya hijau klasik dan kebayangnya dari kaleng gitu langsung bikin keingat nuansa di kampung jawa. Nggak nyangka kalau ada di Malang.

    Reply
  8. Asik sekaliwarung makannya. Mbak. Nuansa jawa klasik membuat pengunjung seperti berada di masa lalu, ya. Saya yakin ini bakal jadi tujuan orang makan plus wisata juga. Jadi pengin ke Malang saya hehehe.

    Reply
  9. wah kalau ke Malang lagi wajib cobain ke sini, soalnya belum pernah ke sini, kayaknya seru, adem dan nyaman ya kumpul bareng teman di sini

    Reply
  10. Yahhh kak Niken ko ngga ngajakin sih nongki di tempat kece gini. Kalau tau ada mini zoo mah anak-anak bakal suka. Mana tempatnya kaya adem banget, bisa healing nih healing hihi.

    Reply
  11. Udh lama nih ngga ke Malang lagi. Terakhir ke sana ke Jatim Park. Nah buat ke warung2 klasik kayak gini nih yg bikin kangen masa lampau. Lagian makanan dan minumannya terjangkau tuh.

    Reply
  12. Suasana di Warung Joglo mirip dengan rumah simbah saya, Mbak. Bentuk rumahnya mirip sekali. Jadi kangen ke sana lagi hehehe
    Fasilitas di Warung Joglo lengkap juga ya, sayang buah jeruknya belum matang, pastinya tambah asyik kalau bisa metik buah di sana

    Reply
  13. Aduh langsung ngga tahan waktu lihat menu nasi goreng Jawa dan mie goreng Jawa, itu pasti haucek ya kayaknya kak hahaha. Yah, meskipun agak jauh dari rumahku sih, tapi bolehlah ngajak orangtua jalan-jalan ke sana

    Reply
  14. Hwaaa pengen ikutan diajaaaak kesana kapan2 hehe. Suasananya keliatan banget asri dan pasti bikin ngantuk nih kalau kekenyangan wkwkwk

    Reply
  15. Bangunan yang menggunakan kayu sebagai bahan utamanya ini sudah Jawa banget. Dan serasa menyatu dengan alam.
    Indah dan menyegarkan pandangan yaa..
    Menu makanannya pun beragam dan tetap healthy.
    Bakalan sering-sering berkunjung ke Warung Joglo Tegalan, Kabupaten Malang.

    Reply
  16. Waaah aku suka nih vibe resto kaya gini hehehe. Adem juga ya pastinya. Penasaran jadi pengen cobain makanannya deh. Resto di Malang kan enak enak hihi.

    Reply
  17. Lokasi asik dan sepertinya adem ya kak. Cocok buat kumpul dengan keluarga atau teman dengan menikmati menu yang tersedia. Pasti syahdu banget disini..

    Reply
  18. udsah mah menu makanannya nkayaknya enak-enak ini, tempatnya pun gak kalah nyaman disini. banyak fasilitas yang sungguh memanjakan konsumennya. fix sih ini kalo ke malang kayaknya wajib mampir kesini

    Reply
  19. Tempatnya sejuk ya Kak? Bener2 Jawa banget, menu2nya juga masakan Jawa. Nanti kalau ke Malang, semoga bisa mampir. Aamiin

    Btw, aku salfok sama keluarga biru.. Ada mas ihwan dan mbk ivone juga.

    Reply

Leave a Comment