Yuk Jualan Online! Ini Ide Bisnis dan Keuntungannya

“Yuk jualan online?” Begitu kataku pada suami sebelum kami sama-sama terlelap tidur malam itu. “Kira-kira jualan apa yang laku di online?”

Ramadhan kemarin, bikin Kak Niken banyak refleksi diri. Sambil memikirkan ide untuk membuka lini bisnis dibidang fashion atau mainan edukasi anak. Setelah satu tahun berkutat dengan berjualan produk non fisik, kini saatnya kami memikirkan ide bisnis online lainnya.

Jadi ingat ketika pulang kampung beberapa waktu lalu kemudian bertemu dengan saudara. Salah seorang sepupu berkata kalau Ia berhasil jualan di marketplace dan mendapatkan banyak sekali keuntungan serta profit dari hasil jualannya.

“Aku awalnya dropshiper. Lalu perlahan belajar jahit dan kini bisa produksi sendiri.” katanya sore itu.

“Saat ini yang lagi laris tuh baju anak dengan model simple.” ujarnya sambil tersenyum. “Jualan di Lazada juga banyak untungnya.” jelasnya sambil menunjukkan toko onlinenya di platform Lazada.

Hadirnya internet, menjadikan kita untuk bisa menjalankan bisnis dari rumah. Adanya media sosial dan marketplace juga memudahkan kita untuk memulai bisnis dari sekarang.

Marketplace adalah platform yang bertindak sebagai pihak ketiga untuk transaksi online. Juga berperan sebagai perantara antara penjual dan pembeli di internet.

Disadari atau tidak, di tengah pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia, aktivitas belanja online masyarakat pun semakin meningkat. Kamu juga kan? ^.^ Lalu bisnis online apa yang cocok untuk pemula? Biasanya afiliasi, dropship, content creator, atau membuat produk hasil karya sendiri.

Tren Belanja Online dari Masa ke Masa

Tren belanja online dari masa ke masa mengalami banyak sekali perubahan. Tentu hal tersebut membawa angin segar bagi para pelaku UMKM untuk mampu mengadaptasi ekosistem digital. Sehingga mereka mampu berkembang dan meningkatkan penjualan.

Seperti yang dilansir pada money.kompas.com, menurut laporan “Navigating Indonesia’s E-Commerce: Omnichannel as the Future of Retail“, tercatat ada 74,5 persen konsumen ternyata lebih banyak berbelanja secara online daripada berbelanja offline.

Tren belanja online dari masa ke masa
Tren belanja online dari masa ke masa

Terkait tren belanja yang paling laris saat pandemi ini ada pada beberapa kategori. Diantaranya kategori: rumah tangga, kesehatan, perawatan diri, elektronik, serta fashion. Dari kategori yang sedang tren tersebut, kita bisa lho mengambil salah satunya sebagai ide bisnis online untuk pemula.

Dengan meningkatnya tren belanja online dari masa ke masa, masa kamu nggak mau mengambil peluang untuk jual barang secara online? Mau dong pastinya ^.^ Hmm… mau usaha tapi bingung usaha apa. Mulai saja dari usaha rumahan.

Kalau Kak Niken sih, sudah memikirkan beberapa ide bisnis online untuk pemula yang bisa dikerjakan dari rumah. Apalagi Kak Niken selalu ingat kalimat bijak berikut ini:

“Terkadang situasi terburuk ternyata menjadi kesempatan terbaik.” – Anonim

Yuk jualan online, Ambil Peluangmu Sekarang! Karena dengan kita memiliki bisnis sendiri yang dijalankan dari rumah, tentu akan memiliki banyak peluang dan keuntungan.

Keuntungan Jualan Online

Bagi kita yang saat ini ingin menjadi seorang pengusaha, maka banyak sekali ide bisnis yang bisa dilakukan. Apapun jenis bisnisnya, entah itu bisnis online ataupun offline, semua tentu mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Ide bisnis dari rumah
Ide bisnis dari rumah

Kemungkinan mengalami gagal atau sukses tergantung dari banyak faktor. Khususnya untuk kita yang memiliki ketertarikan kuat dengan bisnis online. Berikut ini adalah beberapa keuntungan saat kita menjalalani bisnisn secara online, diantaranya:

  • Cakupan yang Lebih Luas

Jualan online akan mendekatkan kita dengan pelanggan di berbagai tempat, bahkan antar pulau. Mereka nantinya tinggal memesan serta membayar, kemudian kita tinggal mengirimkan lewat layanan pengiriman barang. Cakupan wilayah yang bisa kita jangkau terbilang sangatlah luas.

  • Hemat Biaya

Kita nggak perlu memusingkan mengenai modal. Jualan online memang lebih hemat biaya. Dengan membuka akun di sosial media kita bisa mulai menjual barang. Saat ini sosial media seperti contohnya Instagram, Facebook dan Twitter masih gratis untuk digunakan oleh siapa saja yang ingin melakukan bisnis online.

Nggak hanya itu saja, kitapun dapat berjualan online gratis dengan cara membuat blog serta memasarkan barang melalui website tanpa dipungut biaya besar. Sebagai seorang pebisnis tentunya hal itu akan sangat menguntungkan. Karena tidak harus mengeluarkan anggaran yang besar. Yuk jualan online!

  • Tidak Memerlukan Tempat

Kelebihan lain yang bisa didapatkan dengan jualan online yaitu disini kita nggak akan memerlukan sewa kantor atau toko fisik. Bisa banget lho memulainya dari rumah.

Karena memang yang kita perlukan di sini yaitu jaringan internet, smartphone dan juga komputer.

  • Dapat Dijalankan Sendiri

Menjalankan bisnis online bisa dilakukan sendiri atau dengan keluarga. Kita dapat mengurus tanpa bantuan karyawan atau tenaga kerja. Kecuali bisnis online kita telah berkembang pesat dan ingin membuatnya jadi sebuah perusahaan. Jika demikian, maka kita memerlukan bantuan orang lain dalam mengelola bisnis tersebut.

  • Waktu yang Fleksibel

Keuntungan yang satu ini tentu akan bisa dirasakan oleh kita yang memiliki banyak kesibukan. Karena waktunya cenderung fleksibel, sehingga kita bisa saja mengurus penjualan serta mengantar pesanan saat malam hari setelah pulang dari kantor.

Dengan beragam keuntungan dan kemudahan yang ditawarkan oleh bisnis online ini, maka tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak segera memulainya. Apalagi dengan tren belanja online dari masa ke masa yang akan terus berkembang. Karena itu, yuk jualan online sekarang juga!

Masih bingung? Eits… kamu bisa kok memulainya dengan jualan di Lazada sebagai salah satu marketplace terbaik di Indonesia.
Yuk Jualan Online di Lazada!

Jualan di Lazada
Jualan di Lazada

Lazada merupakan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia yang sudah diakuisis oleh Alibaba, perusahaan teknologi asal China. Ini dia kelebihan kalau kita mau jadi seller dan berjualan di Lazada, diantaranya:

  • Proses pendaftaran mudah.
  • Target market pemasaran luas, se-Asia Tenggara.
  • Keuntungan maksimal. Tanpa ada potongan komisi, penalti, dan gratis biaya kirim.
  • Ada dukungan khusus bagi seller yang baru bergabung.
  • Terdapat kelas onnline dan offline melalui Lazada University.
    Banyak program menarik pada waktu-waktu khusus.
  • Terdapat program live streaming penjualan.

Cara Jualan di Lazada

Ini dia cara mudah berjualan di e-Commerce Lazada, yaitu:

  • Kunjungi situs lazada.co.id.
  • Pilih menu “Menjadi Seller” di homepage.
  • Tekan tombol “Daftar Menjadi Penjual Sekarang”.
  • Isi semua data dengan benar dan lengkap pada kolom yang tersedia.
  • Lanjutkan ke tahap verifikasi 2 langkah. Baik melalui email atau SMS.
  • Jangan lupa untuk membaca dan menyetujui syarat serta ketentuan yang ada.
  • Tekan daftar dan kini toko online mu sudah jadi dan siap digunakan.

Kesimpulan

Perkembangan teknologi membuat jual beli barang online semudah dalam genggaman tangan. Masyarakat hanya perlu menggunakan gadgetnya untuk memilih barang, bayar via transfer, lalu pesanan dikirim sampai rumah.

Maka karena sangat mudah, maka sebagai pembeli dan penjual perlu sama-sama memperhatikan beberapa hal, yaitu: Belilah barang hanya di marketplace atau e-commerce resmi, Hati-hati dalam memilih toko online, lihat dulu reviewnya.

Selain itu, pastikan juga transaksi yang aman. Jika membeli barang elektronik sebaiknya beli di authorized seller ya. Jangan lupa manfaatkan promo atau fitur gratis ongkos kirim ^.^ Paling penting nih ya, hindari perilaku konsumtif.

Daripada jadi konsumen trus-menerus, lebih baik merubah mindset untuk jadi pebisnis. Yuk jualan online melalui Lazada!

21 thoughts on “Yuk Jualan Online! Ini Ide Bisnis dan Keuntungannya”

  1. Quotesnya “terkadang situasi terburuk bisa jadi kesempatan terbaik” kok mirip banget seperti kondisi saya pas awal pandemi terjadi. Dipaksa utk kreatif karena terkena imbas pandemi. Btw jualan di Lazada ini bisa jadi solusi bagi kami pedagang offline yang mau mengembangkan sayap usaha.

    Reply
  2. Tren belanja online sejauh ini bagus ya, tergantung kitanya apkah serius menjalankan bisnis online atau setengah2. Kalau serius, bisa cuaaaan buaaanyakk. 🙂

    Reply
  3. Dari dulu kepngen cari peluang buat jualan online tapi jujur kadang suka mikir kok sulit dll tapi pas baca artikelnya mudah ya jualan di lazada mau ah coba pelan2 buat jualan online di Lazada

    Reply
  4. Jualan online di Lazada banyak untungnya ya. Memang deh zaman sekarang penjual dan pembeli mesti mengikuti arus terkini 🙂 Bisnis online bisa lebih banyak mendatangkan peluang dan omzet tinggi.

    Reply
  5. Jualan produk secara online banyak keuntungannya ya, Mbak. Belanja online pun lebih asik karena praktis. Btw, aku jadi pengen belanja di Lazada setelah baca postingan ini.

    Reply
  6. Ketika pertama kali berjualan, pilihan saya memang ke online. Karena merasa gak punya modal untuk bikin toko. Plaform e-commerce memang membantu banget, lho. Meskipun sekarang lagi brenti dulu jualannya. Tetap aja kalau pengen mulai lagi, saya akan memilih online

    Reply
  7. jualan online sekarang ini jadi pilihan banget ya Kak, secara dengan jualan online kita bisa jadi lebih mudah berjualan, gak perlu repot mikirin tempat dan sewa pula, dari rumah bahkan dari mana saja bisa jalankan bisnisnya. Noted nih cara jualan di Lazada.

    Reply
  8. Asiknya belanja online tuh, kadang malah dapat barang yang harganya jauh lebih terjangkau dan kualitasnya lebih bagus. Memang kudu jeli dan menyediakan waktu khusus untuk meneliti barang yang kita mau.
    Belanja di LAZADA bisa mendapatkan banyak keuntungan jualan online dengan pintar melihat tren pasar masing-masing ecommerce.

    Reply
  9. Sekarang mau jualan apa aja jadi mudah ya mba, apalagi ada platform seperti Lazada, tinggal bikin akun penjual, masukin barang jualan, terus tinggal tunggu deh jualannya laku, hanya biasanya ga bisa tinggal diam juga ya, sebagai penjual juga perlu konsisten dan rajin memasarkan produknya, yang paling penting juga selalu amanah agar konsumen merasa puas dan jadi langganan 🙂

    Reply
  10. Bisnis online jika diseriuskan memang memberikan hasil yang memuaskan. Aku pernah, tetapi gak jalan karena keteter waktu antara keluarga dan kantor. Mau coba lagi ah

    Reply
  11. Benar sekali mbak
    Saat ini tren belanja online semakin meningkat
    Orang lebih senang belanja online karena lebih mudah ya

    Reply
  12. jualan online memang bisa menjadi pilihan bagi mereka yang ingin membuka usaha tapi terkendala tempat dan modal ya, mbak. apalagi sekarang banyak pilihan untuk berjualan online kayak lazada ini

    Reply
  13. Sekarang jualan makin mudah ya, apalagi kalau pakai Lazada ini ya.. Mau daftar jadi seller nya juga mudah banget dan bisa langsung upload barang yg ingin dijual yaa…

    Reply
  14. Setuju banget mom ada banyak cuan saat kita berjualan online salah satunya gak perlu sewa tempat secara hari gini sewa ruko aja udah pulihan juta. Kalo soal marketplace memang Lazada top banget

    Reply
  15. Saat ini Berjualan online memang jadi solusi banget ya kak. Apalagi kalau marketplace tersebut jadi favorite nya semua orang seperti Lazada ini

    Reply
  16. Belanja online jadi tren terlebih di masa pandemi karena simple gak perlu bepergian barang pun dikirim sampai lokasi, sehingga memang jadi peluang buat pelaku usaha

    Reply
  17. Enaknya sekarang jualan online ada marketplace yang bisa bantu toko kita berkembang ya. Aku masih mikir mau jualan apa nih.

    Reply
  18. Wag, lazada… Market place kesayangan ini. Kebanyakan sellernya reccomended. Bisa juga nih dari buyer menjadi seller. Ternyata mudah banget caranya.

    Reply

Leave a Comment